Sponsors Link

Jenis- jenis Komunikasi Daring Asinkron

Sponsors Link

Teknologi tidak dapat dipungkiri menjadi salah satu super power di dunia. Teknologi dapat memudahkan seseorang dalam menyelesaikan berbagai kegiatan termasuk proses interkasi dalam masyarakat. Teknologi yang modern sudah banyak dirasakan oleh masyarakat di era globalisasi ini.

ads

Komunikasi merupakan salah satu unsur yang selalu bersinggungan dengan kehidupan manusia. Komunikasi menjadi bukti bahwa manusia merupakan makhluk sosial yang tidak dapat hidup tanpa bantuan makhluk lainnya. Oleh karena itu, manusia membutuhkan proses interkasi dalam bermasyarakat. (Baca juga: Cara Menerapkan Tata Krama dalam Komunikasi Asinkron)

Proses interkasi didasari pada komunikasi antar individu dengan individu lainnya. Komunikasi adalah proses penyampaian dan penerimaan pesan yang dilakukan oleh seorang komunikator dan komunikan. Komunikasi dapat berjalan dengan lancar apabila didukung oleh berbagai komponen diantaranya adalah seorang komunikator, pesan, media, seorang komunikan, umpan balik, dan efek. (Baca juga: Contoh Tipe Komunikasi Asinkron)

Seiring dengan perkembangan teknologi, komunikasi pun mengikuti perubahan teknologi yang berinovasi dengan membuat media komunikasi yang lebih canggih. Adanya permintaan masyarakat yang ingin mudah dalam mengakses informasi ini berdampak pada media komunikasi.

Oleh karena itu, media dalam komunikasi menciptakan internet. Proses komunikasi yang dilakukan dengan menggunakan teknologi berupa jaringan internet atau dunia maya disebut dengan komunikasi daring. (Baca juga: Penerapan Komunikasi Daring)

Komunikasi daring terdiri atas dua bentuk, yaitu komunikasi daring sinkron dan komunikasi daring asinkron. Komunikasi daring sinkron merupakan proses komunikasi yang memanfaatkan jaringan internet secara langsung melalui perangkat komunikasi seperti komputer, smartphone, dan perangkat lainnya. Sedangkan komunikasi daring asinkron merupakan komunikasi yang menggunakan jaringan internet secara tunda. Komunikasi daring asinkron menjadi topik utama dalam pembahasan kali ini. (Baca juga: Jenis-jenis Komunikasi Daring)

Adapun jenis komunikasi daring asinkron adalah sebagai berikut:

  1. E-mail

E-mail merupakan salah satu jenis komunikasi daring asinkron. E-mail menjadi elemen utama untuk memasuki dunia maya karena e-mail merupakan sebuah identitas pribadi seseorang. Setiap pembuatan akun atau aplikasi pasti diminta e-mail pengguna terlebih dahulu. E-mail digunakan untuk mengirim atau menerima data baik dalam bentuk teks, video, gambar, file, audio, dan lain sebagainya dalam bentuk digital. (Baca juga: Komponen Pendukung Komunikasi Daring)

Hubungan e-mail dengan komunikasi daring asinkron adalah e-mail bersifat tunda. Artinya, ketika komunikator sedang mengirimkan pesan melalui e-mail kepada komunikan maka pesan akan segera masuk ke e-mail komunikan walaupun komunikan tidak sedang online. Hal ini memberikan kesimpulan bahwa komunikasi daring asinkron pada e-mail dapat terkirim dan diterima ketika para pelaku komunikasi tidak saling online.

Manfaat dari e-mail itu sendiri adalah dapat mengirimkan pesan langsung kepada seorang yang dituju, sehingga kemungkinan dalam kesalahan relatif sedikit. Kemudian e-mail memiliki fasilitas yang lebih lengkap untuk menirim data dengan jumlah banyak dan beraneka jenis data. Masyarakat banyak yang menggunakan e-mail karena fleksibel serta efisien dan dapat diakses secara gratis. (Baca juga: Fungsi Komunikasi Daring)

Sponsors Link

  1. Forum chat

Forum chat ini sama dengan chat dalam suatu grup di dunia maya baik dari aplikasi chat sampai komunitas chat di website. Forum chat yang sering kita kenal biasanya terdapat pada beberapa aplikasi chat di smartphone seperti whatsapp, line, bbm, dan lain sebagainya. Forum chat merupakan jenis dari komunikasi daring asinkron karena memiliki sifat tunda. (Baca juga: Kelebihan & Kekurangan Komunikasi Daring)

Seorang yang menggunakan forum chat akan dapat menerima pesan secara tidak langsung atau tertunda apabila perangkat yang komunikan gunakan sedang dalam keadaan offline. Tetapi keadaan offline ini tidak berpengaruh terhadap proses komunikasi daring. Hanya saja informasi yang disampaikan tidak mendapat respon atau umpan balik yang cepat dari komunikan.

Forum chat dapat dilakukan di media sosial misalnya pada facebook, instagram, twitter, path, dan lain sebagainya. Forum chat seringkali digunakan oleh komunitas melalui grup di aplikasi smartphone seperti whatsapp. Orang yang mengirim chat harus online untuk menyebarkan informasinya, tetapi komunikan yang menerima pesan tidak perlu khawatir ketika berstatus offline karena pesan akan tetap masuk tetapi tidak dapat diakses saja. (Baca juga: Tujuan Komunikasi Daring)

  1. Blog

Blog atau web log adalah bentuk web yang berisi tulisan-tulisan pada sebuah halaman web. Blog sering digunakan oleh seorang yang hobi menulis. Blog berfungsi untuk menyalurkan ide dan kreativitas seseorang dalam bentuk tulisan. Selain itu, blog juga sering digunakan untuk urusan perusahaan yang terbilang baru. Blog dapat diakses secara gratis untuk setiap orang. (Baca juga: Tata Krama Komunikasi Sinkron)

Adapun kaitannya blog dengan komunikasi daring asinkron adalah blog yang berisi tulisan dapat disimpan dan dipublikasikan kepada orang lain, tetapi tidak serempak. Artinya, orang yang menulis di blog akan mendapat respon yang tertunda dari publik yang dapat mengakses blog tersebut. Blog menyediakan kolom komentar agar publik dapat menanggapi tulisan yang ada di blog tersebut.

Selain itu, blog juga memiliki manfaat lain seperti sebagai media pembelajaran, media penyalur, media informasi, dan lain sebagainya. Blog ini dapat bersifat pribadi atau umum tergantung dari pemilik blog tersebut. Blog dinilai sebagai diary digital di kalangan masyarakat. (Baca juga: Tujuan Komunikasi Daring Sinkron)

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Komunikasi Daring