Sponsors Link

10 Pengaruh Bahasa Tubuh Dalam Komunikasi Sehari hari

Sponsors Link

Bahasa tubuh adalah komunikasi nonverbal (tanpa kata-kata). Bahasa tubuh merupakan proses pertukaran pikiran dan gagasan di mana pesan yang disampaikan dapat berupa isyarat, ekspresi wajah, pandangan mata, sentuhan, artifak (lambang yang digunakan), diam, waktu, suara, serta postur dan gerakan tubuh. Bahasa tubuh dipercayai sangat penting dalam melancarkan atau menghambat efektifitas komunikasi. Bahasa tubuh sebagai pengertian komunikasi nonverbal menurut para ahli  menurut Sigmund Freud  Tidak ada manusia yang bisa menyimpan rahasia bila bibirnya diam, Ia akan berceloteh dengan ujung jarinya. Rahasia terbersit dari seluruh pori-pori kulitnya sebagai elemen elemen komunikasi .

ads

Jika kita melakukan komunikasi, tentu ada 3 hal yang yang terjadi yaitu kata-kata yang kita ucapkan, bahasa tubuh, dan cara pengucapan kita. Idealnya jika kita melakukan komunikasi, apa yang kita diucapkan harus didukung dengan gerak tubuh dan kata-kata juga didukung oleh bahasa tubuh sehingga apa yang kita komunikasikan tersampaikan sesuai harapan dan lebih memudahkan dimengerti serta memiliki kesan tersendiri terhadap pendengar atau lawan bicara sebagaimana dalam perbedaan komunikasi nonverbal .Hal ini juga merupakan upaya untuk dapat menjadikan komunikasi berlangsung lebih efektif.

Penggunaan bahasa tubuh dalam berkomunikasi merupakan cara penekanan ekspresi pesan yang akan disampaikan. Hal ini penting untuk menghindari terjadinya distorsi informasi seperti dalam pengaruh iklan dalam komunikasi politik . Saat berkomunikasi dengan menggunakan bahasa tubuh akan memperjelas bahasa ujaran dan sekaligus akan menghasilkan dampak positif yang mungkin tidak diduga. Tentunya hal ini merupakan bagian dri fungsi pelengkap bahasa tubuh dalam kemunikasi sehari-hari sebagaimana pengaruh status sosial dalam komunikasi . Berikut 10 Pengaruh Bahasa Tubuh Dalam Komunikasi sehari hari.

  1. Penyampaian Sikap

bahasa tubuh sangatlah berpengaruh dalam berkomunikasi karena kata-kata dalam komunikasi berfungsi sebagai informasi, maka bahasa tubuh berfungsi  sebagai bentuk penyampaian sikap. Ketika berkomunikasi dengan menggunakan bahasa ujaran (verbal communication) orang acap menggunakan bantuan gerak-gerik anggota tubuh [seperti mata, tangan, kepala, dll). Kemampuan memanfaatkan anggota tubuh merupakan aset komunikasi dan bukan sekedar tampilan fisik. Jika digunakan secara tepat dan benar akan menimbulkan rasa tenteram (bagi diri sendiri atau pendengar), memperjelas bahasa ujaran dan sekaligus akan menghasilkan dampak positif yang mungkin tidak diduga. Sebagai contoh, cara berdiri, bergerak, menatap, dan tersenyum yang dimanipulasikan sedemikian rupa akan memberi nuansa komunikatif terhadap penampilan kata-kata.

2. Penyampaian Perasaan

Tanpa perlu berkata kata dengan sebuah gerakan bibir atau senyuman saja tentu sudah dapat menagskan perasaan anda. oleh sebab itu maka, bahasa tubuh seperti senyum Ini akan menimbulkan keyakinan pada  diri  sendiri  dan rasa akrab bagi pendengar. Selalu tersenyum sambil menceritakan suatu  anekdot  atau humor yang terkait dengan bahan pembicaraan akan  membuat  pende­ngar  benar-benar  menikmati  humor dan anekdot tersebut [paling tidak untuk sopan santun, mereka akan turut tertawa juga] sebagaimana teknik negosiasi dalam komunikasi bisnis . Dan ini penting buat pembicara.  Sebab, jika humor tidak bersambut akan mengakibatkan hilang kontrol dan  percaya diri pembicara juga akan hilang.

Sponsors Link

3. Luapan Emosi

Kondisi kejiwaan seseorang bisa tersamarkan dengan kata-kata. Tetapi ia tidak bisa menyembunyikan gesture tubuhnya. Memahami bahasa tubuh penting bagi Stars people agar dapat menakar kadar emosi seseorang melalui ekspresi wajah dan tubuhnya. Dengan memahami kadar emosi seseorang, Stars people bisa melakukan langkah bijak saat berkomunikasi dengannya.

