Sponsors Link

8 Manfaat Komunikasi Daring Asinkron

Sponsors Link

Komunikasi merupakan suatu media yang digunakan manusia untuk membentuk suatu karakter melalui proses interaksi. Komunikasi yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari berupa komunikasi verbal dan komunikasi non verbal.

ads

Seiring dengan perkembangan teknologi, komunikasi dapat dilakukan dimana saja tanpa ada batasan ruang dan waktu. Komunikasi tersebut dapat dilakukan dengan memanfaatkan teknologi modern, yaitu jaringan internet atau dikenal dengan istilah daring. (Baca juga: Cara Menerapkan Tata Krama dalam Komunikasi Asinkron)

Komunikasi daring terdiri atas dua bentuk, yaitu komunikasi daring sinkron dan komunikasi daring asinkron. Komunikasi daring sinkron merupakan komunikasi secara langsung dengan menggunakan media seperti komputer, telepon, dan perangkat komunikasi lainnya. Sedangkan komunikasi daring asinkron merupakan komunikasi secara tunda melalui jaringan internet dan perangkat komputer. Pembahasan kali ini berkaitan dengan komunikasi daring asinkron. (Baca juga: Contoh Tipe Komunikasi Asinkron)

Berikut ini merupakan manfaat dari komunikasi daring asinkron:

  1. Fleksibel

Seorang yang menggunakan teknologi dalam berkomunikasi akan masuk ke dalam golongan komunikasi daring. Komunikasi daring asinkron ini memiliki manfaat diantaranya adalah fleksibel. Artinya, komunikasi daring asinkron ini fleksibel untuk mengakses berbagai informasi.

Proses komunikasi dalam komunikasi daring asinkron ini cenderung lebih mudah digunakan dimana saja dan kapan saja. Hal ini sangat menguntungkan penggunanya. Komunikasi daring asinkron ini juga memudahkan seseorang yang terpisah ruang dan waktu untuk berkomunikasi tanpa harus bertemu atau bertatap muka. (Baca juga: Tata Krama Komunikasi Sinkron)

  1. Ekonomis

Jika seorang komunikator berada pada negara yang berbeda dengan seorang komunikan maka hal yang perlu dilakukan untuk tetap menjaga komunikasi adalah dengan menggunakan biaya yang cukup mahal agar dapat bertemu. Berbeda dengan teknologi yang modern saat ini, komunikasi lebih mudah dan tidak mengeluarkan biaya mahal alias ekonomis. Komunikasi daring asinkron menjadi sebuah solusi untuk dua orang yang memiliki keterbatasan pada ruang dan waktu.

Penggunaan jaringan internet berbeda dengan penggunaan telepon selular apabila kita berada dalam jarak yang berbeda. Telepon selular cenderung lebih mahal karena perbedaan wilayah dan jarak. Sedangkan komunikasi daring asinkron yang menggunakan media internet ini terbilang ekonomis dan mudah diakses oleh penggunanya. (Baca juga: Tujuan Komunikasi Daring Sinkron)

  1. Efisien waktu

Penggunaan media daring sebagai komunikasi ini mudahkan seseorang dalam me-manage waktu dengan baik. Komunikasi daring asinkron ini bermanfaat untuk mengefisiensikan waktu para penggunanya. Komunikasi daring ini tidak perlu menggunakan waktu yang cukup lama untuk menyampaikan atau menerima informasi dari seseorang.

Media komunikasi daring ini menyediakan berbagai fitur atau aplikasi untuk memudahkan penggunanya dalam meminimalisir waktu tanpa menghilangkan komunikasi yang efektif. Efisien waktu ini memberikan dampak positif dalam interkasi manusia di kehidupan masyarakat. (Baca juga: Penerapan Komunikasi Daring)

  1. Pengolahan pesan mudah

Komunikasi daring asinkron ini memudahkan seseorang dalam mengolah dan mengatur pesan atau informasi yang diterima maupun dikirim pada suatu perangkat. Selain itu, informasi yang diterima atau dikirim dapat disimpan dengan baik. Sebuah perusahaan menggunakan media komunikasi daring asinkron untuk menyimpan berbagai data penting. Hal ini memudahkan perusahaan untuk mengaksesnya apabila diperlukan dalam kegiatan kerja. (Baca juga: Tujuan Komunikasi Daring)

Sponsors Link

  1. Meningkatkan keamanan data

Komunikasi daring asinkron memiliki manfaat untuk meningkatkan keamanan data. Komunikasi daring asinkron yang bersifat tunda ini mempunyai pengaruh besar terhadap keamanan data. Data yang dikirim dan diterima dapat disimpan melalui internet yang terhubungan dengan perangkatnya.

Selain itu, keamanan data juga dapat terjaga karena adanya keamanan data yang terhubung kepada pengawasan informasi pemerintahan. Data-data yang penting termasuk data-data kenegaraan juga bisa disimpan melalui komunikasi daring asinkron dan kerahasiaannya tetap terjaga. (Baca juga: Jenis-jenis Komunikasi Daring)

  1. Pengiriman informasi dengan jumlah besar

Komunikasi daring asinkron biasa digunakan dalam perusahaan. Hal ini karena media komunikasi daring asinkron berperan sebagai sentral komunikasi perusahaan. Perusahaan akan mengirim atau menerima data dengan jumlah yang besar. Oleh karena itu, komunikasi daring asinkron bermanfaat untuk memudahkan proses penyebaran informasi tersebut ke berbagai pihak.

Perusahaan memilih komunikasi daring asinkron karena mudah dan efisien dalam segala hal terlebih lagi dalam urusan keuangan dan waktu. Perusahaan akan memberikan informasi dengan waktu yang singkat dan cepat kepada berbagai pihak. (Baca juga: Komponen Pendukung Komunikasi Daring)

Sponsors Link

  1. Menyalurkan kreativitas

Internet yang menyajikan berbagai konten tentu membuat masyarakat untuk meningkatkan kreativitasnya. Komunikasi daring asinkron menyedikan blog atau website untuk memudahkan seseorang mengungkapkan atau mengekspresikan dirinya melalui bentuk tulisan maupun gambar atau video.

Manfaat komunikasi daring asinkron ini semakin dirasakan oleh remaja yang mulai mengekspresikan kreativitasnya dalam bentuk cerita, puisi, pantun, dan penulisan lainnya di media seperti blog. Saat ini banyak remaja yang menyampaikan isi hatinya melalui tulisan yang kemudian bisa disimpan untuk dibaca sendiri atau tulisan tersebut dapat dipublikasikan untuk dibaca oleh masyarakat luas. (Baca juga: Fungsi Komunikasi Daring)

  1. Memotivasi seseorang

Adanya website, blog, media sosial, dan bentuk komunikasi daring asinkron lainnya ini membuat masyarakat termotivasi untuk menyalurkan bakatnya. Orang yang gemar menulis akan membuat sebuah blog mengenai beberapa tema penulisan yang mereka suka. Komunikasi daring asinkron ini memfasilitasi masyarakat agar terus memotivasi dirinya dalam menuangkan ide-ide kreatifnya. (Baca juga: Kelebihan & Kekurangan Komunikasi Daring)

Demikian manfaat komunikasi daring Asikron yang termasuk dalam komunikasi dalam jaringan.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Komunikasi Daring