Sponsors Link

13 Efek Media Massa Dalam Sosiologi Komunikasi

Sponsors Link

Sosiologi merupakam cabang ilmu yang mempelajari tentang masyarakat. Artinya cakupan ilmu sosiologi berkaitan erat dengan segala hal yang ada di masyarakat. Masyarakat sendiri merupakan kumpulan individu yangberbeda karakter dan latar belakang yang bersosialisaai dengan menjalin komunikasi antar satu dengan lainnya. Dalam masyarakat komunikasi merupakan penopang dalam upaya menjalin hubungan antara satu dengan lainnya.

ads

Sosiologi komunikasi merupakan hal yang saling berhubungan. Dalam kehidupan masyarakat tentunya komunikasi memegang peranan penting dalam menjalin hubungan antara satu dengan yang lainnya sebagaimana jenis-jenis interaksi sosial . Masyarakat dibentui oleh komunikasi yang terjalin. Dari pengertian komunikasi menurut para ahli ini akan tumbuh rasa saling peduli, care dan hubungan yang intim di masyarakat.

Hubungan intim yang dimaksud adalah hubungan yang dekat, hubunga sebagaimana kerabat atau keluarga. Di era digital dan seiring dengan perkembangan teknologi, media masaa bukan lagi menjadi hal yang awam. Apalagi dengan keterbukaan akan kemudahan mengakses berbagai informasi dri komunikasi non verbal tentu perkembangan media massa juga ikut terpengaruh. Jika dahulu kita hanya mengenal media cetak dan elektronik, kini keduanya sudah dikesampingkam sebab media internet dan online yang mengambil alih.

Secara langsung atau tidak media masaa tentu memberikan efek terhadap komunikasi dimasyarakat sebagaimana bahasa tubuh dalam komunikasi . Maka berikut akan dibahas mengenai 13 Efek Media Massa Dalam Sosiologi Komunikasi.

1. Mampu Membuka Cakrawala Pemikiran 

Tidak dipungkiri kehadiran media masaa dalam masyarakan juga berpengaruh dalam komunikasi. Dengan banyaknya informasi yang bisa diperoleh dengan mudah, maka tentunya akan semakin menambah pengetahuan dan sekaligus membuka cakrawala pikiran. Pada akhirnya dari topik-topil yang muncul akan menjadikan komunikasi antar masyarakat semakin hidup. Akan terjadi diskusi dan obrolan terbuka yang mampu membuka cakralawa pikiran dan pengetahuan yang luas.

2. Mengubah Pola Pikir Seseorang

Media massa akan membantu seseorang untuk dapat merubah pola pikirnya. Tentunya hal in akan sangat berpengaruh dalam kehidupan masyarakat berikut komunikasi yang terjalin. Misalnya saja sebuah iklan tentang kepedulian terhadap lingkungan. Hal ini dapat memberikan efek terhadap perubahan pola pikir seseorang untuk kemudian dapat bersikap lebih peduli terhadap lingkungan.

3. Merubah Prilaku 

Perubahan pola pikir seseorang dapat menstimulan adanya perubahan perilaku. Tentu saja hal ini akan sangat baik bagi perubahan positif di masyarakat. Namun, perubahan dan efek yanh di timbulkan tidak  selalu bersifat positif dalam komunikasi persuasif . Pengaruh media massa yang dapat membuat seseorang mengakses informasi dengan mudah juga dapat berdampak negatif dan menjerumuskan.

Sponsors Link

4. Menumbuhkan Aspirasi

Media massa juga dapat menumbuhkan aspirasi di masyarakat. Dengan media massa masyrakat memiliki hak yang semakin luas dan bebeas untuk berpendapat dan mengeluarkan aspirasinya. Tentunya hal ini akan menimbulkan terjadinya komunikasi dan timbal balik dari masyarakat yang merespon aspirasi tersebut. Sehingga kemudian akan menimbulkan pola komunikasi yang baru.

5. Menciptakan Suasana  Membangun

Media massa juga dapat menciptakan suasana yang membangun, sehingga lebih mengharmoniskan komunikasi yang sempat renggang atau tidak terjalin. Misalnya saja seseorang dapat bertemu kembali karena melihat seseorang menuliskan komentar dalam forum media massa. Tentunya hal ini akan sangat berarti, sebab dalam situasi ini dapat menciptakan suasana baru yang bisa membangun kembali komunikasi.

