Sponsors Link

8 Manfaat Komunikasi Nirkabel

Sponsors Link

Komunikasi dahulu memiliki keterbatasan dalam ruang dan waktu. Seiring dengan perkembangan teknologi, komunikasi mulai mengikuti era globalisasi dimana semua proses komunikasi menggunakan teknologi. Teknologi yang mendukung proses komunikasi diantaranya adalah surat kabar elektronik, handphone, telepon, televisi, radio, dan lain sebagainya. Di zaman yang modern ini, setiap orang memiliki alat komunikasi masing-masing, yaitu handphone.

ads

Handphone dianggap sebagai alat komunikasi yang efisein untuk digunakan.

Handphone dikategorikan sebagai alat komunikasi nirkabel atau wireless, dimana alat ini tidak menggunakan alat bantu penghubung berupa kabel. Komunikasi yang memanfaatkan alat-alat tanpa kabel disebut dengan komunikasi nirkabel. (Baca juga: Tipe Komunikasi Nirkabel)

Komunikasi nirkabel memanfaatkan jaringan gelombang radio yang berada di angkasa. Awalnya gelombang radio digunakan untuk mengembangkan teknologi komunikasi pada tahun 1894 oleh Guglielmo Marconi. Marconi menggunakan sistem telegraf nirkabel untuk mengirim dan menerima pesan dengan jarak yang relatif jauh. Inovasi ini kemudian diuji oleh para ilmuwan dan kemudian sampailah ke zaman dimana seseorang yang tidak mengetahui teknologi disebut kuno.

Saat ini teknologi telah menjadi solusi untuk menjawab kerumitan masyarakat dalam berkomunikasi. Teknologi nirkabel semakin marak menjadi primadona masyarakat karena mudah didapatkan dan harga yang ditawarkan relatif murah.

Selain itu, fitur yang ditampilkan dalam alat-alat nirkabel ini mudah digunakan seperti adanya fitur video call yang saat ini mampu menggantikan komunikasi secara tatap muka. (Baca juga: Penerapan Komunikasi Daring)

Jaringan internet juga menjadi pendukung dalam komunikasi nirkabel. Internet yang mudah diakses oleh masyarakat ini memberikan keuntungan lebih banyak dalam berkomunikasi. Dengan adanya internet, masyarakat dapat menjangkau informasi dengan mudah, cepat, dan akurat.

Komunikasi nirkabel tidak hanya berupa internet dan handphone saja, tetapi komunikasi ini juga mencakup satelit, transfer data tanpa kabel seperti bluetooth, wifi, dan teknologi lain yang memanfaatkan gelombang elektromagnetik. Setiap alat nirkabel yang digunakan memiliki berbagai manfaat dalam kehidupan sehari-hari. Berikut ini merupakan beberapa manfaat dari komunikasi nirkabel:

  1. Aksesibilitas

Manfaat yang pertama dalam komunikasi nirkabel adalah aksesbilitas. Aksesbilitas adalah kemampuan dalam mengakses komunikasi di manapun. Artinya, komunikasi nirkabel menjangkau seluruh tempat atau wilayah untuk berkomunikasi dengan mudah.

Komunikasi nirkabel atau yang sering disebut dengan internet ini memberikan kemudahaan pada komunikator dan komunikan dalam proses komunikasi dari jarak yang jauh dan tempat yang berbeda. (Baca juga: Komponen Pendukung Komunikasi Daring)

  1. Konstan konektivitas

Konstan konektivitas adalah koneksi yang ada dalam komunikasi nirkabel bersifat konstan atau stabil. Komunikasi nirkabel yang konstan memudahkan seseorang berkomunikasi dengan baik di waktu yang terbatas.

Artinya, seorang komunikator akan dengan mudah memberikan informasi kepada komunikan di saat keadaan darurat. Hal ini karena komunikasi nirkabel mengandalkan alat-alat komunikasi yang tidak menggunakan kabel, sehingga koneksi tidak terpaku pada kabel yang disalurkan ke alat komunikasi. (Baca juga: Tujuan Komunikasi Daring)

  1. Fleksibilitas

Komunikasi nirkabel memiliki manfaat yang fleksibel dalam keadaan apapun. Komunikasi ini tidak bergantung pada tempat dan jarak antara komunikator dan komunikan. Hal ini memudahkan pengguna komunikasi nirkabel dalam menyampaikan pesan maupun menerima pesan. (Baca juga: Fungsi Komunikasi Daring)

Sponsors Link

  1. Efektivitas

Efektivitas yang dimaksud dalam manfaat komunikasi nirkabel ini adalah efektivitas biaya. Komunikasi nirkabel terbilang murah untuk semua orang yang menggunakannya karena komunikasi nirkabel tidak perlu menggunakan alat penyambung komunikasi seperti kabel. Komunikasi nirkabel hanya menggunakan fitur-fitur yang membutuhkan proses instalasi saja dalam alat komunikasi yang digunakan. (Baca juga: Jenis-jenis Komunikasi Daring)

  1. Kecepatan

Seseorang yang menggunakan komunikasi nirkabel lebih banyak memiliki manfaat dalam efektivitas waktu. Kecepatan merupakan salah satu manfaat dari komunikasi nirkabel. Kecepatan yang diperoleh dalam mengakses sebuah informasi ini lebih cepat dari komunikasi yang menggunakan kabel.

Jika komunikasi menggunakan kabel membutuhkan instalasi dengan penarikan kabel yang panjang, komunkasi nirkabel haya menggunakan instalasi pemasang berupa software melalui alat komunikasi yang dimiliki oleh komunikator maupun komunikan. (Baca juga: Jenis Metode Komunikasi Daring)

Sponsors Link

  1. Kenyamanan

Masyarakat yang telah menerapkan teknologi dalam kehidupan sehari-hari ini merasa nyaman atas kehadiran komunikasi nirkabel.

Komunikasi nirkabel yang memanfaatkan teknologi ini tidak mengharuskan seorang komunikator dan komunikan bertemu. Kenyamanan inilah yang menjadi manfaat dalam komunikasi nirkabel karena tidak semua orang memiliki banyak waktu untuk berkomunikasi secara tatap muka. (Baca juga: Jenis Komunikasi Daring Berdasarkan Metode Penyampaiannya)

  1. Mobilitas

Masyarakat dapat mengakses berbagai informasi yang ada melalui alat komunikasi yang canggih. Komunikasi nirkabel ini memberikan manfaat kepada masyarakat agar mudah dalam memperoleh informasi sepanjang hari. Mobilitas ini berpengaruh terhadap tingkat produktivitas dan kualitas seseorang terutama dalam dunia bisnis. (Baca juga: Kelebihan & Kekurangan Komunikasi Daring)

  1. Mencakup informasi luas

Komunikasi yang masih menggunakan kabel sebagai penghubung cenderung memiliki keterbatasan baik dari segi ruang dan waktu. Komunikasi nirkabel memudahkan seseorang dalam memperoleh informasi secara terus-menerus tanpa batas ruang dan waktu. Komunikasi nirkabel ini bermanfaat untuk memperoleh informasi secara luas di masyarakat domestik maupun internasional. (Baca juga: Tujuan Komunikasi Daring Sinkron)

Demikian penjelasan terkait apa saja manfaat komunikasi nirkabel.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Komunikasi Daring