Sponsors Link

7 Pendekatan Sistem dalam Komunikasi Organisasi

Sponsors Link

Adanya pendekatan sistem dalam komunikasi organisasi merupakan suatu hal yang memang sangat wajar. Komunikasi organisasi menitikberatkan proses interaksi yang terjadi dalam suatu wadah organisasi. Sementara itu, kita juga mengetahui bahwa sebuah organisasi tentu saja memiliki sebuah sistem yang terstruktur. Organisasi bisa terbentuk dengan baik apabila ada sebuah sistem di dalamnya. Inilah mengapa pendekatan sistem juga berkaitan erat dengan komunikasi organisasi. (Baca juga: Saluran komunikasi dalam organisasi)

ads

Melalui pendekatan sistem, komunikasi organisasi bisa berlangsung dengan baik. Karl Weick adalah salah satu pakar yang mencetuskan gagasan mengenai pendekatan sistem yang ada di dalam konsep dasar komunikasi organisasi. Komunikasi akan dipandang sebagai suatu proses yang lebih terstruktur. Ada tahapan-tahapan termasuk bentuk jaringan dalam komunikasi di dalamnya. Ini merupakan pendekatan sistem yang tentu saja bisa kita pahami sebagai sesuatu yang memang ada. Berikut adalah beberapa macam pendekatan sistem yang ada di dalam komunikasi organisasi:

  1. Identifikasi

Pendekatan sistem yang ada dalam komunikasi organisasi salah satunya adalah identifikasi. Melalui identifikasi ini, apa yang menjadi pesan dan siapa saja yang terlibat di dalamnya akan berusaha dikenali terlebih dahulu sehingga proses komunikasi akan berlangsung dengan tepat. Jika pendekatan melalui identifikasi ini tidak tercapai, tentu saja akan berpengaruh terhadap proses komunikasi yang berlangsung.

  1. Pengertian

Pengertian atau understanding merupakan sebuah pendekatan sistem yang juga patut ada di dalam komunikasi organisasi. Setiap komponen yang terlibat harus memahami apa saja perannya masing-masing sehingga bisa menjalankan fungsinya dengan baik. Tanpa adanya pengertian ini, komunikasi organisasi mungkin menjadi bermasalah. (Baca juga: Definisi komunikasi organisasi menurut para ahli)

  1. Analisis

Setelah proses identifikasi dan pengertian dilalui, ada pula pendekatan analisis yang juga tidak boleh dilupakan dalam proses komunikasi organisasi. Setiap informasi atau pesan yang disampaikan dalam komunikasi organisasi, akan dianalisis sedemikian rupa sehingga menghasilkan sebuah pemahaman yang satu persepsi.

  1. Pelaporan

Pelaporan atau reporting merupakan pendekatan sistem selanjutnya dimana fungsi penyebaran informasi akan berlangsung. Anggota dalam suatu kelompok akan melakukan proses komunikasi organisasi sehingga pesan yang ada bisa disebarkan dengan merata. Ini adalah bentuk reporting yang memang cukup khas dalam komunikasi organisasi.

  1. Adaptasi

Pendekatan sistem dalam komunikasi organisasi yang diungkapkan oleh Weick juga menjelaskan bahwa komunikasi organisasi yang ada harus mampu beradaptasi dengan baik terhadap situasi dan lingkungan sekitar. Tanpa adanya adaptasi, proses komunikasi organisasi tidak akan berjalan dengan baik. (Baca juga: Proses komunikasi dalam organisasi)

  1. Kebebasan Komunikasi

Proses komunikasi organisasi akan berkembang dengan baik apabila anggotanya memiliki kebebasan komunikasi yang efektif. Artinya, setiap anggota dapat menyampaikan setiap pesan yang diterima ataupun mencetuskan gagasan dan ide baru. Terhambatnya kebebasan berkomunikasi tidak menutup kemungkinan menjadi matinya organisasi.

  1. Interaktif

Terakhir, proses yang interaktif adalah bentuk pendekatan sistem yang juga bisa diamati dalam proses komunikasi organisasi. Ini merupakan sebuah hal yang juga menjadi ciri tersendiri di dalam komunikasi organisasi. Proses yang interaktif ini tetap harus memperhatikan pula etika komunikasi organisasi.

Itulah tadi beberapa macam uraian ringkas mengenai pendekatan sistem. Penjelasan tersebut sifatnya memang masih terlalu umum dan dijabarkan oleh Weick. Kita bisa menelaah lebih lanjut lagi dengan memami pendekatan sistem dalam komunikasi organisasi secara lebih rinci.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :