Sponsors Link

8 Contoh Komunikasi Eksternal dalam Organisasi

Sponsors Link

Komunikasi eksternal dalam suatu organisasi merupakan kegiatan komunikasi antara organisasi dengan khalayak yang statusnya di luar lingkup organisasi. Komunikasi eksternal diperlukan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh organisasi bagi lingkungan sekitar.

ads

Dengan begitu, organisasi dapat mengevaluasi kinerjanya dan melihat bagaimana penilaian khalayak terhadap keberadaan organisasi tersebut. Karena pada dasarnya, organisasi dibentuk agar dapat memberikan manfaat dan kontribusi kepada lingkungan. Dan dengan memerhatikan pendapat khalayak, mereka akan merasa memiliki keterlibatan dan akan tercipta hubungan timbal balik antara organisasi dengan khalayak.

Selain sebagai hubungan timbal balik, peran komunikasi dalam organisasi  yaitu untuk mengendalikan dan memantau organisasi agar tetap berada sesuai jalur dan tujuan awal.

Dan kali ini kami telah merangkum delapan contoh komunikasi eksternal dalam organisasi, yaitu sebagai berikut :

  1. Majalah

Majalah merupakan salah satu media cetak yang dapat memuat tulisan maupun gambar. Dalam suatu organisasi, peran media massa ini yaitu untuk mempromosikan organisasi kepada khalayak sehingga mereka lebih mengenal organisasi tersebut.

Kolom-kolom majalah dapat diisi dengan rubrik yang bermacam-macam, misalnya visi-misi organisasi, rencana kegiatan organisasi, dan pencapaian organisasi.

Ada beberapa kelebihan majalah sebagai komunikasi eksternal suatu organisasi, yaitu lebih menarik, tahan lama, dan isinya bisa dibuat lebih detail dan lengkap. Namun kekurangannya, organisasi harus memiliki dana yang cukup untuk mencetak majalah secara berkala.

  1. Press release/Media release

Press release dapat dimuat dalam majalah, namun majalah tidak selalu memuat press release. Press release adalah berita terbaru yang disampaikan suatu organisasi kepada khalayak. Press release dapat dipublikasikan dalam televisi, radio, media cetak, maupun media online.

Selain berita terbaru, press release dapat pula berisi informasi tentang organisasi yang belum banyak diketahui oleh khalayak. Biasanya press release hanya berfokus pada satu berita penting, sehingga berita dalam press release lebih mudah diingat oleh khalayak.

Contoh berita yang dapat disampaikan melalui press release adalah berita pencapaian organisasi, kegiatan terkini, dan lain sebagainya.

  1. Pidato

Pidato merupakan komunikasi satu arah yang dilakukan secara langsung atau tatap muka. Dengan berpidato, khalayak akan merasa lebih dekat dengan tokoh dalam organisasi.

Selain itu, pidato dapat memberikan kesan yang positif apabila pidato dilakukan dengan baik. Biasanya pidato ini disampaikan oleh ketua atau wakil dalam organisasi. Fungsinya yaitu untuk memberikan gambaran keseluruhan mengenai suatu organisasi ataupun suatu kegiatan dalam organisasi.

Seseorang yang berpidato atas nama organisasi diharapkan adalah seseorang yang memiliki teknik komunikasi efektif dan efesien, serta dapat mengeluarkan gagasannya dengan jelas dan lugas. Sehingga, pidato ini tidak hanya berfungsi untuk menginformasikan sesuatu, melainkan juga menanamkan pemahaman baru yang positif kepada khalayak.

  1. Brosur

Brosur merupakan media komunikasi modern yang sifatnya sederhana dan jelas tujuannya. Isi dari brosur biasanya langsung menjurus ke satu masalah, sehingga khalayak dapat memahami isi secara umum dalam sekali baca. Brosur ini biasanya dibagikan di tempat-tempat umum yang dapat menjangkau masyarakat banyak.

Misalkan di sekolah-sekolah atau di perkumpulan masyarakat. Tujuan dari brosur yaitu untuk memperkenalkan suatu organisasi maupun untuk menginformasikan hal penting yang berkaitan dengan organisasi.

Sponsors Link

  1. Poster

Agar poster memberikan hasil yang maksimal, maka dibutuhkan kemampuan untuk membuat poster yang menarik dan mampu mengundang khalayak untuk memahami maksud dan isi dari poster tersebut.

Poster adalah media komunikasi yang berisi gambar, sehingga dalam pembuatannya perlu keahlian dan kepekaan dalam memprediksi selera masyarakat. Apabila poster tidak dapat menarik perhatian, maka pesan tidak akan sampai kepada masyarakat.

Walaupun hanya berupa gambar dan mungkin sedikit tulisan, diharapkan poster memuat semua pesan yang ingin disampaikan. Jangan ada terlalu banyak tulisan karena poster biasanya dipasang di jalan-jalan, sehingga masyarakat akan kesulitan untuk membaca apabila kuantitas tulisan terlalu banyak. Berikanlah sepatah dua patah kata untuk menegaskan maksud dari gambar.

  1. Konferensi pers

Secara umum, konferensi pers adalah acara dimana nara sumber mengundang wartawan untuk mengumumkan sesuatu hal yang penting. Tujuan dari konferensi pers adalah untuk memberikan kepastian mengenai sesuatu hal agar menjadi jelas bagi semua orang.

Biasanya konferensi pers dimulai dengan pernyataan dari nara sumber dan kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Organisasi dapat menggunakan konferensi pers untuk mempromosikan produk terbarunya. Konferensi pers dapat bermanfaat bagi kedua belah pihak, baik nara sumber maupun wartawan. Nara sumber mendapatkan publikasi media dan wartawan mendapatkan berita.

Sponsors Link

  1. Bakti sosial

Selain untuk meningkatkan rasa kepedulian, bakti sosial juga dapat mendekatkan kita dengan masyarakat sekitar. Dalam organisasi tertentu yang banyak melibatkan masyarakat, perlu untuk sesekali ikut aktif dalam kegiatan bakti sosial untuk merapatkan kekerabatan antara masyarakat dengan anggota organisasi.

Dengan begitu, masyarakat dapat merasakan kehadiran sebuah organisasi. Namun perlu diingat untuk selalu memerhatikan etika komunikasi organisasi, jangan mempromosikan organisasi dengan cara berlebihan, karena tujuan bakti utama sosial adalah untuk meningkatkan hubungan sosial dengan masyarakat.

  1. Pameran

Pameran adalah kegiatan untuk menyampaikan suatu ide atau gagasan melalui karya seni. Dengan pameran diharapkan bahwa ide tersebut dapat dilihat oleh masyarakat dan diapresiasi. Biasanya pameran dilakukan di tempat yang mudah dijangkau oleh masyarakat sehingga banyak pengunjung yang akan datang.

Sekian artikel mengenai beberapa contoh komunikasi eksternal dalam organisasi. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat dan menambah wawasan pembaca. Terima kasih.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :