Sponsors Link

Jenis-Jenis Budaya Teknologi Dalam New Media dan Kelebihannya

Sponsors Link

New media adalah salah satu istilah yang menunjukkan berbagai kemajuan teknologi dalam bidang media komunikasi. New media hadir sebagai produk baru di akhir abad 20. New media kini membuat komunikasi menjadi lebih mudah dan efisien. Terdapat beberapa jenis budaya teknologi dalam new media yang semakin banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Adapun jenis-jenis budaya teknologi dalam new media adalah sebagai berikut:

ads

1. Komputer

Komputer merupakan salah satu media baru yang kini telah tersebar dan banyak digunakan di berbagai negara. Komputer ditemukan pertama kali oleh Charles Babbage. Berawal dari mesin hitung sederhana, konsep dasar dari Babbage ini terus dikembangkan hingga menjadi komputer seperti sekarang ini.

Baca juga:

Komputer memiliki banyak fungsi sebagai salah satu media komunikasi. Komputer mampu membuat ketikan, panggilan, bahkan video call. Kini komputer juga hadir dalam berbagai jenis, seperti PC, laptop, notebook, dan netbook. Semua jenis komputer tersebut juga mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing.

2. Ponsel

Ponsel bukan lagi hal yang asing dalam kehidupan kita, bahkan ponsel menjadi salah satu kebutuhan penting yang tidak bisa ditinggal begitu saja. Ponsel yang berawal dari telepon ini membuat hubungan komunikasi menjadi semakin mudah. 

Jika dulu hanya bisa bertelepon dari rumah saja atau wartel, kini semua orang yang memiliki ponsel bisa menelepon dari mana saja, bahkan dari dalam hutan sekalipun selama masih ada sinyal. Bentuknya yang lebih kecil dan mudah disimpan dalam saku inilah yang membuatnya jauh lebih praktis. Tak hanya itu saja, ponsel kini juga mempunyai banyak fungsi. Jenis ponsel yang mempunyai banyak fungsi ini disebut smartphone.

Baca Juga :

Smartphone tak hanya memudahkan orang untuk melakukan panggilan telepon atau mengirim pesan saja, tapi juga banyak fitur canggih lainnya seperti kamera, pemutar musik, permainan, peta, dan masih banyak lainnya.

3. Internet

Jenis-jenis budaya teknologi dalam new media lainnya adalah internet. Saat ini, penggunaan internet seolah tidak pernah mati sedetik pun. Di seluruh dunia, internet menjadi salah satu media komunikasi paling aktif dan paling banyak penggunanya. 


Kehadiran internet memberikan banyak sekali manfaat dalam kehidupan manusia. Internet  yang ditemukan oleh Leonard Kleinrock yang dikenal sebagai bapak internet. Ia berhasil menemukan cara saling terhubung dengan cepat melalui komputer hingga akhirnya muncullah internet. 

Baca juga :

Kemunculan internet membuat gebrakan baru dalam komunikasi sehingga memungkinkan untuk melakukan komunikasi dalam jarak yang sangat jauh sekalipun hanya dalam hitungan detik.

4. Media sosial

Media sosial adalah salah satu bagian kecil dari internet yang juga memberikan banyak pengaruh dalam dunia komunikasi. Media sosial adalah wadah komunikasi beberapa kelompok orang yang memungkinkan untuk saling terhubung dalam grup komunikasi tersebut. 


Beberapa media sosial yang semakin populer adalah twitter, instagram, facebook, snapchat, whatsapp, dan masih banyak lainnya. Media sosial tak hanya berfungsi untuk mengirimkan pesan, tapi juga gambar dan video.

Ketenaran media sosial kini juga menjadi alat ekpresi diri sehingga banyak orang mengupload berbagai macam foto yang menunjukkan identitas dan karakter diri mereka masing-masing.

Baca juga:

Berkat kecanggihan new media yang semakin mutakhir ini, komunikasi jadi semakin mudah dilakukan. Banyak kelebihan lain yang bisa didapatkan dari berbagai jenis new media ini, diantaranya adalah sebagai berikut:

 1. Memberi informasi dengan cepat

Tidak ada media komunikasi lain yang mampu memberikan informasi dengan cepat seperti new media. Media komunikasi dari new media ini mampu memberikan informasi hanya dalam hitungan detik, bahkan langsung saat itu juga. 

Kecepatan dalam memberikan informasi ini tentunya sangat bermanfaat karena kita tidak perlu menunggu lama untuk mengetahui suatu informasi. Terutama dalam hal yang sangat genting atau bahkan menyangkut nyawa seseorang. 

2. Lebih hemat

Kemudahan lain yang didapatkan dari new media adalah lebih hemat. Penggunaan new media jauh lebih hemat ketimbang media lain seperti mengirim surat. Bahkan hanya dengan biaya yang rendah, kita dapat mengirimkan pesan dan gambar yang jumlahnya sangat banyak.

3. Lebih efisien

New media juga mengurangi penggunaan kertas dan tinta yang merepotkan. Tidak ada lagi tumpukan berkas di atas meja ketika new media sudah diaplikasikan dengan baik. Kamu bisa menyimpan banyak file dalam internet dalam hitungan detik tanpa mengotori mejamu. Hebatnya lagi, kamu bisa mendapatkan kembali file tersebut dimana saja dan kapan saja selama ada internet. Bahkan jika file tersebut telah berusia puluhan atau ratusan tahun lalu.

4. Lebih akurat

New media juga memungkinkan seseorang untuk mendapatkan informasi dengan lebih akurat dan tepat. Banyaknya sumber informasi akan memudahkan seseorang untuk mengetahui informasi yang tepat dengan mengklarifikasinya dengan sumber informasi lain.

Meskipun mempunyai banyak manfaat dalam komunikasi, new media juga seringkali disalahgunakan sehingga justru mengakibatkan kerugian. Media baru yang super ini mampu membunuh karakter seseorang, melakukan penipuan, menyebarluaskan informasi palsu, bahkan dapat menyebabkan kericuhan di dunia nyata. 

Namun apapun medianya, hendaknya digunakan dengan sebaik mungkin untuk kepentingan yang baik pula. Demikianlah artikel tentang jenis-jenis budaya teknologi dalam new media. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua. Terima kasih.

 

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Komunikasi digital