Sponsors Link

5 Makna Komunikasi pada Pameran

Sponsors Link

Salah satu hal menarik yang mungkin sering kita perlu cari tahu ketika mengunjungi suatu pameran adalah makna komunikasi pada pameran itu sendiri. Ya, kegiatan pameran merupakan sebuah ajang untuk memperlihatkan berbagai macam karya seni atau pun karya lainnya dengan tujuan untuk menarik perhatian masyarakat. Dalam pameran itu sendiri, biasanya publik juga bisa menikmati apa yang menjadi hobi atau kesenangannya.

ads

Baca juga:

Ada satu hal yang mungkin juga menarik dimana salah satu fungsi dari pameran tersebut adalah untuk memberikan pesan atau informasi tertentu. Fungsi inilah yang kemudian menjadi bagian dari pameran sebagai komunikasi. Ada beberapa macam makna komunikasi di dalamnya yang bisa kita perhatikan lebih jauh lagi. Berikut adalah ulasan ringkas mengenai apa saja makna yang bisa kita dapatkan melalui pertunjukan pameran tertentu.

  1. Mengungkapkan Perasaan

Pameran memiliki makna komunikasi sebagai sarana untuk mengungkapkan perasaan seseorang. Karya yang dipajang bisa saja merepresentasikan mengenai apa yang menjadi buah pikir seseorang. Melalui pameran, seseorang bisa lebih mudah mewujudkan perasaan atau ide-idenya ke dalam sebuah karya yang mungkin saja bagi orang lain memiliki nilai berharga.

  1. Menunjukkan Ekspresi Tertentu

Hampir sama seperti mengungkapkan perasaan, pameran juga bisa memiliki makna suatu ekspresi tertentu. Katakanlah jika seseorang sedang sedih, ia bisa saja membuat karya dengan tema-tema nuansa melankolis. Atau karya apa pun yang disesuaikan dengan ekspresi yang sedang ia miliki. Ini adalah sebuah karakteristik komunikasi yang sifatnya bisa diterjemahkan berbeda-beda oleh setiap orang. (Baca juga: Fungsi komunikasi dalam hiburan)

  1. Memberikan Pesan

Selain perasaan dan ekspresi, makna komunikasi pada pameran lainnya adalah untuk memberikan pesan tertentu. Kita mungkin bisa melihat bagaimana pertunjukkan seni bisa memberikan suatu ilham atau pesan tertentu dengan fenomena yang ada saat ini. Pesan tersebut mungkin sifatnya ada yang tersirat, ada pula yang lugas. Semua tergantung bagaimana seseorang dalam mengemas pertunjukkan pamerannya.

  1. Sarana untuk Unjuk Rasa

Unjuk rasa bisa dilakukan melalui pameran. Karya yang sifatnya menyindir suatu kebijakan sering kita temui. Gambaran-gambaran satir dari dalam karya tersebut membuat seseorang bisa berkaca dengan apa yang sebenarnya sedang terjadi. Bahkan, tidak jarang melalui karya tertentu seorang seniman bisa digugat hanya karena sindiran yang begitu tajam. Kadang kita merasa karya tersebut memang benar adanya, akan tetapi bagi sebagian pihak ada yang tidak terima dan akhirnya terjadilah perselisihan. Namun setidaknya kita jadi tahu, bahwa pameran juga menjadi sarana yang cukup kuat untuk mewujudkan hal tersebut. (Baca juga: Pengaruh fotografi dalam masyarakat)

  1. Sumber Inspirasi

Terakhir, makna komunikasi yang bisa kita perhatikan lainnya adalah tentang sumber inspirasi yang bisa kita dapatkan dari pameran. Berbagai macam inspirasi tersebut bisa membuat seseorang tergerak untuk melakukan perubahan. Atau ada pula yang juga ikut untuk mengungkapkan perasaan dan ekspresinya melalui jenis karya yang sama.

Itulah tadi sekilas pembahasan mengenai berbagai macam makna dari komunikasi visual yang bisa kita ambil dari pertunjukkan pameran. Pameran juga kadang bisa berfungsi mengenalkan suatu hal yang baru. Tentu saja, melalui pameran seseorang bisa menunjukkan karya mau pun produk terbaru mereka sehingga bisa lebih mudah dikenal oleh orang lain. Kita bisa mengambil lebih banyak makna komunikasi pada pameran dengan menikmati pertunjukkan tersebut secara seksama.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Komunikasi Visual