Sponsors Link

6 Pengaruh Pesan Iklan terhadap Brand Awareness

Sponsors Link

Periklanan merupakan salah satu bentuk media dan strategi komunikasi pemasaran global terhadap produk maupun jasa kepada publik. Secara langsung maupun tidak langsung, sebenarnya iklan memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap keberhasilan pemasaran maupun promosi yang dilakukan. Tidak terkecuali juga berpengaruh terhadap brand awareness atau kesadaran merek. Lantas apa saja pengaruh iklan terhadap brand awarness secara umum? Berikut beberapa pengaruh pesan iklan terhadap brand awarness yang wajib diketahui.

ads

Iklan dan Brand Awareness

Hubungan antara iklan dan brand awareness memang erat kaitannya karena berpengaruh satu sama lain. Namun sebelum membahas mengenai pengaruh terpaan iklan terhadap brand awareness, perlu diketahui terlebih dahulu apa yang sebenarnya disebut sebagai iklan dan apa itu brand awareness.

Iklan sendiri merupakan suatu kegiatan promosi yang dilakukan untuk mempengaruhi atau mengarahkan pikiran orang lain dengan tujuan periklanan dan media tertentu, dimana berhubungan dengan promosi ide, barang, maupun jasa. Didalam suatu iklan, akan terdapat suatu pesan iklan dimana harus disesuaikan dengan target maupun sasaran yang dituju. Sasarannya sendiri biasanya merupakan sekelompok orang yang memiliki kepentingan terhadap ide, barang, maupun jasa yang ditawarkan dan memiliki kemungkinan untuk membeli, atau juga disebut sebagai pembeli potensial.

Sedangkan brand awareness merupakan suatu kesadaran merek dimana menjadi suatu titik awal dari pembangunan maupun perkembangan suatu merek produk maupun jasa yang akan ditawarkan melalui iklan. Dapat dikatakan bahwa brand awareness merupakan ukuran kekuatan eksistensi dari satu merek yang ada di benak maupun ingatan pelanggan. Secara umum dapat disimpulkan bahwa brand awareness merupakan kapasitas dari pelanggan maupun konsumen untuk mengenal dan mengingat merek produk yang akan dibeli dimana juga memiliki hubungan dengan kelas produk.

Pengaruh Pesan Iklan Terhadap Brand Awareness

Dari penjelasan diatas dapat diketahui bahwa untuk meningkatkan suatu brand awareness diperlukan suatu promosi yang sesuai, dimana hal tersebut dapat dilakukan dengan adanya iklan dan pesan iklan yang terdapat didalamnya sebagai fungsi iklan bagi pemasaran. Oleh sebab itu, pesan iklan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap brand awareness. Beberapa pengaruh tersebut diantaranya adalah:

1. Tingkat kesadaran merek

Pengaruh yang pertama dapat dilihat adalah dari tingkat kesadaran merek itu sendiri. Pesan iklan secara tidak langsung dapat meningkatkan tingkat kesadaran merek bagi para konsumen. Hal ini disebabkan karena dari pesan iklan yang disampaikan, konsumen dapat lebih mengetahui mengenai merek produk maupun informasi terkait dengan produk dan jasa yang ditawarkan. Semakin menarik pesan iklan yang disampaikan maka semakin tinggi pula kesadaran merek dari konsumen akan didapatkan.

2. Level atau tingkatan merek

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bahwa brand awareness akan menentukan juga level atau tingkatan merek suatu produk dan jasa. Pesan iklan yang dapat meningkatkan kesadaran merek maka dapat menempatkan merek yang bersangkutan pada tingkat yang lebih tinggi dari merek yang lainnya. Sehingga nantinya akan menempatkan merek produk tersebut sebagai “top of mind” atau yang akan paling banyak dipikirkan.

3. Eksistensi merek

Secara tidak langsung, pesan iklan juga berpengaruh terhadap eksistensi merek. Bagi merek yang tidak memiliki cukup menarik dan berkembang terhadap pesan iklan yang disampaikan, maka tidak menutup merek tersebut juga akan mudah dilupakan. Oleh sebab itu, seberapa menarik pesan iklan yang disampaikan akan berpengaruh pula terhadap seberapa lama merek tersebut akan diingat oleh para konsumen.

4. Keputusan konsumen

Pengaruh selanjutnya yang tidak dapat ditinggalkan adalah pengaruhnya terhadap keputusan konsumen. Ketika pesan iklan berpengaruh terhadap kesadaran merek bagi konsumen, maka nantinya akan berpengaruh juga pada keputusan konsumen untuk membeli dan bahkan juga dapat merekomendasikan merek tersebut pada lingkungan sekitarnya.

5. Kepuasan konsumen

Pesan iklan juga akan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen terhadap brand awareness yang didapatkan. Apabila produk atau pun jasa yang dipromosikan tidak sesuai dengan kenyataan maka akan menurunkan tingkat kepuasan konsumen. Dimana nantinya akan berpengaruh pada brand awareness dan juga eksistensi dari merek yang bersangkutan. Oleh sebab itu, pesan iklan harus dipasang semenarik dan seinformatif mungkin sesuai dengan produk maupun jasa yang ditawarkan.

6. Persepsi konsumen

Pengaruh yang terakhir adalah terhadap persepsi konsumen. Ketika pesan iklan diterima oleh konsumen, maka akan mengarahkan ide maupun pemikiran konsumen terhadap produk atau jasa yang ditawarkan. Hal tersebut akan mengerahkan persepsi konsumen terhadap produk dan jasa yang bersangkutan dan akan berpengaruh terhadap keputusan konsumen nantinya. Oleh sebab itu fungsi opini dalam iklan menjadi komponen yang penting pula dalam brand awareness.

Itulah dia beberapa pengaruh pesan iklan terhadap brand awareness secara umu, semoga informasi diatas dapat bermanfaat.

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Media Komunikasi