Sponsors Link

13 Pengaruh Teknologi Komunikasi Dalam Masyarakat

Sponsors Link

Teknologi adalah bentuk kreasi dari manusia yang diwujudkan dengan alat, dan teknik tertentu sehingga dapat mempermudah suatu pekerjaan dalam menghasilkan sesuatu . Teknologi juga dapat didefinisikan sebagai pengunaan dan penerapan pengetahuan tentang alat-alat, teknik, metode atau sistem organisasi atau pun produk sebagai hasil akhir. Seiring dengan kemajuan zaman dan juga perkembangan peradaban manusia maka teknologi juga semakin berkembang dan canggih. Alhasil di era milenial kini mereka yang todak melek akan teknologi akan tertinggal oleh berbagai hal yang pastinya selalu mengalami perubahan setiap waktunya.

ads

Komunikasi merupakan aktifitas pertukaran pesan atau informasi dari setiap pengirim dan penerima pesan atau informasi dari setiap pengirim dan penerima pesan dari informasi tersebut. Komunikasi merupakan salah satu bagian yang paling dipengaruhi oleh adanya perkembangan teknologi. Teknologi komunikasi adalah suatu sistem yang dilakukan oleh masyarakat modern untuk saling berhubungan satu dengan yang lain untuk melakukan pertukaran pesan lewat panca indera sebagaimana fungsi komunikasi dalam manajemen logistik . Perkembangan teknologi secara langsung akan berpengaruh terhadap perkembangan dalam dunia komunikasi.

Perkembangan teknologi telah meningkatkan gaya hidup masyarakat. Manusia diciptakan untuk saling melengkapi, hal ini yang membuat manusia terdorong untuk dapat mempermudah cara berkomunikasi seperti fungsi komunikasi dalam pekerjaan kantor . Alat komunikasi yang digunakan semakin canggih seiiring dengan berkembangan dunia modern. Kurang lebih 30 tahun yang lalu, di Indonesia baru mengenal adanya telepon genggam yang memiliki ukuran yang sangat besar dan berat , kemudian hingga saat ini, telepon genggam yang beredar semakin hari semakin tipis dan ringan. Tentu saja hal ini memperlihatkan bahwa terdapat 13 Pengaruh Teknologi Komunikasi Dalam Masyarakat.

1. Memudahkan Komunikasi

Suka tidak suka kehaditsn teknologi sangat memudahkan dalam komunikasi. Kini setiap orang dengan bantuan teknologi dapat berkomunikasi dalam waktu yang cepat dan juga tanpa ada batasan jarak. Tentu saja hal ini memberikan pengaruh positif pada perkembangan dunia komunikasi. Terlebih lagi jika dibandingkan dengan jaman 10-20 tahun yang lalu, maka akan terlihat bagaimana teknologi memberikan sentuhan terbaiknya dalam bidang komunikasi seperti penerapan komunikasi dalam jaringan .

2. Mempercepat Komunikasi

Jika dahulu dengan berkirim surat anda akan bisa mendapatkan balasannya paling cepat 2 minggu. Kini ceritanya akan jauh berbeda, sebab dalam hitungan detik anda sudah bisa mendapatkan balasan pesan jika berkirim pesan lewat sms. Tentu saja hal ini tidak akan terjadi tanpa adanya pengaruh teknologi yang diaplikasikan dalam bidang komunikasi. Sebab kini anda bisa dengan mudah dan cepat mendapatkan segala informasi, sehingga ketika ada hal yang urgent dapat segera mengetahui dan mengatasinya dalam peranan komunikasi dalam media sosial .

3. Memudahkan Pekerjaan

Tidak dipungkiri juka kemudian komunikasi hadir dalam memepermudah pekerjaan. Penggunaan komputer dan internet saat ini semakin memudahkan dan mengefisiensikan pekerjaan manusia. Jika dahulu anda harus menulis laporan, mengetik menggunakan mesin tik, namun dengan hadirnya teknologi kini segala pekerjaan anda lebih mudah. Dengan program yang tersedia anda tinggal memasukkan data dan membiarkan komputer mengolahnya.

Sponsors Link

4. Komunikasi Lebih Efisien

Jika dahulu komunikasi berjalan dengan sangat lambat dan hanya bisa dilakukam face to face. Kini berkat teknologi semuanya jadi lebih mudah, anda bahkan bisa melihat satu sama lain tanpa harus berdekatan. Jarak bukan laginmenjadi penghalang selama anda menggunakan gawai yang canggih. Bahkan kini hampir semua alat komunikasi dipadukan dengan teknologi ini. So, saat ini jika bicara soal komunikasi maka rasanya sudah tidak ada batasan dan kekurangannya lagi, sebab perkembangan teknologi akan langsung berimbas pada teknologi komunikasi dlaam media komunikasi moderen .

