Sponsors Link

7 Manfaat Komunikasi Administrasi

Sponsors Link

Komunikasi berkaitan dengan kehidupan manusia karena manusia selalu menghadirkan komunikasi dalam aktivitasnya. Komunikasi berguna sebagai solusi permasalahan dalam kehidupan masyarakat termasuk dalam suatu organisasi. Komunikasi adalah proses pengiriman dan penerimaan pesan yang dilakukan oleh komunikator dan komunikan. (Baca juga: Komunikasi Bisnis)

ads

Komunikasi yang efektif adalah komunikasi yang mendapatkan feedback atau umpan balik dari komunikan. Salah satu komunikasi yang sering digunakan dalam suatu perusahaan adalah komunikasi administrasi. Komunikasi administrasi merupakan proses komunikasi yang dilakukan oleh pejabat perusahaan yang berkaitan dengan serangkaian kegiatan rencana kerja untuk menjalin kerjasama terhadap perusahaan lainnya. (Baca juga: Komunikasi Bisnis Menurut Ahli)

Komunikasi administrasi memiliki unsur-unsur yang meliputi komunikasi itu sendiri, manajemen, kepegawaian, organisasi, keuangan, ketatausahaan, humas, dan unsur-unsur lainnya yang terkait dengan perusahaan.

Komunikasi administrasi akan berjalan dengan baik apabila memenuhi beberapa faktor berikut seperti sumber komunikasi dapat dipercaya, komunikasi yang dilakukan harus singkat dan jelas, dan komunikasi melibatkan kalangan yang ada di perusahaan tersebut. (Baca juga: Pengaruh Komunkasi Bisnis dalam Perusahaan)

Komunikasi administrasi ini tergolong ke dalam komunikasi organisasi karena memiliki jenis komunikasi yang sama seperti komunikasi horizontal, komunikasi vertikal, komunikasi ke atasan maupun komunikasi ke bawahan. Komunikasi ini dilakukan agar petinggi perusahaan akan merasa percaya diri dalam memberikan kontrol kepada bawahannya untuk mencapai kesuksesan bersama. (Baca juga: Bentuk Komunikasi Bisnis)

Komunikasi administrasi memiliki beberapa manfaat diantaranya sebagai berikut:

  1. Mewujudkan interaksi sosial

Komunikasi administrasi dapat dilakukan untuk mewujudkan interaksi sosial. Komunikasi administrasi sering digunakan oleh berbagai perusahaan. Oleh karena itu, komunikasi ini sangat diperlukan karena setiap perusahaan memiliki karyawan yang terdiri dari latar belakang budaya yang berbeda.

Interaksi sosial dengan komunikasi administrasi dianjurkan dapat memperbaiki proses komunikasi yang sedang berlangsung di perusahaan tersebut.

Interaksi sosial ini sekaligus sebagai proses adaptasi untuk menyesuaikan diri di lingkungan perusahaan tersebut. Seorang karywan membutuhkan proses adaptasi yang berguna untuk memahami karakter dan kriteria seseorang, sehingga terhindar dari permasalahan komunikasi seperti kesalahpahaman. (Baca juga: Model Komunikasi Bisnis)

  1. Pertukaran informasi

Komunikasi administrasi ini bermanfaat untuk memberikan informasi seputar perusahaan. Pertukaran informasi dapat berupa komunikasi dengan sesama karyawan, komunikasi antara bawahan dengan atasan, dan komunikasi antar pihak perusahaan.

Komunikasi yang dilakukan ini memiliki tujuan terutama untuk mencapai kesuksesan di dalam suatu perusahaan. Manfaat komunikasi administrasi dalam hal ini dikategorikan sebagai komunikasi administrasi yang interaktif. (Baca juga: Jenis-jenis Komunikasi Bisnis)

Sponsors Link

  1. Meningkatkan motivasi

Seorang yang menggunakan komunikasi administrasi dalam sebuah organisasi tentu dapat meningkatkan motivasi kepada dirinya sendiri maupun kepada orang-orang yang ada disekitarnya. Komunikasi ini dapat dilakukan oleh seluruh orang dalam suatu perusahaan yang berfungsi sebagai feedback atau umpan balik apakah seorang karyawan mengerti apa yang telah diperintahkan oleh atasannya.

