Sponsors Link

8 Peran Opinion Leader dalam Sistem Komunikasi Pedesaan

Membahas peran opinion leader dalam sistem komunikasi pedesaan bisa menjadi suatu hal yang menarik. Indonesia sebagai negara yang memiliki struktur yang cukup kompleks mulai dari tingkat pemerintahan hingga ke desa, tentu saja juga memiliki sistem-sistem komunikasi tertentu dengan banyak model komunikasi di dalamnya. Sistem komunikasi Indonesia memang menarik. Tak heran bila kemudian salah satu hal yang menarik yaitu adanya opinion leader di dalam sebuah sistem komunikasi pedesaan. Kita tentu perlu menilik kembali mengenai apa yang dimaksud dengan opinion leader. (Baca juga: Teori komunikasi dua tahap)

Opinion leader merupakan seorang pemuka pendapat. Ia lebih dikenal sebagai seseorang yang bisa dipercaya dalam memberikan sebuah informasi. Pada umumnya, dalam suatu sistem komunikasi pedesaan pasti ada pemuka pendapat yang menjadi rujukan dari informasi yang ada. Tak heran bila kemudian ia memegang sebuah peran penting khususnya untuk keberlangsungan situasi masyarakat yang ada di pedesaan. Secara lebih rinci, berikut adalah beberapa macam peran opinion leader:

  1. Menerima atau Menolak Kebijakan

Bila sebuah kebijakan akan diterapkan, maka pendekatan yang paling tepat adalah dengan mendekati opinion leader terlebih dahulu. Dengan melakukan pendekatan yang baik kepada opinion leader, maka biasanya proses komunikasi bisa berjalan dengan lebih baik dan kebijakan tersebut bisa diterima oleh masyarakat luas. Opinion leader bisa menjadi sebuah kunci untuk diterima atau tidaknya suatu kebijakan.

  1. Sosialisasi Kebijakan

Bila ada kebijakan baku yang wajib untuk diikuti oleh masyarakat secara keseluruhan, maka proses sosialisasi bisa dilakukan dengan lebih mudah melalui opinion leader. Dalam sistem komunikasi pedesaan, opinion leader seakan memiliki suatu daya dan kuasa yang cukup kuat untuk membagikan informasi tersebut. Kebijakan bisa disosialisasikan dengan lebih efektif, dan umumnya juga bisa diterima dengan baik pula oleh masyarakat. (Baca juga: Hakikat sistem komunikasi di Indonesia)

  1. Mempengaruhi Pendapat Masyarakat secara Umum

Pendapat masyarakat pedesaan biasanya juga bisa dipengaruhi oleh pendapat opinion leader. Lagi-lagi, seorang pemuka pendapat dianggap lebih tahu dan juga lebih dipercaya. Oleh karenanya, tidak heran apabila kemudian ada sebuah pendapat tertentu yang bisa saja dipengaruhi oleh opinion leader kepada masyarakat umum yang ada di suatu desa.

  1. Pusat Rujukan Informasi

Karena daya dan kuasanya yang cukup kuat, opinion leader juga berperan menjadi pusat rujukan informasi. Apabila ada suatu pesan yang simpang siur, seorang opinion leader bisa melakukan klarifikasi. Tak heran bila kemudian seorang opinion leader harus benar-benar memiliki wawasan yang luas, sehingga setiap informasi yang diberikannya mengandung suatu kebenaran dan keobjektifan.

  1. Pemecah Masalah

Jika terjadi suatu perselisihan, opinion leader biasa menjadi penengah dan pencari pemecahan masalah. Hal ini tidak lain dan tidak bukan karena tingkat kepercayaan masyarakat terhadap opinion leader yang memang sangat kuat. Pemecahan masalah bisa dilakukan dengan baik oleh opinion leader jika ia juga memiliki wawasan yang cukup luas, serta sikap untuk senantiasa netral (tidak memihak kepada salah satu sisi dalam perselisihan).

  1. Pembuat Inovasi

Selanjutnya, peran opinion leader dalam sistem komunikasi pedesaan yaitu sebagai pembuat inovasi. Ini akan memberikan pemahaman yang lebih pula dimana seseorang bisa memberikan terobosan-terobosan tertentu yang akan diikuti dengan baik oleh masyarakat karena memang kemampuannya yang dianggap lebih mumpuni dibandingkan dengan yang lainnya. (Baca juga: Tipe komunikasi lingkaran)

  1. Sumber Akses Luar

Opinion leader juga menjadi sumber akses  informasi dari luar. Setiap ada pesan atau informasi terbaru, biasanya itu akan masuk melalui opinion leader untuk kemudian disebarluaskan. Tidak heran apabila kemudian opinion leader menjadi seseorang yang lebih banyak tahu terlebih dahulu dibandingkan dengan anggota masyarakat lainnya.

  1. Menggiring Opini

Terakhir, peran yang cukup kuat dari seorang opinion leader adalah dalam menggiring opini. Kembali pada penjelasan sebelumnya, sikap netral hendaknya dimiliki oleh seorang opinion leader sehingga ia bisa membuat suasana lebih kondusif. Bentuk komunikasi informal biasanya bisa menjadi pendekatan di sini.

Berbagai macam peran dari opinion leader tersebut memang bisa kita amati terutama jika kita tinggal di pedesaan. Ada pemuka pendapat yang selalu menjadi sumber rujukan dan bisa dipercaya. Semoga informasi seputar peran opinion leader dalam sistem komunikasi pedesaan ini menambah wawasan kita dan selamat melanjutkan membaca.

, , ,
Oleh :
Kategori : Dasar Komunikasi