Sponsors Link

10 Pengaruh Iklan Dalam Komunikasi Politik Secara Umum

Sponsors Link

Iklan  merupakan suatu bentuk komunikasi massa melalui berbagai media massa yang dibayar oleh perusahaan-perusahaan bisnis, organisasi non profit dan individu-individu yang teridentifikasi dalam pesan periklanan dengan maksud memberi informasi atau mempengaruhi pemirsa dan golongan tertentu bentuknya dapat berupa tulisan, gambar, film, ataupun gabungan dari keseluruhan unsur tersebut. Iklan seringkali menggiring khalayak untuk percaya pada produk, barang maupun jasa, sehingga mendorong calon konsumen untuk mengkonsumsi maupun mempertahankan loyalitas konsumen sebagaimana dalam komunikasi nonverbal.

ads

Iklan mempunyai peranan yang tinggi untuk memberi informasi mengenai suatu produknya. Dengan adanya komunikasi yang baik maka akan terciptanya suatu iklan yang baik pula. Dalam mengiklankan iklan politik memerlukan komunikasi yang berbasis pada politik untuk keselarasan penyampaian pesan pada khalayak Iklan politik melalui komunikasi media massa merupakan salah satu alternatif yang sering dipilih parpol dan calon-calon pemimpin politik dalam pelaksanaan kampanye pemilu tertunya memiliki perbedaan komunikasi nonverbal.

Sebagaimana iklan-iklan yang menawarkan produk barang dan jasa, iklan politik juga menawarkan sesuatu kepada khalayak media massa, termasuk calon itu sendiri, program-program, dan janji-janji yang akan dipenuhi si calon. Karena pada dasarkan iklan politik berupa komunikasi politik yang mendukung atau yang menentang seorang calon sebagai kandidat atau pilihan sebagaimana komunikasi nonverbal menurut ahli. Masing-masing tokoh politik akan berlomba untuk mempublikasikan dan mempromosikan diri mereka. Kemudian mereka saling mengklaim diri sebagai tokoh politik yang paling pantas untuk menjadi pemimpin bangsa ini, berikut 10 Pengaruh Iklan Dalam Komunikasi Politik secara umum .

1. Mempengaruhi Pemilih

Pengaruh yang diberikan oleh iklan politik yang pertama adalah dapat mempengaruhi pemilih. biasanyan bahsa yang digunakan dalah iklan politik merupakan bahsa persuasif yang berisi ajakan atau juga slogan slogan politik. penggunaan slogan slogan ini tentu dapat secara langsung mempengaruhi para pemilih. sebab biasanyan bahasa yang digunakan secara umum merupakan bahasa yang bisa langsung memberikan pengaruh kepada pembaca.

Tidak jarang juga penggunaan bahasa yang digunakan relatif menggunakan bahasa yang kekinian atau bahasa yang gampang diingat. sehingga tentunya secara tidak langsung hal ini dapat mempengaruhi pemilih. iklan politik secara langsung memberikan pengaruh kepada pemilih, namun tentunya dibalik itu semua juga menjadi ctatan tersendiri. sebab ,maraknya politikus yang beriklan malah seperti mengumbar janji saja, pada faktanya banyak yang kemudian terpilih malah tidak mampu menepati janjinya seperti dalam tujuan komunikasi nonverbal.

2. Merubah Pilihan Pemilih

secara tidak langsung penggunaan iklan juga dapat mempengaruhi perubahan pilihan pemilih. sOleh sebab itu jangan heran jika bisanya banyak tokoh politik menggunakan artis atau juga publik figus yang memiliki banyak fans atau pengaruh. Hal ini merupakan sebuah upaya untuk dapat mendulang suara dari para fans fanatik si publik figur. Sehingga pada akhirnya karena dianggap si publik figur tadi merupakan simpatisan dari tokoh politik maka setelahnya para fans akan merubah pilihannya mengikuti sang idola.