Komunikasi administrasi ini juga dapat mempengaruhi kinerja kerja karyawan dalam suatu perusahaan. Seorang atasan yang benar akan menjalin komunikasi yang efektif kepada bawahannya dan dapat menciptakan motivasi-motivasi agar karyawan tersebut dapat bekerja dengan baik. (Baca juga: Fungsi Bahasa dalam Komunikasi Bisnis)

  1. Menambah wawasan administrasi

Komunikasi administrasi merupakan komunikasi yang berhubungan dengan dunia pekerjaan. Komunikasi administasi yang baik adalah komunikasi yang memenuhi syarat seperti komunikasi dilakukan dengan jelas, singkat, lengkap, dan tepat. Selain itu, komunikasi administrasi memiliki fungsi sebagai sarana untuk menambah wawasan mengenai istilah-istilah di dalam dunia kerja seperti istilah dalam administrasi.

Komunikasi ini dapat berupa informasi seperti pemberitahuan, laporan, permintaan, pernyataan, dan lain sebagainya. Semua bentuk komunikasi administrasi ini akan menambah wawasan dalam bidang administrasi kepada diri seseorang. (Baca juga: Hambatan Komunikasi Bisnis)

  1. Mencapai produktivitas usaha

Dengan adanya proses komunikasi administrasi ini sebuah perusahaan dapat merasakan manfaatnya seperti pencapaian target dalam perusahaan terealisasikan dengan baik.

Kesuksesan perusahaan tentu saja dipengaruhi oleh faktor internal maupun faktor eksternal. Komunikasi administrasi ini sangat membantu mencapai produktivitas dalam suatu usaha.

Hal ini berkaitan dengan manfaat komunikasi administrasi yang dapat memotivasi pihak perusahaan karena semakin banyak motivasi-motivasi yang positif maka seorang karyawan akan merasa bersemangat untuk meningkatkan kinerja kerja dan semakin cepat sebuah perusahaan untuk mencapai tingkat produktivitas yang ditargetkan. (Baca juga: Pengaruh Teknologi dalam Komunikasi Bisnis)

Sponsors Link

  1. Sebagai bukti dalam dokumentasi

Komunikasi memang menjadi penting untuk kesuksesan suatu aktivitas termasuk aktivitas yang ada di dalam sebuah organisasi. Komunikasi yang baik adalah komunikasi yang efektif. Setiap perusahaan memiliki peraturan yang berbeda-beda dan peraturan tersebut harus dipatuhi oleh karyawannya.

Fungsi dari komunikasi administrasi ini adalah sebagai dokumentasi atau bukti hitam di atas putih ketika seseorang menerima pesan. Dokumentasi ini berupa bahas kertas yang dapat digandakan untuk disimpan kepada kedua belah pihak. (Baca juga: Dampak Komunikasi Tidak Efektif dalam Komunikasi Bisnis)

  1. Sebagai pengawasan

Manfaat komunikasi administrasi yang terakhir adalah sebagai pengawasan selama proses komunikasi berlangsung. Komunikasi administrasi umumnya digunakan dalam kegiatan di perusahaan. Sebagai kontrol sosial dalam proses interaksi antar karyawan dan pemimpin.

Pemegang kontrol dalam suatu oranisasi adalah seorang pemimpin yang akan memimpin bawahannya dalam mencapai tujuan yang telah disepakati. (Baca juga: Fungsi Komunikasi Bisnis dalam Manajemen)

Demikian penjelasan terkait beberapa manfaat komunikasi administrasi.

Sponsors Link
, , , , , ,
Oleh :
Kategori : Komunikasi Bisnis