Sponsors Link

6 Pengaruh Sistem Politik terhadap Sistem Komunikasi Indonesia

Sponsors Link

Sistem politik dan sistem komunikasi merupakan dua aspek yang sering dikaitkan satu sama lain. Hal ini disebabkan karena keduanya memiliki hubungan yang erat dan berpengaruh satu sama lain Dimana suatu sistem akan mengandung unsur-unsur yang beragam dan akan saling berinteraksi. Tidak terkecuali juga yang berlaku di Indonesia. Sebagai suatu negara, Indonesia pastinya memiliki sistem politik yang berpengaruh terhadap jalannya sistem-sistem lainnya termasuk sistem komunikasi. Dalam kesempatan kali ini akan dibahas mengenai pengaruh sistem politik terhadap sistem komunikasi Indonesia. Apa saja pengaruh tersebut? berikut ulasan lengkapnya.

ads

Sistem Politik dan Sistem Komunikasi Indonesia

Sebelum membahas mengenai pengaruh diantara sistem politik dan sistem komunikasi, perlu untuk dipahami terlebih dahulu hubungan dan juga pengertian dari kedua sistem tersebut. Secara umum sistem politik diartikan sebagai suatu interaksi antara pemerintah dan masyarakat dalam proses pembuatan dan pengambilan kebijakan yang berkaitan dengan pencapaian tujuan suatu negara. Didalam suatu sistem politik juga terdapat unsur-unsur dan juga struktur politik yang akan saling berinteraksi satu sama lain. Dalam hal tersebut sistem komunikasi juga dibutuhkan agar suatu sistem politik dapat berjalan dengan semestinya, sebagai contoh seperti adanya komunikasi politik.

Sedangkan sistem komunikasi Indonesia diartikan sebagai suatu satu kesatuan atau susunan kompleks dari unsur-unsur didalam lingkup negara Indonesia. Dimana unsur-unsur tersebut tidak dapat dipisahkan dan akan mengikat satu sama lain, diantaranya adalah kondisi politik sosial, dan juga kondisi budaya Indonesia. Oleh sebab itulah, suatu sistem komunikasi yang dianut setiap negara akan berbeda-beda bergantung kepada kondisi didalam negara itu sendiri.

Sistem komunikasi menjadi salah satu unsur sistem politik, dan sistem politik juga menjadi salah satu unsur komunikasi menjadikan keduanya saling berpengaruh satu sama lain dan memiliki ikatan yang erat. Lantas apa saja pengaruh sistem politik terhadap sistem komunikasi Indonesia tersebut? Berikut beberapa penjelasannya.

Pengaruh Sistem Politik dan Sistem Komunikasi Indonesia

Sesuai dengan yang telah dijelaskan diatas, bahwa sistem politik memiliki pengaruh yang kuat terhadap sistem komunikasi Indonesia. Dimana disebabkan karena keduanya berhubungan erat satu sama lain. Berikut beberapa pengaruh diantaranya:

1. Pola komunikasi

Pengaruh yang pertama dapat dilihat dari pola sistem komunikasi yang berlangsung. Suatu sistem politik akan sangat berpengaruh terhadap pola komunikasi, dimana sebagai contoh di Indonesia yang lebih mengarah pada sistem politik demokrasi menjadikan sistem komunikasi yang berjalan lebih terbuka dan bebas dibandingkan dengan negara yang menganut sistem totaliter dimana pola komunikasi akan lebih tertutup dan dibatasi.

2. Ruang lingkup sistem komunikasi

Pengaruh yang kedua adalah pada ruang lingkup sistem komunikasi. Hal ini juga berkaitan dengan kultur yang ada dalam masyarakat. Ruang lingkup sistem komunikasi sendiri sangatlah luas, namun hal tersebut akan dibatasi juga oleh sistem politik yang berlaku. Dimana sistem komunikasi menjadi jembatan proses interaksi sosial maupun interaksi antara pemerintah dengan masyarakatnya.

3. Media komunikasi

Media komunikasi juga akan menjadi hal yang terpengaruh oleh sistem politik terhadap sistem komunikasi Indonesia. Hal ini juga dapat dilihat dari negara demokrasi yang tidak membatasi media komunikasi, sedangkan negara totaliter cenderung lebih membatasi media komunikasi yang berjalan di negaranya. Kondisi tersebut akan berpengaruh juga terhadap fungsi media komunikasi itu sendiri.

4. Kebebasan berbicara

Dibatasinya suatu media komunikasi dan juga pola komunikasi yang berlangsung, akan berpengaruh juga pada ada atau tidaknya kebebasan berbicara. Dimana kebebasan berbicara juga merupakan salah satu bagian dari sistem komunikasi Indonesia. Ketika pola komunikasi tertutup dan media dibatasi, maka masyarakat akan cenderung menjadi pasif dan tidak mendapatkan kebebasan berbicara. Berlainan dengan pola komunikasi terbuka dan media yang tidak dibatasi, maka masyarakat akan mendapatkan kebebasan berbicara dan bebas memberikan pendapat terhadap sistem politik yang berlaku.

5. Fungsi komunikasi  

Masih berkaitan dengan kebebasan berbicara, sistem politik yang mempengaruhi sistem komunikasi Indonesia juga akan berpengaruh kepada berlangsungnya fungsi komunikasi itu sendiri, termasuk fungsi komunikasi dalam proses politik. Dimana fungsi komunikasi sebagai salah satu media atau jembatan interaksi akan terhambat ketika kebebasan berbicara tidak ada, maupun sistem politik yang berlaku menutup jalur komunikasi. Oleh sebab itu, sistem komunikasi tidak dapat menjalankan fungsi komunikasi dengan semestinya.

6. Tujuan komunikasi

Pengaruh yang terakhir adalah kepada tujuan komunikasi itu sendiri, dimana ketika fungsi komunikasi tidak dapat berjalan dengan benar maka tujuan komunikasi juga tidak dapat tercapai. Oleh sebab itu, dapat dikatakan juga bahwa sistem politik akan berpengaruh kepada tujuan sistem komunikasi Indonesia itu sendiri.

Itulah dia beberapa penjelasan mengenai pengaruh sistem politik terhadap sistem komunikasi Indonesia. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat.

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Komunikasi Politik