Sponsors Link

8 Penerapan Teori Komunikasi dalam Media Pembelajaran

Sponsors Link

Salah satu hal menarik dalam komunikasi pembelajaran adalah pembahasan mengenai penerapan teori komunikasi dalam media pembelajaran. Media pembelajaran merupakan salah satu unsur yang menunjang terjadinya proses belajar mengajar yang baik. Melalui media pembelajaran, proses edukasi bisa berjalan dengan lebih mudah. Rupanya, untuk menggunakan media pembelajaran yang tepat ini kita juga perlu mengacu pada teori komunikasi yang ada. (Baca juga: Sejarah media pembelajaran)

ads

Ya, teori komunikasi bisa digunakan sebagai panduan dalam pemilihan media pembelajaran yang tepat. Pendekatan komunikasi ini termasuk bagaimana cara menyampaikan informasi edukatif melalui cara-cara yang benar, sehingga tujuan dari proses pembelajaran tersebut nantinya dapat tercapai dengan mudah. Simak beberapa macam penerapan teori komunikasi berikut ini:

  1. Interaktif

Penerapan pertama yaitu karakteristik media pembelajaran yang interaktif. Media pembelajaran dengan sifat interaktif ini seperti misalnya dengan menggunakan visualisasi tertentu yang memungkinkan peserta didik untuk merasakan langsung keterlibatannya di dalam proses belajar. Contoh yang paling mudah adalah bagaimana penggunaan media interaktif seperti misalnya buku story telling.

  1. Komunikatif

Media pembelajaran selanjutnya juga hendaknya komunikatif. Sifat dari teori komunikasi ini memberikan makna bahwa media pembelajaran tersebut bisa memberikan sarana yang memudahkan peserta didik untuk mengekspresikan apa yang menjadi keinginannya ataupun ketidakpahamannya. Media pembelajaran dengan sifat komunikatif akan mendongkrak kemauan siswa untuk terlibat aktif dalam komunikasi pembelajaran.

  1. Persuasif

Komunikasi memiliki sifat yang persuasif. Ciri-ciri media pembelajaran juga bisa menerapkan teori ini. Media pembelajaran dengan sifat persuasif umumnya akan memberikan kesempatan bagi para peserta didik yang terlibat untuk tertarik lebih banyak pada proses pembelajaran tersebut.

  1. Edukatif

Salah satu teori komunikasi menyebutkan bahwa dalam komunikasi harus ada informasi dengan nilai edukatif. Ini juga termasuk penting sebab fungsi dari pembelajaran itu sendiri memang sebagai sarana untuk mendidik.

  1. Repetitif

Media pembelajaran juga hendaknya bisa diulang-ulang kembali secara efektif sehingga pemahaman peserta didik benar-benar bisa terjalin melalui teori komunikasi ini. Penerapan teori komunikasi dalam media pembelajaran ini memang harus hati-hati, sebab sifat repetitif yang berlebihan justru bisa memicu terjadinya kejenuhan. (Baca juga: Penerapan strategi komunikasi dalam pembelajaran)

  1. Reusable

Reusable artinya media pembelajaran diharapkan bisa digunakan kembali dan diteruskan pada generasi selanjutnya hingga pengembangan dalam pendidikan tersebut mengharuskan media pembelajaran yang baru. Sifat reusable ini akan memudahkan proses pembelajaran dan membuatnya lebih efektif serta menghemat pembiayaan.

  1. Adaptif

Sama seperti poin sebelumnya, supaya media pembelajaran bisa tetap digunakan maka harus digunakan media-media yang cukup adaptif dan bisa mengikuti perkembangan zaman. Dengan adanya penerapan ini, tentu proses pembelajaran menjadi lebih mudah. Fleksibilitas dalam media pembelajaran menjadikannya bisa lebih dinamis untuk digunakan dari masa ke masa. (Baca juga: Penerapan komunikasi efektif dalam pembelajaran)

  1. Informatif

Terakhir, media pembelajaran hendaknya juga mengikuti kaidah komunikasi yang memiliki sifat informatif. Di dalamnya, harus ada sifat mengedukasi yang cukup efektif. Ini bisa diwujudkan dengan membuat media pembelajaran yang lebih berfokus pada memberikan info-info terbaru.

Jadi, itulah beberapa macam poin dari penerapan teori komunikasi. Media pembelajaran yang tepat bisa digunakan untuk mendukung jalannya proses pendidikan yang baik. Komunikasi pembelajaran biasanya akan banyak membahas mengenai hal ini. Ada tantangan tersendiri dalam membuat suatu media pembelajaran sehingga semua teori komunikasi yang ada bisa diaplikasikan dengan tepat. Selamat mempelajari lebih lanjut lagi tentang penerapan teori komunikasi dalam media pembelajaran dan jangan lupa untuk membaca artikel menarik lainnya.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :