Sponsors Link

10 Fungsi Komunikasi Dalam Pekerjaan Kantor Paling Penting

Sponsors Link

Pengertian komunikasi sudah banyak didefinisikan oleh banyak orang, jumlahnya sebanyak orang yang mendifinisikannya. Dari banyak pengertian tersebut jika dianalisis pada prinsipnya dapat disimpulkan bahwa komunikasi mengacu pada tindakan, oleh satu orang atau lebih, yang mengirim dan menerima pesan yang terdistorsi oleh gangguan (noise), terjadi dalam suatu konteks tertentu, mempunyai pengaruh tertentu, dan ada kesempatan untuk melakukan umpan balik.

ads

komunikasi pada intinya suatu rangkaian kegiatan yang menyampaikan warta dari seseorang kepada orang lain dalam rangka usaha kerjasama untuk mencapai tujuan tertentu.
Komunikasi merupakan salah satu bidang yang sangat penting dalam kegiatan kantor memiliki hakikat kantor sebagai kumpulan orang yang bersama-sama menyelenggarakan kegiatan kantor atau kegiatan ketatausahaan. Seorang manajer harus dapat berkomunikasi secara efektif dengan semua pegawai kantor baik secara horisontal maupun vertikal atau secara diagonal.

Pengurusan informasi atau information handling yakni menyampaian dan penerimaan berita, akan berjalan dengan baik bila dalam kantor itu terdapat komunikasi yang efektif. Komunikasi memegang peranan yang amat penting dalam lingkup organisasi perkantoran. Sebab dalam lingkup kantor akan menemukan berbagai jenis pekerjaan kantor yang menjadi satu kesatuan sebagaimana penerapan komunikasi dalam jaringan , peranan media sosial dalam masyarakat , media komunikasi modern, dan pengaruh media baru dalam komunikasi  . Maka dari itu pentingnya komunikasi akan ditunjukkam lewat 10 Fungsi Komunikasi Dalam Pekerjaan Kantor Paling penting.

1. Penyalur Informasi

Fungsi komunikasi yang pertama dalam pekerjaan kantor adalah sebagai penyalur informasi.  Fungsi ini berhubungan dengan memperlancar pengambilan keputusan yang dapat dilakukan oleh pihak (pemimpin) manajemen. Dengan mentransfer data dan alternative pilihan yang ada, individu atau organisasi akan dengan mudah mengambil keputusan. Semua informasi yang diperoleh dari bawahan akan dijadikan dasar dan panduan dalam setiap pengambilan keputusan sehingga dampaknya akan bersifat positif terhadap kinerja kantor.

2. Memudahkan Pekerjaan

Komunikasi merupakan salah satu cara yang bisa digunakan untuk memudahkan pekerjaan kantor yang sedang dilakukan. Dengan komunikasi anda bisa menanyakan atau mengoomunikasikan berbagai hal yang berkaiaan dengan pekerjaan anda. Sehingga nantinya akan memberikan dampak pada pekerjaan yang anda lakukan. Misalkan saat membuat laporan dan anda melakukam komunikasi dengan atasan maka anda akan bisa menghindari kesalahan laporan atupun juga terjadinya revisi laporan.

Sponsors Link

3. Menghindari Kesalahpahaman

Salah satu cara menghindari kesalahpahaman atau miss komunikasi dalam pekerjaan kantor adalah dengan melakukan komunikasi. Berkomunikasi secara intensif akan memgjindarkam anda dari kesalahan informasi atau bahkan bisa dapat menjadikan amda lebih up to date terhadap informasi yang ada. Sebagai sebuah organisasi tentunya didalam kantor terdiri dari banyak bagian dan juga sub bagian yang fungsinya mendukung satu sama lain. Oleh sebab itu, dalam menyelesaikan pekerjaan kantor akan menuntut anda berkomunikasi dengan efektif.

4. Sarana Koordinasi

Komunikasi merupakan sebuah sarana koordinasi antara bawahan dengan atasan atau juga sebaliknya. Koordinasi tentunya sangat diperlukan dalam memudahkan pekerjaan. Dengan adanya koordinasi maka tentu akan dapat mengjindari kesalahan kesalahan yang dapat disebabkan dari adanya kekurangan dalam komunikasi. Adanya koordinasi akan memghindari kesalahpahama dan juga hal hal yang dapat menunda pekerjaan kantor selesai aeauai dengan deadlinenya.

