Sponsors Link

8 Tujuan Penerapan Komunikasi dalam Organisasi

Sponsors Link

Kita mungkin perlu mengetahui bahwa terdapat tujuan penerapan komunikasi dalam organisasi yang membuat komunikasi begitu penting dalam kontribusinya mengembangkan organisasi. Komunikasi merupakan sebuah proses yang melibatkan individu satu dengan individu lainnya. Scope atau ruang lingkupnya pun cukup luas. Kita tidak bisa hanya dengan menyebut bahwa komunikasi hanya terjadi dalam satu diri individu saja. Komunikasi tersebut lingkupnya bisa dari diri sendiri hingga hubungan yang lebih besar lagi yakni kelompok dengan kelompok. (Baca juga: Konsep dasar komunikasi organisasi)

ads

Mengingat komunikasi tersebut memiliki ruang lingkup yang luas, maka tidak heran bila penerapannya ada dimana-mana. Salah satunya yakni komunikasi yang ada di dalam organisasi. Terdapat tujuan penting dari komunikasi di dalam organisasi. Berikut ini adalah beberapa macam poin penting yang bisa kita jadikan sebagai wawasan baru mengenai tujuan penerapan komunikasi:

  1. Meningkatkan Kerja Sama

Kerja sama di antara anggota organisasi bisa dicapai dengan lebih mudah melalui komunikasi. Tanpa adanya komunikasi organisasi, individu sebagai anggota organisasi mungkin tidak akan berinteraksi dengan individu lainnya. Ini tentu menjadi hal yang kurang bagus, mengingat sebuah organisasi harus benar-benar mengutamakan tujuan yang ingin dicapai dan itu hanya bisa dicapai bila ada kerja sama yang baik antar anggota.

  1. Memudahkan Koordinasi

Komunikasi juga bisa mempermudah koordinasi di dalam organisasi. Dalam konsep komunikasi sendiri, kita juga bisa mengetahui bahwa ada jaringan komunikasi dan prinsip lain di dalamnya yang dapat menyokong koordinasi dengan lebih mudah. Katakanlah ada informasi tertentu yang perlu diteruskan dengan cepat, tentunya harus ada koordinasi antar anggota yang baik. Ini bisa terwujud dengan adanya strategi komunikasi organisasi.

  1. Mengembangkan Organisasi

Organisasi bisa berkembang dengan lebih baik jika ada proses komunikasi di dalamnya. Tidak bisa dibayangkan bila organisasi dibangun tetapi tidak diikuti dengan iklim komunikasi yang baik di dalamnya. Penerapan komunikasi ini bisa membantu organisasi untuk berkembang dengan lebih baik. Organisasi juga bisa menjadi lebih maju dengan adanya penerapan komunikasi didalamnya. Pola komunikasi organisasi bisa membantu untuk mengembangkan hal tersebut.

  1. Melakukan Evaluasi

Komunikasi juga bisa membantu untuk melakukan evaluasi di dalam organisasi. Pencapaian apa saja yang sudah diraih perusahaan bisa dievaluasi untuk kemudian menjadi bahan masukan sebagai peningkatan dalam organisasi. Inilah mengapa kemudian organisasi dikatakan lebih cepat berkembang jika ada proses komunikasi yang tepat di dalamnya. (Baca juga: Fungsi Komunikasi dalam Organisasi)

  1. Melakukan Pengamatan

Pengamatan secara langsung dari perkembangan organisasi bisa menjadi tujuan penerapan komunikasi dalam organisasi. Kegiatan ini merupakan sebuah hal yang memang patut diapresiasi mengingat organisasi yang baik akan selalu melakukan pengawasan dan pengamatan. Komunikasi akan membantu proses ini supaya bisa berjalan dengan mudah.

  1. Proses Umpan Balik yang Mudah

Umpan balik bisa dilakukan dengan adanya komunikasi. Katakanlah pimpinan organisasi membuat suatu kebijakan tertentu dan dianggap kurang sesuai dengan nilai organisasi, maka melalui komunikasi, para anggota dapat menyampaikan umpan balik yang dimaksud. Umpan balik adalah bentuk komunikasi sebagai tanggapan terhadap informasi yang diterima oleh komunikan.

  1. Menghubungkan Organisasi

Dengan adanya komunikasi, sebuah organisasi juga bisa terhubung dengan organisasi lainnya. Ini merupakan salah satu hal yang memang cukup berguna terutama dalam melebarkan perkembangan organisasi yang dimaksud. Organisasi bisa terhubung dengan organisasi lainnya untuk menjalin kerja sama, melakukan penawaran tertentu dan lain sebagainya. Semuanya berkat adanya komunikasi.

  1. Penyebaran Informasi Efektif

Terakhir, penyebaran informasi atau sosialisasi tentang pesan tertentu bisa disebar dengan mudah dengan adanya komunikasi. Sebuah organisasi dapat menyebarkan informasi penting pada anggotanya dengan menggunakan fungsi dari komunikasi ini. (Baca juga: Proses komunikasi dalam organisasi)

Setelah melihat beberapa tujuan dari penerapan komunikasi tersebut, apa pendapat yang bisa kita berikan? Pada dasarnya komunikasi merupakan hal yang penting bagi siapa saja tak hanya di dalam organisasi. Tujuan penerapan komunikasi dalam organisasi tentu untuk mengembangkan organisasi tersebut supaya lebih baik.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :