Sponsors Link

6 Contoh Penerapan Humas Industri dan Bisnis

Sponsors Link

Berlangsungnya aktivitas industri dan bisnis tidak akan bisa lepas dari pengaruh lingkungan masyarakat, mengingat pula bahwa masyarakat merupakan sasaran market industri dan bisnis. Oleh sebab itulah muncul kesadaran akan pentingnya memperhatikan dan melibatkan peranan masyarakat terhadap keputusan maupun aktivitas dalam lingkungan industri dan bisnis. Dari sinilah kemudian muncul suatu ciri dan konsep dari humas industri dan bisnis.

ads

Beberapa tujuan dari adanya humas industri dan bisnis sendiri diantaranya seperti untuk mengetahui lebih banyak kembali tentang masyarakat beserta kepentingan-kepentingan didalamnya, untuk mempublikasikan kondisi maupun proses berlangsungnya industri dan bisnis itu sendiri, dan lain sebagainya. Selain tujuan-tujuan tersebut, terdapat juga beberapa penerapan dari humas industri dan bisnis yang dapat dilihat dari peranannya dalam lingkungan maupun kehidupan masyarakat. Berikut ini 6 contoh penerapan humas industri dan bisnis dalam organisasi maupun perusahaan:

1. Hubungan dengan pelanggan

Penerapan dari adanya humas industri dan bisnis yang pertama adalah dari hubungan dengan pelanggan. Hal ini sebenarnya disesuaikan dari latar belakang terciptanya humas industri dan bisnis itu sendiri, dimana masyarakat menjadi suatu sasaran market. Oleh sebab itu, menjaga hubungan dengan pelanggan merupakan peranan dan tugas yang penting yang harus dilakukan oleh bagian humas.

Baca juga :

2. Proses marketing

Fungsi humas dalam komunikasi pemasaran memang tidak dapat dihindari lagi, yaitu humas dalam industri dan bisnis berperan aktif dalam proses marketing. Dimana kemudian menimbulkan juga adanya terapan marketing PR atau public relations. Hubungan dengan pelanggan juga nantinya akan berpengaruh dengan proses marketing yang berlangsung, karena bergantung pada keputusan pelanggan terhadap produk maupun jasa yang ditawarkan oleh suatu organisasi dan perusahaan. Hal ini juga merupakan bagian dari fungsi humas dalam komunikasi pemasaran perusahaan. Keberhasilan suatu proses marketing biasanya juga menjadi kunci keberhasilan dari organisasi atau perusahaan.

3. Hubungan dengan pers atau media massa

Tidak hanya diterapkan dalam hubungan dengan pelanggan saja, namun humas industri dan bisnis juga diterapkan dalam hubungan organisasi atau perusahaan dengan pers maupun media massa. Sebagai contoh seperti dalam publikasi kegiatan-kegiatan maupun keputusan-keputusan yang diambil. Hal ini juga berkaitan dengan proses marketing yang banyak melibatkan peran media dalam humas sebagai sarana  komunikasi. Terlebih lagi melalui media massa, suatu organisasi atau perusahaan juga dapat menjaga citra mereka.

4. Hubungan dengan organisasi atau perusahaan lain

Kerjasama antar organisasi atau perusahaan juga penting dalam upaya membangun citra maupun industri dan bisnis semakin maju. Hal ini dapat dilakukan dengan adanya penerapan humas industri dan bisnis didalam menjalin hubungan dengan organisasi atau perusahaan lain. Tentunya hal ini penting dilakukan mengingat jangkauan sasaran market atau lingkungan masyarakat itu sendiri sangatlah luas. Oleh sebab itu, humas industri dan bisnis juga perlu untuk memahami teknik negosiasi dalam komunikasi bisnis dengan baik.

Baca juga :

5. Hubungan dengan pemerintah

Berdirinya suatu organisasi atau perusahaan pastinya tidak lepas juga dengan ijin dan dukungan dari pemerintah. Oleh sebab itu menjaga hubungan dengan pemerintah juga merupakan bagian penting yang wajib diperhatikan oleh humas industri dan bisnis., seperti adanya fungsi humas dalam lembaga pemerintahan. Terlebih lagi didalam negara hukum, dimana segala sesuatu terdapat aturan atau hukum yang berlaku dan wajib untuk dipatuhi.

6. Hubungan dalam perekrutan pegawai baru

Penerapan humas industri dan bisnis yang terakhir adalah hubungannya dengan perekrutan pegawai baru. Humas juga dapat berperan aktif dan signifikan dalam perekrutan pegawai baru di organisasi atau perusahaan. Tentunya hal ini juga berkaitan dengan peranan humas dalam menjaga hubungan dengan masyarakat dan juga dalam sisi marketing.

Itulah dia beberapa contoh penerapan humas industri dan bisnis dalam organisasi atau perusahaan, dimana penerapan tersebut berkaitan erat dengan peranan-peranan penting yang wajib diperhatikan dan dilakukan. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat.

Sponsors Link
, , , , , ,
Oleh :
Kategori : Public Relations