Sponsors Link

8 Peranan Komunikasi Bisnis Lintas Budaya dalam Era Globalisasi

Sponsors Link

Komunikasi bisnis merupakan komunikasi yang digunakan dalam aktivitas bisnis baik dalam bentuk komunikasi verbal maupun komunikasi non verbal. Komunikasi bisnis berguna untuk meningkatkan produktivitas dalam dunia bisnis. Slein itu, komunikasi bisnis yang efektif juga memudahkan suatu organisasi bisnis mencapai tujuan yang telah disepakati. (Baca juga: Komunikasi Bisnis Lintas Budaya)

ads

Bisnis sudah memasuki era globalisasi karena bisnis yang dilakukan tidak hanya melibatkan suatu daerah di satu negara saja, tetapi dunia bisnis saat ini telah bekerjasama dengan negara-negara lainnya. Dunia bisnis di negara Indonesia telah memasuki era globalisasi dimana negara kita banyak melakukan kerjasama dengan negara luar.

Komunikasi bisnis lintas budaya tudak hanya melibatkan daerah internasional tetapi komunikasi bisnis tersebut juga melibatkan daerah yang ada di negara itu sendiri. (Baca juga: Tujuan Komunikasi Bisnis Lintas Budaya)

Misalnya seperti negara Indonesia yang menjalin relasi bisnis dengan negara Amerika dalam bisnis pertambangan. Hal ini dikategori komunikasi bisnis lintas budaya internasional. Sedangkan untuk komunikasi bisnis lintas budaya domestik seperti adanya kerjasama antara daerah Jakarta dengan Yogyakarta dalam tekstil industri. (Baca juga: Contoh Komunikasi Lintas Budaya dalam Bisnis)

Faktor yang mempengaruhi bisnis di suatu negara di era globalisasi ini adalah adanya perkembangan dalam kecanggihan teknologi yang berkaitan dengan proses produksi suatu perusahaan, keterampilan dalam berkomunikasi seperti negara maju yang dapat mengikuti perkembangan budaya di suatu daerah bisnis tersebut, dan wawasan yang berkembang dalam lingkungan bisnis. (Baca juga: Pentingnya Komunikasi Antar Budaya dalam Bisnis)

Berikut ini beberapa peranan komunikasi bisnis lintas budaya dalam era globalisasi, yaitu:

  1. Promosi

Promosi merupakan salah satu cara atau strategi yang dilakukan untuk meningkatkan angka penjualan dalam suatu usaha. Promosi adlaah proses pemasaran produk kepada konsumen dengan berbagai cara agar konsumen tertarik untuk membeli produk tersebut.

Komunikasi bisnis lintas budaya memiliki peran yang penting untuk proses promosi terlebih produk dalam bisnis saat ini tidak hanya ditawarkan kepada konsumen yang ada dalam satu negara yang sama tetapi sudah mencakup konsumen dari kalangan luar negara. (Baca juga: Pengaruh Budaya dalam Komunikasi Bisnis)

  1. Periklanan

Periklanan merupakan salah satu metode promosi untuk memasarkan produk yang dihasilkan oleh sebuh perusahaan. Periklanan tidak hanya melibatkan model produk dari dalam negeri saja, tetapi orang-orang dari luar juga dapat dijadikan model untuk ajang promosi produk.

Tujuannya adalah agar produk yang dipasarkan diminati oleh konsumen. Konsumen akan melihat bahwa produk dalam negeri dapat dipercaya karena berkualitas dan telah digunakan di mancanegara. Periklanan ini meningkatkan rasa tertarik konsumen untuk mencoba produk yang dihasilkan oleh perusahaan tersebut. (Baca juga: Komunikasi Bisnis)

Sponsors Link

  1. Negosiasi

Dunia bisnis di era globalisasi ini tidak hanya melibatkan orang dari kalangan dalam negeri saja. Perusahaan banyak yang bekerjasama dengan produk luar negeri untuk mendongkrak popularitas produk yang dihasilkan.

Selain dari mancanegara, perusahaan yang bergerak dalam bidang perkembangan sumber daya alam cenderung lebih banyak bekerjasama dengan daerah-daerah yang terkenal dengan keasrian daerahnya seperti tembakau untuk bahan rokok yang diproduksi dari hasil kerjasama petani daerah dengan perusahaan besar yang memproduksi barang tersebut.

Komunikasi bisnis lintas budaya ini memudahkan seseorang menjalin relasi dengan perusahaan lain dan mudah untuk bernegosiasi dalam urusan bisnis-bisnis yang lainnya. (Baca juga: Komunikasi Lintas Budaya)

  1. Meningkatkan produktivitas usaha

Komunikasi bisnis lintas budaya memiliki peran untuk meningkatkan produktivitas dalam suatu bisnis. Komunikasi bisnis lintas budaya ini mendorong seseorang untuk memahami karakter dan budaya yang ada dalam suatu daerah yang berbeda.

Proses produksi dalam suatu usaha akan berjalan dengan lancar apabila orang-orang dalam perusahaan tersebut dapat menjalin relasi dalam memahami budaya rekan kerjanya. (Baca juga: Komunikasi Bisnis Menurut Ahli)

  1. Meningkatkan kinerja kerja karyawan

Komunikasi bisnis lintas budaya berperan juga dalam meningkatkan kinerja kerja karyawan. Kerjasama antara negara berkembang dengan negara maju membuat karyawan termotivasi untuk meningkatkan kinerja kerjanya untuk mencapai target yang telah ditentukan.

Hal ini mempengaruhi proses produksi barang atau jasa dalam suatu perusahaan. Motivasi yang tinggi dalam diri karyawan membuat kinerja kerja semakin baik dan barang atau jasa yang dihasilkan semakin berkualitas tinggi. (Baca juga: Manajemen Komunikasi Lintas Budaya)

  1. Memanfaatkan teknologi dalam proses produksi

Budaya yang berbeda menuntut setiap orang untuk memahami budaya-budaya yang beranekaragam tersebut. Komunikasi bisnis lintas budaya digunakan setiap perusahaan untuk memajukan bisnisnnya menuju pasar bebas yang dihadapi dengan berbagai kebudayaan.

Komunikasi ini memanfaatkan teknologi dalam proses produksi untuk mencapai kesuksesan bisnis. (Baca juga: Pengaruh Komunikasi Bisnis dalam Perusahaan)

Sponsors Link

  1. Menambah wawasan dalam berbisnis

Bisnis di era globalisasi ini berperan penting dalam menambah wawasan dalam segi budaya. Setiap negara dan daerah memiliki proses bisnis yang berbeda-beda. Oleh karena itu, komunikasi bisnis lintas budaya ini digunakan setiap perusahaan dalam proses produksi agar dapat memahami kebudayaan lainnya dalam bisnis. (Baca juga: Tujuan Komunikasi Bisnis Lintas Budaya)

  1. Mudah dalam berinteraksi

Peran komunikasi bisnis lintas budaya ini memudahkan seseorang dalam berinteraksi. Dunia bisnis memang melibatkan banyak masyarakat yang berbeda-beda budayanya. Memahami perbedaan budaya tersebut dengan menggunakan komunikasi bisnis lintas budaya inilah yang memudahkan sebuah perusahaan menjalin kerjasama dengan daerah dan negara lainnya. (Baca juga: Jenis-jenis Komunikasi Bisnis)

Demikian penjelasan terkait apa saja peranan komunikasi bisnis lintas budaya dalam era globalisasi.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Komunikasi Bisnis