4. Menyempurnakan Komunikasi 

perpaduan anatara komunikasi verbal dan bahasa tubuh dapat menjadikan komunikasi sempurna ditambah dengan gaya bahasa dan pengucapan yang sesuai isi komunikasi itu sendiri. Menurut David Cohen, seorang penulis,  bahasa tubuh mampu menyingkapkan topeng-topeng yang kita pakai dan hal itu merupakan “isyarat yang bocor.”  Isyarat yang sebenarnya tidak ingin kita berikan namun tidak dapat terkontrol dan terlepas dengan sendirinya.

5. Memperjelas Pesan

penggunaan bahasa tubuh juga merupakan sebuah upaya untuk semakin memperjelas isi pesan. Sebab Pada dasarnya tidak semua pesan yang disampaikan melaui kata kata akan mudah di[ahami dan dimnegerti. Sebaliknya penggunaan bahasa tubuh akan bisa memberikan pemahaman yang lebih dalam komunikasi. Misalnya mengeelengkan kepala, menundukkan kepada dan lain sebagainya sebagai bagian dari contoh komunikasi data .

6. Menegaskan isi Pesan

Untuk dapat menegaskan isi pesan kita tidak perlu mengatakannya dengan lantang atau intonasi tinggi, sebb salah salah hal tersebut malah akan menyebabkan lawan bicara menjadi tersinggung. Cara yang paling efektif dan efisien adalah dengan menggunakan bahasa tubuh yang salah satu fungsinya adalah dapat menegaskan isi pesan.  Misalnya gerakan meletakkan jari ke bibir yang mendakan isyarat untuk diam, tentu tanpa harus berkata lawan biscara akan bisa menangkap isi pesan ini.

7. Menghindari Kesalahpahaman

Ada banyak pembicaraan yang tidak tersampaikan dengan baik maksudnya. Agar tidak terjadi miss communication, sebaiknya Stars people belajar memahami bahasa tubuh dengan baik. Penggunaan body language yang benar akan mendukung tersampaikannya pesan dengan lebih tepat dan akurat sebagaimana pentingnya komunikasi dalam keluarga kristen .

Sponsors Link

8. Mengetahui Kebosanan

Seorang komunikator verbal biasanya sangat suka untuk berbicara dengan siapa saja dan di mana saja. Dengan memahami body language secara detil, Stars people dapat mengetahui jika lawan bicara sedang bosan dan tidak ingin mendengarkan atau tidak suka dengan topik pembicaran dengan membuat batasan melalui ungkapan bahasa tubuhnya.

9. Mendeteksi Kebohongan

Sepandai apapun seseorang berkomunikasi secara verbal, ia tidak dapat menyembunyikan bahasa tubuhnya pada saat berbohong. Tatapan mata, ekspresi wajah, bahkan gerak tangan dan tubuhnya dapat terbaca dengan jelas pada saat ia sedang berbohong. Sebagai seorang leader, penting kiranya bagi Stars people untuk mengenal dan memahami body language agar dapat membedakan kebenaran dari kebohongan seperti pada teknik komunikasi dalam mengatasi konflik .

Dengan mempelajari bahasa tubuh, Stars people dapat mengetahui arti dari setiap gerakan tubuh manusia. Bahasa tubuh yang paling mudah dipelajari adalah dengan mempelajari cara kontak mata, jabat tangan, postur tubuh, ekspresi wajah, cara mengisi ruang dan lain-lain. Stars people ingin menjadi komunikator yang handal? Segera pelajari body language dan tingkatkan kemampuan komunikasi verbal.

10. Memahami Pikiran Seseorang

Untuk memahami pikiran seseorang selain dengan bahasa verbal yang diungkapkannya, Stars people bisa mengamati ekspresi wajah dan tatapan matanya. Tidak sedikit orang yang mengalami kesulitan dalam mengungkapkan buah pikir dan perasaannya. Juga ada banyak orang yang mempu menyembunyikan apa yang dipikirkannya. Dengan mengamati body language-nya, Stars people bisa lebih memahami apa yang dipikirkan orang lain sebagaimana teknik teknik intergrasi dalam komunikasi .

10 Pengaruh Bahasa Tubuh Dalam Komunikasi sehari hari. Tentu akan semakin menambah pengetahuan dan referensi anda untuk dapat memahami penggunaan bahas atubuh yang tepat dalam berkomunikasi. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

Sponsors Link
, , , ,