Sponsors Link

13 Pengaruh Teknologi Komunikasi Dalam Organisasi

Sponsors Link

Teknologi merupakan sesuatu yang tidak dapat kita cegah. Seiring dengan berkembangnya jaman maka teknologi juga ikut berkembang dan berubah. Perkembangan dan perubahan ini merupakan dampak dari hadirnya teknologi di tengah masyarakat. Semakin canggih teknologi maka kita dituntut untuk bisa mengusainya. Sebab jika saat ini anda tertinggal oleh teknologi maka anda juga pasti akan ketinggalam zaman sebagaimana tujuan media dalam komunikasi massa .

ads

Sudah bukan zamannya lagi surat menyurat atau saling berkirim telegram. Dimana waktu yang dibutuhkan untuk saling berkomunikasi menjadi lama sebagaimana macam-macam komunikasi kelompok . Jika dahulu anda menggunakan surat membutuhkam waktu berminggu minggu untuk menunggu balasannya. Maka sekarang ini, untuk berhubungan dan berkomunikasi dengan seseorang yang jauh hanya membutuhkan waktu sepersekian detik lewat sambungan telepon sebagaimana mengatasi penyebab keemasan organisasi dalam komunikasi massa .

Berkat apa? Tentu berkat teknologi  seiring dengan perkembangan zaman maka tidak hanya berkomunikasi melalui suara dalam media komunikasi moderen . Kini orang-orang bahkan bisa langsung saling menyapa dengan bertatap muka melalui teknologi video call. Lalu seberapa besar pengaruh teknologi komumikasi dalam organisasi. Tentu dampaknya sangat besar dan menyeluruh, berikut 13 Pengaruh Teknologi Komunikasi Dalam Organisasi.

1. Sebagai Alat Bantu Komunikasi

Pengaruh teknologi dalam komunikasi organisasi yang pertama  pastinya adalah sebagai alat bantu komunikasi. Teknologi akan membantu komunikasi berlangsung lebih efektif dan efisien dalam komunikasi kepemimpinan . Tentunya hal ini membuktikan bahwa adanya teknologi dalam komunikasi samgat berpengaruh positif bagi berlangsungnya komunikasi. Bisa jadi hal inilah yang nantinya akan berpengaruh dalam keberlangsungan sebuah organisasi.

2. Mengefisiensikan Waktu

Teknologi komunikasi tentu saja mampu mengefisiensikan waktu. Sebab penggunaaan teknologi akan semakin mempercepat sampainya informasi. Terlebij dalam sebuah organisasi kecepatan dan ketepatan amatlah diperlukan. Sehingga hadirnya teknologi  komunikasindalam organisasi nyatanya akan sangat bermanfaat.

3. Efisiensi Biaya

Selain waktu, kehadiran teknologi komunikasi juga berpengaruh kepada efisiensi biaya. Dalam hal ini, organisasi tak perlunlagi mengeluarkam biaya promosi yang besar agar organisasinya dapat dilenal. Cukup gunakan teknologi dengan bekal media sosial yang saat ini hampir digunakan oleh setiap orang dalam proses komunikasi efektif . Selain murah dan murah bahkan cenderung gratis, cara ini juga dinilai cukup efektif.

Sponsors Link

4. Perubahan Budaya Kerja

Ternyata teknologi komunikasi juga dapat bepengaruh pada perubahan budaya kerja dalam komunikasi organisasi . Bagaimana tidak, sebab saat ini banyak organisasi yang mewajibkan anggota mereka yang hadir untuk memperlihatkan kehadiran melalui foto. Jika sudah begini maka tentu tidak ada lagi yang namanya titip-titip absensi sebagaimana saat teknologi yang canggih belum hadir. Hal ini tentu akan membawa dampak pada perubahan perilaku kerja sekaligus juga mendisiplikan para anggota organisasi.

5. Perubahan Prilaku

Bukan hanya perubahan budaya kerja ternyata teknologi komunikasi juga mampu berpengaruh pada perubahan perilaku individu yang berda dalam organisasi. Perubahan ini diawali dari tadinya mereka yang jarang muncul dalam pertemuan akan lebih disiplin untuk muncul dan datang. Selain itu, hal ini dapat berpengaruh pada perubahan perilaku mendasar seperti sikap ramah tamah dan lebih sering berbicara dalam forum-forum diskusi menghindari penyebab terjadinya konflik dalam komunikasi .

