Sponsors Link

6 Teknik Komunikasi dalam Mengatasi Konflik

Sponsors Link

Teknik komunikasi merupakan salah satu proses penyampaian informasi didalam interaksi yang berlangsung dari satu pihak ke pihak lain. Banyak teknik komunikasi efektif juga digunakan dalam menyelesaikan atau mengatasi konflik yang terjadi. Teknik komunikasi dalam mengatasi konflik menjadi penting adanya karena dapat menentukan keberhasilan dari upaya penyelesaian konflik tersebut.

ads

Apa saja teknik komunikasi dalam mengatasi konflik tersebut? berikut ini ada 6 teknik komunikasi dalam mengatasi konflik yang wajib anda simak.

  1. Metode Dialektik

Teknik komunikasi dalam mengatasi konflik yang pertama adalah dengan metode dialektik. Metode dialektik sendiri merupakan suatu upaya penyelesaian konflik dengan pengembangan debat dari pandangan yang berlawanan. Metode ini juga merupakan teknik untuk menghargai waktu dan pandangan dari masing-masing pihak untuk kemudian menentukan keputusan bersama.

  1. Berintegrasi

Teknik berintegrasi merupakan suatu teknik komunikasi yang dilakukan dengan mengidentifikasi masalah atau konflik yang terjadi secara lebih kooperatif.

Hal ini dimaksudkan agar dapat menghasilkan dan memutuskan solusi-solusi terhadap konflik yang ada yang lebih alternatif dan efektif. Oleh sebab itu, teknik komunikasi ini akan membutuhkan lebih banyak waktu dibanding teknik komunikasi yang lainnya.

  1. Akomodasi atau Smoothing

Dalam teknik komunikasi ini biasanya salah satu pihak akan mengabaikan kepentingannya demi kelancaran penyelesaian konflik yang terjadi. Sehingga perbedaan dapat diperkecil dan lebih menekankan kesamaan.

Walaupun teknik ini merupakan teknik komunikasi berkesan namun tetap memiliki kelemahan, salah satunya adalah tidak sesuai jika digunakan untuk menyelesaikan konflik yang kompleks, karena didalam teknik ini lebih ditekankan pada menciptakan kerjasama antar pihak yang berlawanan.

  1. Kompromi

Kompromi merupakan teknik komunikasi dengan cara memberi dan menerima perhatian yang cukup untuk diri sendiri dan juga untuk pihak lawan atau orang lain dalam menyelesaikan konflik yang terjadi.

Teknik komunikasi ini dapat digunakan saat pihak-pihak yang bersangkutan memiliki tujuan yang berlawanan maupun memiliki kekuatan yang seimbang. Sehingga nantinya tidak ada pihak yang kalah melainkan hanya bertujuan untuk menyelesaikan masalah sementara dan menciptakan solusi yang lebih efektif serta kreatif.

  1. Negosiasi

Negosiasi merupakan teknik komunikasi dalam mengatasi konflik yang paling mudah dan efektif untuk dilakukan. Teknik negosiasi ini juga termasuk dalam teknik komunikasi persuasif dimana merupakan salah satu proses pengambilan keputusan melalui proses memberi dan menerima pendapat maupun pandangan yang berbeda.

Melalui negosiasi perbedaan-perbedaan tersebut dibicarakan atau didiskusikan untuk menentukan jalan pemecahan konflik yang paling efektif.

Setiap pihak dalam melakukan negosiasi biasanya akan menyatakan pendapat mereka dengan penekanan lebih pada hal positif yang mereka yakini, dengan tujuan untuk mempengaruhi dan mengajak pihak lain agar menjadi sependapat.

  1. Mendominasi atau Memaksa

Teknik komunikasi dalam mengatasi konflik yang terakhir adalah dengan mendominasi atau memaksa. Artinya bahwa pihak yang bersangkutan dalam penyelesaian konflik memberikan perhatian yang lebih besar pada diri sendiri dan perhatian yang rendah pada pihak lawan.

Hal ini juga berarti bahwa secara paksa salah satu pihak mengakui dirinya menang dengan mengabaikan kepentingan dan pandangan pihak lainnya. Keberhasilan teknik ini biasanya didasarkan pada kecepatan dan kelemahan yang dapat memicu dendam.

Itulah 6 teknik komunikasi dalam mengatasi konflik dalam kehidupan sehari-hari, semoga informasi diatas dapat bermanfaat.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Teknik Komunikasi