5. Peralatan Komunikasi Lebih Canggih

Hadirnya gawai dan peralatan komunikasi yang canggih tentunya dipengaruhi oleh perkembangan kecanggihan teknologi. Saat ini ponsel yang dibanderol dengan harga 1 jutaan saja bahkan sudah bisa mengaplikasikan teknologi yang canggih. Karena itulah kemudian kini banyak  sekali beredar ponsel dengan harga ekonomi namun dibalut dengan teknologi yang menjanjikan. Tentu saja hal ini sangat membantu dan juga memberikan pengaruh bagi perkembangan dalam dunia perkomunikasian.

6. Akses Informasi Lebih Cepat

Dengan adanya perkembangan teknologi terutama penggunaan internet dalam komunikasi. Kini anda bisa dengan mudah mendapatkan informasi dengan cepat. Terlebih lagi saat ini banyak sekali provider komunikasi yang sudah meningkatkan kecepatan aksesnya. Tentu saja hal ini semakin mempengaruhi proses informasi dalam komunikasi dapat diperoleh dengan lebih cepat, dahulu berkembag teknologi 3G kini anda bisa mengakses segala informasi dengan lebih cepat dengan bantuan jaringan 4G yang pastinya akan membuat anda semakin puas dan menyenangkan dalam berkomunikasi.

7. Menghubungkan Banyak Orang

Ada banyak sekali kisah orang orang yang terputus kontak atau bahkan hilang kembali dapat bertemu lewat jaringan komunikasi. Tentu saja hal ini merupakan sebuah keajaiban yang hanya bisa diberikan oleh sentuhan teknologi dalam komunikasi. Kehadiran teknologi dalam komunikasi memungkinkan banyak orang untuk dapat saling terhubung melalui media sosial, bahkan kita dapat mengenal banyak orang dari berbagai belahan dunia. Tentu saja hal ini serupa dengan dunia berada dalam gengaman anda sebagai pengaruh media baru dalam komunikasi .

8. Akses Tak Terbatas

Kini dimanapun anda berada dibelahan bumi manapaun tetap dapat berkomunikasi dengan keluarga tanpa ada hambatan. Tentunya hal ini semakin mengikis jarak yang jauh jadi dekat dan yang dekat bisa menjadi jauh. Pastinya teknologi memberikan pengaruh terhadap kemudahan dalam akses yang tak terbatas bukan hanya mengenai informasi. Namun juga menghapus jarak yang jauh sehingga kini dimanapun anda berada selama masih terjangkau sinyal provider maka jangan takut akan kehilangan informasi.

9. Persaingan Di Bidang Teknologi Komunikasi

Tahukan anda bahwa perkambangan teknologi dalam komunikasi juga memunculkan persaingan. Saat ini semua provider dan juga produsen gawai berlomba lomba menciptakan teknologi komunikasi yang dapat digunakan oleh manusia. Perkembangan teknologi menciptakan persaingan yang semakin ketat dan juga persaingan sengit. Ada yang membandrol dengan harga murah dengan teknologi standar dan juga harga sekangut dengan kecanggihan teknologi yang mumpuni.

10. Kemudahan Bertukar Informasi

Perkembangan teknologi komunikasi menyebabkan banyak sekali kemudahan dapat dirasakan oleh manusia. Salah satunya adalah kemudahan untuk saling bertukar informasi. Anda dapat dengan mudah mendapatkan informasi dari berbagai sumber dan dari belahan dunia manapun. Anda juga bisa memantau setiap informasi terbaik di semua bidang baik politik, sosial, hingga ekonomi.

Sponsors Link

11. Mendekatkan Jarak

Perkembangan teknologi dalam komunikaso mampu mengikis jarak antar belahan dunia. Anda bahkan bisa tersa sangat dekat dengan saudara atau kerabat yang letaknya bisa jadi berada pada zona waktu yang berbeda. Sehingga tentunyanya tidak akan ada hanbatan yang bisa dirasakan. Hanya saja memang masih erbatas pada tidak adanya kemampuan untuk bersentuhan secara fisik, sebab hingga kini masih belum ditemukan teknologi yang demikian.

12. Ketergantungan Teknologi

Tahukan ada bahwa keberadaan teknologi menyebabkan manusia menjadi ketergantungan. Mereka bahkan tidak bisa lepas dari teknologi. Bisa jadi teknologi menjadi hal yang paling sulit dilepadkan dimanapun berada. Faktanya banyak sekali orang yang bahkan tak bisa lepas dari gawainya meskipun hanya sehari saja.

13. Kecepatan perkembangan Dunia

Tentu saja dengan adanya teknologi komunikasi yang semakin berkembang menyebabkan kecepatan dalam perkembangan dunia. Teknologi komunikasi yang berkemabang menyebabkan perkembangan di berbagai bidang baik itu sosial, politik bahkan hingga ekonomi.

13 Pengaruh Teknologi Komunikasi Dalam Masyarakat. Semoga dapat menjadi tambahan penetahuan dan referensi bagi anda sebagaimana fungsi komunikasi dalam seni rupa 2 dimensi , peranan komunikasi dalam jaringan masyarakat , cara mempengaruhi orang lain dalam komunikasi , dan teori disonansi kognitif . Serta semoga artikel ini dapat bermanfaat.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Dasar Komunikasi