6. Pola Komunikasi

Bisa dikatakan kehadiran teknolohi komunikasi pastinya akan berpengaruh pada pola komunikasi yang digunakan. Teknologi mampu membuat anggota dalam organisasi lebih dekat dan erat satu sama lain menjadi penyebab keberhasilan dalam komunikasi . Sebab jalinan hubungan mereka tidak hanya terjalin di dalam forum. Mereka dapat bertukar informasi melalui kontak person, tentunya tidak akan ada kecenderungan untuk bersikap pasif.

7. Bentuk Informasi

Penggunaan teknologi komunikasi  juga berpengaruh signifikan pada bentuk informasi yang biasa diberikan sebagai pola komunikasi organisasi . Jika sebelumnya kita menggunakan papan pengumunan jika ada informasi yang harus diketahui publik. Namun, kini bentuk komunikasi yang demikian sepertinya sudah ketinggalan zaman. Organisasi akan dimudahkan dengan teknologi jarkom yang bisa digunakan sebagai penyalur berbagai pengumuman yang bisa dengan cepat di terima oleh para anggota.

8. Proses Lebih Cepat

Seperti yang telah disampaikam sebelumnya, teknologi sifatnya bukan menghambat namun malah dapat mempercepat proses. Teknologi komunilasi sebagai kasalitator dalam proses komunikasi. Dimana informasi yang sifatnya urgent atau hal-hal yang berkaitan dengan oenanganan cepat akan bisa sampai kepada anggota dengan cepat pula. Sehingga hal ini tentu akan berdampak pada ketepatan dan keepatan penanganan pasca informasi diterima.

Sponsors Link

9. Pengambilan Keputusan Lebih Cepat

Teknologi komunikasi memberikan dampak yang cukup krusial dalam proses komunikasi organisasi . Dimana dengan penyajian data yang cepat dan akurat akan memudahkan para pemimpin organisasi dalam mengambil keputusan yang cepat dan tepat. Sebab, dalam kondisi yang darurat terkadang kita diharuskan mengambil keputusan dalam waktu singkat. Nah, dalam hal ini pastinya kita membutuhkan data pendukung yang akurat sehingga jangan sampai mengambil keputusan yang salah.

10. Sistem yang Teritegerasi

Sebuah organisasi tentunya tidak berdiri sendiri, biasanya mereka memiliki cabang atau organisasi serupa yang bergerak dibidang yang sama namun lokasinya berada di luar daerah. Tentunya dibutuhkan komunikasi yang snergis sehingga apa yang ada dinorganissi A juga sama dengan yang ada pada organisasi A anakan. Dalam hal ini teknologi komunikasi berperan sangat penting, sebab akan memberikan dampak berupa sistem yang bisa teritegrasi. Sehingga baik dalam komunikasi maupun informasi akan bisa dilakukan sengan baikndiantara keduanya.

11. Mempercepat Kemajuan Organisasi

Pengaruh lain dari hadirnya teknologi komunikasi tidak lain adalah dapat memberikan kecepatan organisasi dalam mencapai kemajuan serta contoh komunikasi tidak efektif . Jika teknologi di gunakan dengan bijak seksama dan sesuai dengan fungsinya. Maka tentu kemajuan serta apa yang dicita-citakan oleh sebuah organisasi akan dengan mudah dapat dicapai. Tentunya hal ini juga membutukam dukungan dari para pengguna teknologi komunikasi dalam memajukan organisasinya.

12. Pengehematan Alokasi Dana

Tahukan anda, bahka pengaruh penggunaan teknologi komunikasi akan bisa menghemat alokasi penggunaan dana. Sebab ternyata teknologi mampu mengefisienaikan kinerja dan meminimalisir biaya penggunaan. Beberapa biaya yang bisa dipangkas seperti biaya promosi, cetak banner dan spanduk yang tentunya sudah bukan zamannya lagi. Promosi lewat teknologi akan lebih efektif dan menarik minat masyarakat.

13. Semua Jadi Serba Otomatis

Jika dahulu, semuanya serba manual, kini semenjak teknologi hadir dalam kolunikasi semuanya menjadi serba otomatis.ansa bisa mengirim laporan secara otomotis, absensi secara otomatis, dan melakukan berbagai pekerjaan dengan otomatis. Tentu saja hal ini sangat memudahkan dan mempersingkat waktu pengerjaan. Sehingga segala sesuatunya menjadi lebih mudah .

13 Pengaruh Teknologi Komunikasi Dalam Organisasi. Tentu akan dapat menambah pengetahuan sekaligus menjadi referensi anda. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

Sponsors Link
, , ,