6. Mengenalkan Norma-norma Sosial

Kehadiran Media massa juga memberikan efek dalam mengenalkan norma sosial dimasyarakat. Apalagu kedalam tipe masyarakat yang beradab dan menomor satukan etika. Tentunya norma dalam berkomunikasi menjadi modal utama. Dengan demikian maka seseorang dapat dengan mudah dan fleksible menyampaikan pendapat dan melakukan komunilasi dalam batasan norma yang berlaku.

7. Merubah Sikap Seseorang

Media massa juga dapat berefek memberi perubahan terhadap sikap seseorang . Perubahan ini dapat bersikap positif atau negatif. Sebab terkadang media massa dapat menggiring opini publik ke arah lain sehingga memunculkan reaksi-reaksi yang bertentangan di masyarakat. Hal ini tentunya akan membuat seseorang merubah sikap dan perilakunya dalam berkomunikasi.

8. Merubah Budaya

Sejatinya perubahan adalah sesuatu yang tidak dapat terelakan. Sebab perubahan akan selalu berjalan beriringan dengan lehidupan manusia dan masyarakat. Apalagi dengan hadirnya media massa perubahan seperti nilai budaya sebagai karakteristik juga terpengaruh. Sehingga mau tidak mau akan merubah komunikasi yang terjalin di masyarakat.

Sponsors Link

9. Membuat Masyarakat Menjadi Kritis

Perkembangan media massa 10 tahun terakhir ini amatlah pesat. Kebebasan pers dan kebebsan berpendapat serta berekspresi benar-venar menjadi salah satu ujung tombak bagaimana perkembangan media massa di imIndonesia. Kondisi ini juga membuat masyarakat semakin cerdas dan kritis dengan segala apa yang di sajikan oleh media massa. Masyarakat kini lebih dewasa dan cerdas serta lebih kritis sehingga situasi ini menjadikan komunikasi antar semuanya menjadi positif.

10. Memberi Hiburan 

Hiburan atau entertain merupakan salah satu aspek yang menjadi kebutuhan dimasyarakat. Apalagi dintengah kepenatan akam sotuasi dan kondisi yang kian tidak kondusif serta kebutuhan akam relaksasi pikiran membuat hiburan menjadi lebutuhan utama. Media massa merangkum hal tersebut dalam tajuk-tajuk pemberitaan dan informasi yang tidak melulu berat, namun cenderung ringan dan menghibur. Sehingga tentunya dapat memberi warna tersendiri dalam komunikasi masyarakat yang akan lebih rileks dan santai.

11. Menghasilkan Sistem Ekonomi

Media massa juga mampu memberikan efek salah satunya adalah hadirnya sistem ekonomi. Sistem ini mampu mengatur tidak hanya ekonomi di masyarakat dan lingkungannya namun juga dalam skala yang lebih luas. Dengan adanya sistem ini tentu akan menambah pengetahuan dan tatanan baru. Serta diharapkan dapat semakin membuat perekonomian dimasyarakat tertata rapi.

12. Manjadikan Interaksi Antar Individu lebih Intens

Komunikasi dimasyarakat tidak akan terjadi tanpa adanya sebuah interaksi. Interaksi ini yang kemudian memunculkan adanya aksis dan rekasi dalam sebuah hubungan dimasyarakat. Ternyata kehadiran media massa dapat menjadikan interaksi yang terjadi lebih intens. Sebab ketika masyarakat berkumpul dalam forum mereka cenderung akan berbicara atau membicarakan mengenai topik yang sedang hits atau booming, tanpa adanya media massa mungkin mereka tidak akan punya topik pembicaraan yang selalu baru.

13 Menghasilkan Sistem Politik

Media massa merupakan salah satu cikal bakal dari adanya sistem politik. Media dan politik merupakan dua hal yang tak dapat dipisahkan, keduanya seperti dua sisi mata uang. Politik selalu menjadi sorotan utama dalam setiap pemberitaan media massa. Tentu saja hal ini menimbulkan berbagai respon di masyarakat, ada yang pro dan ada yang kontra, dari kedunya sisi inilah akan menimbulkan komunikasi di masyarakat.

13 Efek Media Massa Dalam Sosiologi Komunikasi. Tentunya akan semakin menambah pengetahuan dan referensi anda. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

 

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Dasar Komunikasi