Sponsors Link

5 Alasan Pentingnya Komunikasi dalam Keluarga Kristen

Sponsors Link

Dalam sebuah keluarga, komunikasi merupakan salah satu pernyataan kasih antar anggota keluarga. Hal ini juga tidak terlepas dari dasar seorang manusia sebagai seorang makhluk sosial yang memang membutuhkan komunikasi untuk keberlangsungan hidupnya. Oleh sebab itu, komunikasi selalu memiliki peran penting di berbagai bidang kehidupan seperti didalam sebuah keluarga, tidak terkecuali pentingnya komunikasi dalam keluarga kristen.

ads

Komunikasi yang berjalan baik dalam keluarga kristen akan mengarahkan pada kehidupan keluarga yang baik pula, dan sebaliknya jika komunikasi berjalan tidak baik maka kedamaian keluarga dapat terancam. Lalu apa saja pentingnya komunikasi dalam keluarga kristen? Berikut ini ada 5 pentingnya komunikasi dalam keluarga kristen, diantaranya adalah:

1. Memberikan Identitas Diri Didalam Keluarga

Pentingnya komunikasi dalam keluarga kristen yang pertama adalah dapat memberikan identitas diri pribadi masing-masing sebagai seorang anggota keluarga. Artinya bahwa komunikasi akan memberikan pengertian dan kemudahan bagi setiap anggota keluarga mengenai tentang siap diri mereka masing-masing sebagai pribadi kepada anggota keluarga yang lainnya.

Hal ini juga berkaitan dengan apa yang dijelaskan pada nas Kolose 3 ayat 18 hingga 21, dimana dapat disimpulkan bahwa setiap anggota keluarga memiliki peran dan tanggung jawab masing-masing dalam menjalin komunikasi dan hubungan dengan sesama anggota keluarga lainnya, seperti antar suami dan istri, anak dengan orang tua, dan lain sebagainya.

2. Meningkatkan Kasih, Kepercayaan, serta Rasa Hormat dalam Keluarga

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bahwa komunikasi merupakan suatu wujud kasih antar anggota keluarga, maka pentingnya komunikasi dalam keluarga kristen yang selanjutnya adalah dapat meningkatkan kasih, kepercayaa, hingga rasa hormat dalam keluarga.

Bahkan tidak hanya rasa hormat dari anak kepada orang tuanya saja, tetapi juga menyangkut rasa hormat dan kasih antar sesama saudara, antar suami dan istri, dan anggota keluarga lainnya.

Hal ini tentunya tidak dapat terlepas dari adanya manfaat komunikasi dua arah sebagai proses penting dalam membangun suatu komunikasi yang baik dalam keluarga serta dalam upaya membangun suatu keluarga yang harmonis.

3. Komunikasi sebagai Alat untuk Mencapai Tujuan

Dalam sebuah keluarga, termasuk keluarga kristen, komunikasi sendiri dapat digunakan sebagai suatu alat untuk mencapai tujuan bersama dari terbentuknya suatu keluarga.

Salah satunya adalah untuk membangun suatu keluarga yang harmonis. Tidak hanya itu, tujuan masa depan masing-masing anggota keluarga juga dapat terwujud lebih mudah dengan berlangsungnya suatu komunikasi yang baik dalam keluarga. Ini lah mengapa fungsi-fungsi komunikasi tidak dapat dipisahkan dari adanya upaya pencapaian suatu tujuan.

4. Menghindari dan Mengatasi Konflik Keluarga

Komunikasi dalam keluarga kristen juga penting dalam upaya untuk menghindari adanya konflik didalam keluarga, maupun penting untung mengatasi masalah maupun konflik yang hadir didalam suatu keluarga. Tanpa adanya komunikasi maka masalah-masalah tersebut akan semakin susah di selesaikan dan dapat mengancam keberlangsungan maupun kekokohan suatu keluarga.

5. Menjaga Keutuhan Keluarga

Pentingnya komunikasi dalam keluarga kristen yang terakhir adalah untuk menjaga keutuhan keluarga. Dimana hal ini merupakan suatu dasar pokok maupun alasan utama mengapa komunikasi dibutuhkan dalam berlangsungnya suatu kehidupan keluarga disamping kebutuhan sebagai seorang makhluk sosial.

Sama halnya dengan apa yang telah disampaikan sebelumnya, bahwa manfaat komunikasi dalam keluarga kristen tidak lain akan berhujung pada tujuan untuk menjaga keutuhan suatu keluarga.

Itulah 5 peran pentingnya komunikasi dalam keluarga kristen, semoga informasi diatas dapat bermanfaat.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Dasar Komunikasi