Sponsors Link

10 Pentingnya Komunikasi dalam Manajemen Organisasi

Sponsors Link

Komunikasi merupakan unsur terpenting dalam berbagai konteks di kehidupan masyarakat. Komunikasi sering dikaitkan dengan proses interaksi manusia. Selain itu, komunikasi juga menjadi pembentuk karakter seseorang. Komunikasi merupakan proses pengiriman pesan dari komunikator kepada komunikan dengan tujuan untuk memberikan pemahaman yang sama. Pembahasan kali ini berhubungan dengan komunikasi yang akan dikaitkan dengan manajemen dalam organisasi. (Baca juga: Komunikasi Organisasi)

ads

Apa yang dimaksud dengan manajemen organisasi? Manajemen merupakan suatu cara atau strategi bekerja dalam sebuah organisasi untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan. Stoner mendefinisikan manajemen sebagai proses dalam membuat suatu perencanaan, pengorganisasian, pengendalian serta memimpin berbagai usaha dari anggota entitas atau organisasi dan juga mempergunakan semua sumber daya yang dimiliki untuk mencapai tujuan yang ditetapkan.

Sedangkan, organisasi adalah suatu kelompok atau kumpulan orang dalam suatu wadah yang memiliki tujuan bersama.  Manajemen organisasi merupakan suatu usaha atau cara kerja yang sistematis dalam suatu organisasi untuk mencapai tujuan bersama. (Baca juga: Teori Komunikasi Organisasi)

Komunikasi dalam organisasi terkadang memiliki permasalahan seperti perbedaan pendapat. Hal ini berhubungan dengan anggota dalam suatu organisasi yang tentu saja memiliki karakteristik, perilaku, pola pikir, dan latar belakang budaya yang berbeda. Berbagai cara dilakukan demi terciptanya tujuan dalam sebuah organisasi. Oleh karena itu, komunikasi menjadi sebuah jembatan dalam segala aspek termasuk organisasi untuk mencapai kesamaan makna dan mencapai tujuan yang telah ditetapkan bersama.

Komunikasi yang efektif dalam organisasi terlihat dari bagaimana seorang pemimpin dapat memberikan arahan kepada bawahannya secara jelas dan tegas sesuai dengan prosedur dalam bekerja. Manajemen dalam organisasi juga mempermudah pemimpin dalam bekerja. (Baca juga: Definisi Komunikasi Organisasi Menurut Ahli)

Berikut ini merupakan pentingnya komunikasi dalam manajemen organisasi:

  1. Merencanakan

Komunikasi dalam manajemen organisasi dinilai sangat penting untuk merencanakan suatu kemajuan perusahaan. Komunikasi yang terstruktur dapat memberikan gambaran yang sistematis dalam merencanakan suatu pekerjaan untuk mencapai kesuksesan bersama. Perusahaan atau organisasi yang terencana akan lebih mudah dalam mencapai puncak kesuksesan. (Baca juga: Konsep Dasar Komunikasi Organisasi)

2. Menyetujui

Sebuah organisasi tentu memiliki anggota organisasi dengan jumlah yang tidak sedikit. Untuk memperlancar suatu perencana maka seorang pemimpin organisasi akan membuka forum diskusi yang mana komunikasi dalam manajemen organisasi akan diaplikasikan di kegiatan ini. Pentingnya komunikasi dalam manajemen organisasi ini adalah untuk menyetujui suatu pernyataan dengan prosedur yang ada, sehingga tidak ada kekacauan selama diskusi berlangsung. (Baca juga: Proses Komunikasi Organisasi)

3. Berinteraksi

Komunikasi dalam manajemen organisasi dianggap penting untuk proses interaki anggota organisasi tersebut. Komunikasi yang efektif dapat memberikan kenyamanan kepada anggota organisasi dalam melakukan proses interakasi. (Baca juga: Konsep Komunikasi dalam Organisasi)

4. Argumentasi

Setiap organisasi memiliki beberapa anggota kelompok yang memiliki karakteristik dan latar belakang yang berbeda-beda. Oleh karena itu, seorang anggota organisasi akan memiliki pola pikir yang berbeda. Komunikasi dalam manajemen organisasi penting untuk menyampaikan argumentasinya jika tidak setuju saat diskusi berlangsung. (Baca juga: Saluran Komunikasi dalam Organisasi)

Sponsors Link

5. Memberi informasi

Komunikasi dalam manajemen organisasi sangat penting untuk memberikan informasi. Sebuah informasi yang baik dari internal maupun eksternal akan diolah secara sistematis oleh organisasi. Artinya, informasi yang disampaikan akan diseleksi kembali mana yang dianggap informasi penting dan mana informasi yang dianggap tidak penting. (Baca juga: Hambatan Komunikasi Organisasi)

6. Mengungkapkan perasaan

Komunikasi tidak hanya sebagai proses interaksi dalam sebuah organisasi. Komunikasi menjadi media ekspresi diri atau sebagai ungkapan perasaan seseorang. Komunikasi dalam manajemen organisasi menjadi hal yang penting karena suatu organisasi akan berjalan sukses apabila tercipta kenyamanan dalam prosesnya. (Baca juga: Contoh Komunikasi Eksternal dalam Organisasi)

7. Menjalin hubungan

Komunikasi dalam manajemen organisasi sangat penting untuk menjalin hubungan terhadap organisasi lain. Hubungan yang dimaksud merupakan hubungan kerjasama antara satu organisasi dengan organisasi lain. Dengan adanya manajemen dalam organisasi maka proses komunikasi dengan organisasi lain akan terstruktur dengan baik. (Baca juga: Pendekatan Sistem dalam Komunikasi Organisasi)

Sponsors Link

8. Menyelesaikan permasalahan

Komunikasi dalam manajemen organisasi ini berperan penting dalam menyelesaikan permasalahan. Ketika sebuah organisasi memiliki permasalahan baik dari segi internal maupun eksternal, tentu saja organisasi tersebut akan mencari bebagai solusi untuk menyelsaikan permasalahan tersebut. Komunikasi dalam manajemen ini menjadi peran utama dalam menyelesaikan berbagai permasalahan yang sering muncul dalam organisasi. (Baca juga: Tujuan Penerapan Komunikasi dalam Organisasi)

9. Menyampaikan pendapat

Berbeda dengan argumentasi, menyampaikan pendapat biasanya digunakan oleh seorang anggota organisasi pada saat berdiskusi. Seseorang yang  memiliki pendapat berhak untuk menyampaikan pendapatnya pada saat diskusi berlangsung. Pendapat tersebut disampaikan dengan menggunakan tata cara yang benar. Hal ini termasuk ke dalam komunikasi manajemen organisasi. Komunikasi dalam manajemen organisasi merupakan tata cara yang terstruktur dalam berkomunikasi. (Baca juga: Fungsi Persuasif dalam Komunikasi Organisasi)

10. Meningkatkan kinerja yang produktif

Komunikasi yang telah terstrktur oleh sistem manajemen dalam organisasi ini memiliki peran yang penting dalam meningkatkan kinerja anggota organisasi. Komunikasi tersebut memberikan manfaat untuk meningkatkan produktivitas seseorang dalam bekerja. (Baca juga: Penyebab Kecemasan dalam Organisasi)

Demikian penjelasan terkait apa saja pentingnya komunikasi dalam manajemen organisasi di kehidupan sehari-hari untuk menghasilkan komunikasi yang efektif

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :