Sponsors Link

7 Peranan Komunikasi dalam Jaringan di Kehidupan Masyarakat

Sponsors Link

Berbicara tentang peranan komunikasi dalam jaringan di kehidupan masyarakat tentu tidak akan jauh-jauh dari masalah kehidupan sosial sehari-hari yang kita jalani. Komunikasi menjadi bagian yang tidak bisa dilepaskan dengan kehidupan masyarakat sehari-hari. Bagaimana pun juga, tanpa adanya komunikasi, maka seorang individu tidak bisa berinteraksi dan bertukar informasi dengan yang lainnya. Komunikasi sudah menjadi bagian yang selalu menyatu dengan kehidupan sosial kita.

ads

Baca juga:

Melihat bagaimana eratnya komunikasi dengan kehidupan sosial tersebut, maka tidak heran jika kemudian kita bisa melihat terdapat peran tertentu dari komunikasi yang ada pada proses interaksi masyarakat. Lingkup komunikasi yang luas tersebut salah satunya adalah komunikasi dalam jaringan (daring). Komunikasi dalam jaringan bisa diartikan sebagai sebuah bentuk komunikasi yang terstruktur dan berada di dalam sebuah organisasi tertentu. Kita mungkin bisa melihat contoh langsung dari komunikasi ini yaitu berupa internet. Seperti apa peranan dari komunikasi dalam jaringan tersebut?

  1. Akses Informasi Lebih Cepat

Dengan adanya komunikasi daring, jelas akses informasi menjadi lebih cepat. Informasi apapun yang masyarakat ingin akses, itu bisa dilakukan dengan cepat. Komunikasi daring membuat semua orang menjadi lebih mudah terhubung dengan sumber informasi yang ingin mereka cari.

  1. Memudahkan Masyarakat Mencari Tahu

Karena akses informasi yang lebih cepat, maka masyarakat juga bisa lebih mudah untuk mencari tahu mengenai suatu hal yang ingin mereka pelajari. Komunikasi daring juga membuat masyarakat ini lebih peka terhadap berita-berita tertentu. (Baca juga: Penerapan komunikasi dalam jaringan)

  1. Pemberitaan yang Cepat

Era komunikasi daring membuat berita menjadi lebih cepat diterima pada masyarakat. Kita bisa melihat bagaimana komunikasi melalui media sosial menjadi begitu cepat menyebar. Kebenaran dari berita tersebut biasanya menjadi nomor sekian, tetapi yang diunggulkan adalah viralnya berita tersebut.

  1. Kehidupan Bermasyarakat yang Serba Praktis

Komunikasi daring juga membuat kehidupan masyarakat menjadi serba praktis (instan). Ini adalah peranan komunikasi dalam jaringan di kehidupan masyarakat yang sebenarnya patut diantisipasi. Masyarakat menjadi cenderung ingin semua serba cepat dan instan. (Baca juga: Peranan media sosial dalam masyarakat)

  1. Pengiriman Pesan dan Informasi yang Instan

Komunikasi daring juga memungkinkan masyarakat untuk bertukar pesan secara instan. Kita mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah surel (surat elektronik), pesan singkat (chat) dan lain sebagainya. Semuanya mudah untuk dilakukan, termasuk bertukar pesan dengan isi multimedia melalui komunikasi daring.

  1. Membuka Wawasan Masyarakat Lebih Luas

Dengan adanya komunikasi daring pula, wawasan masyarakat bisa menjadi lebih luas. Apa yang tidak diketahui di negara lain, bisa mudah untuk diakses melalui komunikasi daring. Masyarakat bisa mengenali budaya orang lain dengan memanfaatkan komunikasi daring tersebut. (Baca juga: Tujuan komunikasi dalam jaringan)

  1. Proses Transaksi Jual Beli Memakai Komunikasi Daring

Terakhir, salah satu peran komunikasi daring saat ini yaitu memudahkan proses transaksi jual beli. Pemanfaaatan ini tentu saja menjadi sangat berguna, dimana pada akhirnya masyarakat menjadi cenderung berpikir untuk memilih hal-hal yang sifatnya praktis itu tadi.

Jadi, apakah komunikasi daring ini sangat berpengaruh pada masyarakat? Jawabannya jelas berpengaruh. Ada manfaat dan dampak yang ditimbulkan dengan adanya komunikasi daring tersebut. Pada akhirnya, kitalah yang harus bijak dalam memanfaatkan kemudahan yang ditawarkan oleh komunikasi daring. Semoga informasi tentang peranan komunikasi dalam jaringan di kehidupan masyarakat ini bermanfaat.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Komunikasi Daring