Sponsors Link

7 Manfaat Media Komunikasi Cetak

Sponsors Link

Komunikasi membutuhkan media untuk menyampaikan pesan dari komunikator kepada komunikan. Media komunikasi yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari adalah media komunikasi cetak.

ads

Media cetak merupakan salah satu media komunikasi yang digunakan oleh masyarakat dalam bentuk cetak seperti surat kabar, majalah, tabloid, bulletin, brosur, billboard, dan lain sebagainya. (Baca juga: Pengertian Media Cetak Menurut Ahli)

Di zaman yang berteknologi canggih ini, media cetak sudah mulai dilupakan oleh masyarakat bahkan perusahaan media cetak saat ini memilih untuk membuat media komunikasi kedua yang berbentuk media komunikasi digital. Media cetak merupakan media komunikasi pertama yang dipopulerkan oleh Gutenberg. Ia adalah pengguna mesin cetak pertama dari bahan baja. (Baca juga: Karakteristik Media Cetak)

Tujuannya untuk memberikan informasi kepada masyarakat mealui tulisan di sebuah plat. Penemuan ini berlangsung pada abad ke-18. Mesin cetak kemudian mulai dikenal masyarakat setelah terbit di Amerika Serikat. Media cetak menjadi media komunikasi pertama yang diperkenalkan kepada masyarakat dan membantu proses komunikasi. (Baca juga: Teknik Penulisan Media Cetak)

Masyarakat pada saat itu merasa terbantu dengan kehadiran media cetak tersebut karena masyarakat dapat memperoleh informasi di sekitarnya.

Komunikasi membantu masyarakat dalam beraktivitas. Masyarakat yang berkomunikasi secara efektif akan mudah untuk mencapai tujuan yang diinginkannya. Manfaat komunikasi dalam masyarakat adalah sebagai informasi, hiburan, ilmu pengetahuan, dan kontrol sosial. (Baca juga: Contoh Opini dalam Media Cetak)

Adapun manfaat dari media komunikasi cetak adalah sebagai berikut:

  1. Ekonomis

Komunikasi yang bersifat fundamental ini memiliki fungsi untuk memberikan informasi kepada seluruh masyarakat. Komunikasi membutuhkan bantuan media komunikasi untuk mencakup khalayak luas, yaitu salah satunya dengan menggunakan media komunikasi cetak. Media komunikasi cetak bersifat umum karena dikonsumsi oleh khalayak luas.

Selain itu, harga untuk menggunakan media cetak sebagai media penyampaian informasi terbilang murah atau ekonomis untuk seluruh kalangan masyarakat baik masyarakat kalangan atas maupun menengah ke bawah. Waktu yang diperlukan untuk memperoleh informasi juga menjadi ekonomis karena penjual surat kabar saat ini sudah banyak ditemui seperti di pinggir jalan maupun di toko buku. (Baca juga: Contoh Anekdot dalam Media Cetak)

  1. Mudah untuk dipahami

Media komunikasi cetak bermanfaat karena mudah dipahami oleh berbagai kalangan masyarakat. Informasi yang disampaikan juga menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh masyarakat, sehingga mencegah terjadinya kesalahpahaman dan permasalahan komunikasi lainnya. Huruf dan tanda baca yang sesuai dengan kaidah penulisan jurnalistik dan informasi dirincikan secara detail.

Kesalahan dalam penulisan dapat diminimalisir untuk mencegah kesalahpahaman dalam makna informasi. Istilah-istilah yang digunakan dalam rangkuman tulisan informasi tersebut juga mudah dipahami karena menggunakan istilah-istilah yang sudah umum digunakan dalam penulisan di media cetak. (Baca juga: Pengaruh Media Cetak dalam Perkembangan Bahasa Indonesia

Sponsors Link

  1. Mudah didapatkan di daerah mana pun

Surat kabar yang dihasilkan dari media komunikasi cetak ini mudah didapatkan di berbagai daerah termasuk ke daerah pelosok. Target utama media cetak adalah untuk kalangan ekonomi menengah ke bawah. Oleh karena itu, surat kabar banyak dijumpai di kota-kota kecil. Harga yang terjangkau membuat masyarakat lebih mudah memperoleh informasi. (Baca juga: Pengertian Media Massa)

  1. Tidak bergantung pada koneksi jaringan

Media komunikasi cetak ini tidak tergantung pada jaringan koneksi seperti media komunikasi digital. Media komunikasi cetak memiliki manfaat yang tidak bergantung terhadap kecanggihan teknologi seperti sinyal jaringan internet.

Berbeda dengan media komunikasi digital yang bergantung dengan sinyal internet, sehingga sulit untuk menerima informasi apabila koneksi internet dalam keadaan rusak atau di luar jangkauan. Keunggulan inilah yang membuat media komunikasi cetak masih popular sampai saat ini. (Baca juga: Teori Efek Media Massa)

  1. Praktis

Surat kabar dan media komunikasi cetak lainnya terbilang sebagai media komunikasi yang praktis karena mudah dibawa kemana saja.

Selain itu, surat kabar juga mudah untuk dibaca pada waktu yang fleksibel dimana pun dan kapan pun. Bentuk fisik informasi berupa cetak ini praktis karena isi informasi dalam satu hari dirangkum dalam surat kabar. Hal ini yang membedakan dengan bentuk informasi digital yang memberikan informasi setiap saat, sehingga pembaca membutuhkan waktu yang realtif lama untuk membaca. (Baca juga: Fungsi Media Massa Menurut Ahli)

Sponsors Link

  1. Aktual dan faktual

Surat kabar yang sering dijumpai masyarakat ini menyajikan isi infomasi yang lengkap, faktual, dan aktual. Informasi yang disampaikan sudah terpercaya sesuai dengan informasi yang sedang berkembang di masyarakat. Hal ini menjadikan surat kabar tetap eksis sampai saat ini karena tidak mengandung unsur informasi yang menipu pembacanya.

Informasi yang disampaikan dalam bentuk tulisan tersebut dibuat secara detail, singkat, padat, dan bersifat menyeluruh artinya informasi yang ditulis telah mewakili seluruh fenomena yang ada di lingkungan masyarakat pada saat itu. (Baca juga: Karakteristik Media Massa)

  1. Dapat koleksi

Bentuk fisk dari media komunikasi ini seperti surat kabar mudah disimpan untuk dibaca lagi di lain waktu. Media komunikasi cetak ini bermanfaat untuk seorang yang senang mengoleksi informasi-infomasi yang dianggap menarik di surat kabar tersebut. (Baca juga: Pengaruh Media Massa Terhadap Masyarakat)

Demikian penjelasan terkait beberapa manfaat dari media komunikasi cetak.

Sponsors Link
, , , , , ,
Oleh :
Kategori : Media Komunikasi