5. Fungsi Motivasi 

Fungsi ini biasanya dilakukan melalui pemberian feedback kepada bawahan mengenai apa yang  telah mereka lakukan. Sebaik apa mereka mengerjakannya dan apa yang sebaiknya dilakukan untuk meningkatkan kinerjanya di masa depan. Fungsi ii dapat memberikan tambahan semangat kerja kepada para karyawan agar tentunya dapat membuat mereka meraih prestasi dan kinerja yang optimal. Terlebih lagi hal ini akan berimbas positif terhadap pekerjaan yang dilakukan oleh karyawan tersebut karyawan akan merasa lebih maksimal dan optimal dalam melakukan pekerjaan kantornya, pada akhirnya akan berdampak langsung pada perdorma kantor.

6. Pekerjaan  Dapat Dilakukan dengan Lebih Efektif dan Efisien

Komunikasi merupakan cara untuk membuat pekerjaan kantor dapat dilakukan dengan lebih efektif dan efisien. Tentu saja hal ini merupakan bagian penting dari sebuah kinerja perusahaan. Keefektifan dalam mengerjakan pekerjaan kantor akan dapat membantu menyelesaikan berbagai kendala. Tentu saja hal ini juga akan berdampak pada hasil dan pencapai tujuan dari sebuah kantor sehingga perusahaan dapat mencapai visi dan misi serta sesuai dengan apa yang dicita citakannya.

7. Fungsi Kontrol

Setiap organisasi mempunyai hierarki dengan wewenang yang menyertainya. Komunikasi formal dapat dilakukan untuk mengontrol karyawan dengan menanyakan ulang deskripsi pekerjaannya. Kepada siapa melaporkan hasil pekerjaannya, dan hal-hal lain yang membutuhkan komunikasi dengan atasan mereka. Komunikasi informal juga dapat mengontrol mengontrol perilaku karyawan, misalnya jika salah satu karyawan bekerja terlalu lambat, teman yang lain akan mengkomunikasikan ketidakpuasan mereka dengan menjauhi ataupun mengejek bahwa yang bersangkutan sangat lambat.

Sponsors Link

8. Fungsi Emosi

Pada dasarnya salah satu tujuan bekerja adalah melakukan interaksi social. Interaksi social melalui komunikasi (formal maupun informal). Masing-masing anggota organisasi dapat mengekspresikan emosi negative, misalnya frustrasi atau tidak puas dengan peklerjaan yang dikerjakannya selama ini kepada teman sekerja. Fungsi emosi mewakili bagaimana komunikasi mampu memberikan ruang kepada perasaan untuk melampiaskan hal-hal yang mengganjal. Namun, tentu saja pastikan bahwa emosi anda terkontrol dengan baik sehingga tidak menimbulkan hal hal bersifat negatif pafa aktir dan pekerjaan anda.

9. Bagian Dari Interaksi

Fungsi komunikasi dalam pekerjaan kantor tentu merupakan bagian dari interaksi. Komunikasi merupakam bentuk interaksi entah antara atasan dengan bawahan atau juga sebaliknya. Adanya interaksi ini dapat membangun hubungan yang tentunya akan berpengaruh positif tidak hanya pada citra perusahaan namun juga akan berdampak langsung terhadap kinerja perusahaan. Semakin baik interaksi berjalan maka akan semakin baik juga terhadap kerjasama dan kekompakan serta kesolidan dalam bekerja.

10. Perturkaran Ide

Dalam sebuah perusahaan tentunya dibutuhkan ide ide baru yang bisa memberikan ide segar dan kreatif. Tentunya ide ini merupakan bagian dari inobasi dan perubahan yang bisa memberikan dampak perubahan positif terhadap citra perusahaan. Terutama bagi  mereka yang bekerja di bagian promosibdan pemasaran, maka ide dan pemikiran kreatif sudah menjafi hal yang paling erat hubungannya dengan pekerjaan. Oleh sebab itu, komunikasi sangat diperlukan dalam upaya pertukaran ide ide kreatig dalam ranah pekerjaan.

Itulah tadi 10 Fungsi Komunikasi Dalam Pekerjaan Kantor Paling penting. Semoga dapat menjadi tambahan informasi dan referensi bagi anda sebagaimana fungsi komunikasi dalam seni rupa dua dimensi , peranan komunikasi dalam jaringan masyarakat , cara mempengaruhi orang lain dalam komunikasi ,  teori disonansi kognitif , jenis program televisi dan nilai berita . Serta semoga artikel ini dapat betmanfaat.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Dasar Komunikasi