Sponsors Link

6 Fungsi Perspektif dalam Fotografi

Sponsors Link

Dilihat dari peran fotografi sebagai media komunikasi atau alat komunikasi untuk menyampaikan pesan, informasi, hingga juga suatu cerita, pastinya terdapat beberapa komponen penting didalamnya, seperti beberapa macam-macam komposisi fotografi. Salah satu komponen penting tersebut adalah perspektif fotografi, dimana perspektif sendiri diartikan sebagai suatu cara pandang yang berbeda antara objek dan kamera sehubungan dengan adanya perubahan bentuk, ukuran, dan juga kedalaman bidang.

ads

Secara sederhana perspektif dapat dipahami sebagai suatu cara pandang terhadap objek fotografi. Lantas apa fungsi perspektif dalam fotografi? Berikut ini ada 6 fungsi diantaranya:

1 . Sebagai penentu jarak objek

Fungsi perspektif dalam fotografi pertama dalam sebuah fotografi adalah untuk menentukan jarak objek. Artinya bahwa perspektif dapat memberikan informasi terkait lokasi atau letak objek, seperti objek berada jauh atau dekat, terdapat didepan atau dibelakang, dan lain sebagainya. Hal ini juga berkaitan dengan beberapa penentu perspektif dalam fotografi, dimana salah satunya adalah jarak antara objek dan kamera.

Baca juga :

2. Sebagai penentu sudut pengambilan objek

Tidak hanya jarak antara objek dan kamera saja, namun sudut pengambilan gambar atau foto objek juga menjadi suatu penentu bagi perspektif dalam fotografi. Maka dari itu, perspektif juga berfungsi sebagai suatu penentu sudut pengambilan objek, sebagai contoh seperti dalam posisi vertikal atau juga posisi horizontal.

Apalagi terdapat banyak jenis-jenis kamera video maupun kamera fotografi dimana adanya sedikit perbedaan sudut dalam proses pengambilan saja sudah akan menghasilkan perspektif atau perubahan yang besar pada hasilnya.

3. Sebagai penentu kedalaman objek

Fungsi perspektif dalam fotografi lainnya, salah satunya adalah perspektif Aerial. Perspektif ini mendasar pada kedalam yang merupakan bagian penting didalam objek fotografi. Oleh sebab itu, perspektif juga berfungsi sebagai penentu kedalaman objek fotografi. Didalam foto memang hanya ada dua dimensi, dan kedalaman ini merupakan bagian dari dimensi ketiga yang akan menimbulkan kesan nyata terhadap hasil fotografi.

4. Sebagai penentu garis-garis objek

Ada juga perspektif Linear, dimana didasarkan adanya garis-garis paralel yang terkesan hilang dan bertemu pada sudut horizontal. Hal ini juga bagian dari unsur grafis dalam fotografi. Dimana pertemuan garis-garis tersebut nantinya akan mengubah efek yang ditimbulkan terhadap hasil fotografi, sehingga dapat dipahami bahwa perspektif juga berfungsi sebagai penentu garis-garis objek fotografi.

Baca juga :

5. Sebagai penentu satu titik objek

Selain kedua bagian tersebut, terdapat juga perspektif satu titik. Dimana dalam hal ini masih berhubungan dengan garis-garis paralel yang hilang dan akan bertemu pada satu titik di lain sisi. Oleh sebab itu, fungsi perspektif selanjutnya adalah menentukan satu titik objek fotografi.

6. Sebagai penentu dua titik objek

Bagian yang terakhir dan juga fungsi perspektif yang terakhir adalah perspektif dua titik, sehingga berfungsi sebagai penentu dua titik objek fotografi. Dalam hal ini akan berkaitan dengan garis-garis vertikal dan horizontal paralel yang bertemu pada ujung gambar atau objek fotografi.

Itulah 6 fungsi perspektif dalam fotografi yang wajib untuk dipahami agar pengambilan gambar maupun foto objek dapat memberikan hasil yang maksimal, sehingga informasi, ide, maupun cerita yang ingin disampaikan dapat diterima dan dipahami dengan mudah. Mengingat pengaruh fotografi dalam masyarakat juga tergolong signifikan mengikuti perkembangan teknologi dan komunikasi yang cepat.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Komunikasi digital