Sponsors Link

6 Peran Pentingnya Mendengarkan dalam Komunikasi Lisan

Sponsors Link

Dalam suatu proses komunikasi efektif, tidak hanya proses berbicara saja yang terjadi tetapi ada pula proses mendengarkan yang sama pentingnya didalam suatu komunikasi. Bahkan disetiap kegiatan sehari-hari pasti akan membutuhkan proses mendengarkan, apalagi didalam suatu komunikasi lisan.

ads

Oleh sebab itu, dalam kesempatan kali ini akan dibahas mengenai pentingnya mendengarkan dalam komunikasi lisan yang wajib anda ketahui, sehingga nantinya anda tidak akan menyepelekan lawan bicara anda ketika sedang berbicara. Apa saja peran penting mendengarkan tersebut? berikut ini beberapa diantaranya:

  1. Menciptakan Komunikasi yang Efektif

Pentingnya mendengarkan dalam komunikasi lisan yang pertama adalah dapat menciptakan suatu komunikasi yang lebih efektif. Suatu komunikasi lisan akan dapat berjalan dengan efektif apabila antar pihak yang menjalin komunikasi dalam saling mendengarkan dengan baik.

Jika kedua pihak tidak mendengarkan dengan baik, maka komunikasi lisan yang berlangsung tidak akan efektif karena pesan maupun informasi yang disampaikan tidak dapat diterima dengan baik pula. Oleh sebab itu, mendengarkan dengan baik juga menjadi salah satu cara meningkatkan keberhasilan dalam komunikasi lisan.

  1. Mengerti Lawan Berbicara

Mendengarkan dalam komunikasi lisan juga dapat membantu anda dalam mengerti lawan bicara anda. Selain dapat membantu anda dalam memahami atau mengerti pesan maupun informasi yang ingin disampaikan oleh lawan bicara anda, mendengarkan juga akan membantu anda untuk meningkatkan kemampuan bicara anda.

Oleh sebab itu lah, mendengarkan juga merupakan salah satu tips meningkatkan kemampuan komunikasi didalam suatu komunikasi lisan.

  1. Menciptakan Rasa Dihargai

Setiap orang pasti akan merasa kesal jika apa yang disampaikannya tidak didengarkan dengan baik, oleh sebab itulah mendengarkan memiliki peran penting dalam komunikasi lisan.

Salah satu nya adalah dapat menciptakan rasa dihargai dan dimengerti. Dengan mendengarkan dengan baik maka lawan bicara anda pasti akan merasakan dihargai dan apa yang disampaikan dapat dimengerti dengan baik pula, sehingga dapat berpengaruh pula pada hubungan yang baik nantinya.

  1. Menciptakan Suasana Nyaman

Selain menciptakan rasa dihargai, mendengarkan juga dapat menciptakan suasana nyaman dalam berlangsungnya komunikasi lisan.

Artinya bahwa lawan bicara anda memiliki kemungkinan untuk menyukai berbincang atau tukar pendapat dengan anda karena anda dapat menciptakan rasa atau suasana nyaman saat berkomunikasi lisan satu sama lain. Hal ini disebabkan karena proses mendengarkan yang baik yang anda lakukan.

  1. Membantu Diri untuk Berempati

Mendengarkan juga memiliki peran penting dalam komunikasi lisan, salah satunya adalah membantu lawan bicara dalam mengeluarkan apa yang ada dipikiran mereka.

Dengan mendengarkan maka anda dapat membantu lawan bicara anda keluar dari rasa tidak nyaman atau beban pikiran yang akhirnya dapat dikeluarkan. Oleh sebab itulah mendengarkan juga dapat dikatakan dapat membantu diri anda untuk berempati terhadap orang lain.

  1. Menjaga dan Mempererat Hubungan Baik

Pentingnya mendengarkan dalam komunikasi lisan yang terakhir adalah dapat menjaga sekaligus mempererat hubungan baik yang berlangsung di berbagai bidang kehidupan.

Beberapa diantaranya seperti dalam hubungan pertemanan, hubungan keluarga, maupun hubungan dengan lingkungan sekitar. Sehingga mendengarkan menjadi hal yang penting pula dalam berlangsungnya komunikasi lisan.

Demikian ulasan mengenai pentingnya mendengarkan dalam komunikasi lisan, semoga dapat bermanfaat dan mengingatkan anda untuk selalu mendengarkan dengan baik dalam segala proses komunikasi yang berlangsung.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Komunikasi Verbal