Sponsors Link

3. Memberikan Gambaran Tokoh

iklam politik juga merupakan gambaran dari sosok yang disusung oleh sebuah partai politik. Terlebih lagi jikan sang tokoh masih belum banyak dikenal atau dengan kata lain masih memiliki tingkat eletabilitas yang rendah. maka tentu penggunaan iklan secara besar besaran dan terus menerus merupakan uapaya parpol untuk mempublikasikan tokoh yang mewakili partainya. sehingga pada akhirnya diharapkan akan terjadi perubahan pola fikir dari para pemilih untuk cenderung memilih tokoh yang diperkenalkan.

tidak hanya tokoh politik yang melenggang melalui jalan parpol. bagi tokjoh politik independen tentunya juga merupakan hal yang amat penting untuk dapat memperkenalkan diri kepada masyarakat. Sebab strategi ini banyak diapakai oleh mereka yang secara langsung tingkat pengenalan publiknya masih rendah. maka jangan heran saat musim kampanye tiba anda akan dengan mudah menemukan banya sekali baliho dan poster yang terpampang.

4. Menarik Perhatian Pemilih

iklan politik juga menjadi salah satu cara dalam menarik perhatian para pemilih. maka tidak heran kadang bahasa yang digunakan sedikit nyeleneh, hal tersebut dipakai agar dapat menyisir semua kelompok pemilih. Sehingga diharapkan tidak hanya golongan atau kelompok tertentu saja yang suaranya bisa masuk. namun juga seluruh kelompok masyarakay dapat memberikan suaranya kepada kandidat yang diiklankan.

5. Mencapai Tujuan Parpol

selain mempengaruhi pemilih, iklan politik juga bertujuan untuk dapat mempengaruhi parpol dalam memudahkan mencapai tujuannya. Parpol merupakan kendaraan yang dipakai para politikus untuk bisa mencapai kemenangan dan perolehan suara. Dibalik itu semua kandidat dari parpol masing masing mengantingi syarat dan tujuan yang ingin dicapai parpol dari mengaiklankan mereka sebagaimana fungsi komunikasi nonverbal.

6. Propaganda

Iklan juga merupakan salah satu cara untuk mempengaruhi pemilih melalui propaganda. Propaganda yang dimaksud disini adalah penggunaan slogan atau juga jargon jargon yang menarik perhatian serta juga dapat mempengaruhi pembaca. Pada akhirnya propaganda ini dapat dipakai sebagai senjata untuk menggiring para pemilih dapat memberikan suaranya kepada tokoh politik yang diiklankan.

7. Ajang Kampanye

Paling utama dari keberadaan iklan adalah sebagai sarana untuk berkampanye. Dalam hal ini kampanye saat ini terkesan lebih memanfaatkan penggunaan teknologi. Sebab selain lebih mudah dan prkatisnm cara ini menjadi pilihan kepada  para kandidat yang tidak berdompet tebal. Dalam artian biaya memasang iklan baik baliho atau juga poster sangatlah besar. Namun melalui forum media sosial hal ini tidak berlaku sebab anda bisa beriklannm secara bebas dan gratis.

Sponsors Link

8. Merebut Simpati Massa

Adapun pengaruh iklan yang paling besar tidak lain adalah dapat merebut simpati massa. Sebab hal inilah yang nantinyanakan digunakan sebagai senjata untuk dapat mendulang suara. Meraih simpati masyarakat sangatlah penting. Sebab dari sinilah kemudian masyarakat akan mulai mengenal anda dan akhirnya menyukai anda kemudian memilih anda.

9. Memperkenalkan Diri

Iklan merupakan sarana untuk memperkenalkan diri. Sehingga orang akan lebih familiar dan mengenal sosok anda secara lebih dekat. Maka dari itu, pengaruhnya dapat lebih efektif sebagai upaya dalam menaikkan nilai elektabilitas anda di mata masyarakat. Ibarat kata tak kenal maka tak sayang, jika masyarakat tak mengenal anda maka tentu akan mustahil mereka memilih anda. Tidak perlu dikenal secara personal atau dekat, paling tidak mereka mengenal dan tahu sosok anda sebagai cara komunikasi nonverbal.

 10. Ajang Publisitas

Iklan menjadi ajang publisitas bagi para calon calon kandidat yang akan bersaing dalam pemilu maka jangan heran jika anda akan banyak menemui poster dan baliho yang saling berjejer san menumpuk. Bahkan kesannya satu sama lain bersaing lewat poster dan baliho yang dipajang.

Itulah tadi 10 pengaruh iklan dalam komunikasi politik secara umum. Semoga dapat menjadi referensi dan semoga artikel ini dapat betmanfaat.

 

Sponsors Link
, , , ,