Sponsors Link

6 Fungsi Diffuser dalam Fotografi

Sponsors Link

Dalam dunia fotografi, banyak sekali alat-alat atau teori pencahayaan dalam fotografi yang dapat digunakan maupun diterapkan untuk menghasilkan hasil yang maksimal. Salah satu yang sering digunakan adalah berkaitan dengan flash fotografi, dimana dengan adanya cahaya flash memudahkan pengambilan foto atau gambar objek dapat dilakukan di berbagai macam karakter tempat.

ads

Walaupun begitu, adanya flash fotografi juga terkadang menimbulkan kesulitan dan merusak hasil akhir jika tidak digunakan dengan benar. Oleh sebab itu, untuk menghindari efek buruk dari flash fotografi terdapat salah satu aksesoris maupun alat bagian dari macam-macam komposisi fotografi yang dapat digunakan. Alat tersebut adalah diffuser.

Diffuser dalam fotografi sendiri pastinya sudah tidak asing lagi dalam dunia fotografi, dimana diffuser dapat dipahami sebagai suatu alat yang dipasang pada sumber cahaya yaitu flash sehingga tidak menimbulkan bayangan yang keras. Selain itu, terdapat juga beberapa fungsi diffuser dalam fotografi, seperti:

1. Menekan kekuatan cahaya yang terlalu kuat

Jika kalian perhatikan saat cahaya flash keluar dari kamera, cahaya tersebut sangatlah kuat dan terang. Untuk mengatasi hal tersebut, digunakanlah difusser dimana berfungsi untuk menekan kekuatan cahaya yang terlalu kuat dari flash. Oleh sebab itu, diffuser banyak dipasang atau diletakkan pada ujung speedlight atau flash eksternal pada kamera yang digunakan.

Baca juga :

2. Membuat cahaya yang dikeluarkan lebih menyebar

Fungsi diffuser dalam fotografi juga untuk membuat cahaya flash yang keluar dari kamera menjadi lebih menyebar. Hal ini disebabkan karena cahaya flash yang keluar biasanya lebih berfokus hanya pada satu titik saja, sehingga penggunaan diffuser dapat membantu penyebaran cahaya menjadi lebih menyebar atau luas.

3. Melembutkan cahaya flash

Fungsi diffuser yang selanjutnya juga masih berhubungan dengan fungsinya yang dapat menyebarkan cahaya flash. Dimana dengan cahaya flash yang lebih menyebar dapat menyebabkan cahaya menjadi lebih lembut atau soft, sehingga cahaya menjadi tidak terlalu kuat. Oleh sebab itulah, diffuser juga berfungsi untuk melembutkan cahaya flash dari kamera yang digunakan.

4. Mencegah timbulnya bayangan yang terlalu kuat

Dengan cahaya flash yang menjadi lebih lembut dan juga lebih menyebar, nantinya akan berpengaruh juga dengan bayangan yang dihasilkan dari subjek atau objek yang diambil. Dimana fungsi diffuser dalam fotografi ini dapat mencegah timbulnya bayangan yang terlalu kuat.

Timbulnya bayangan yang terlalu kuat pada belakang objek maupun subjek fotografi sendiri merupakan salah satu potensi masalah yang ditimbulkan saat menggunakan cahaya flash. Oleh sebab itu, diperlukanlah diffuser untuk mencegah timbulnya masalah hasil bayangan tersebut.

Baca juga :

5. Mencegah subjek atau objek menjadi overexposed

Karena biasanya flash hanya akan berfokus pada satu titik saja, maka dapat meningkatkan resiko hasil objek atau subjek fotografi yang terlalu overexposed. Adanya peran fotografi sebagai media komunikasi, menyebabkan hasil fotografi harus bisa semaksimal mungkin agar pesan dapat tersampaikan dengan baik.

Namun dengan hasil yang terlalu overesposed dapat mengurangi kesan natural dari subjek fotografi tersebut. Namun dengan menggunakan diffuser dengan fungsi-fungsinya terhadap pengaturan cahaya flash, maka dapat mencegah subjek atau objek fotografi menjadi overesposed.

6. Membuat hasil menjadi lebih natural

Fungsi yang lain dari penggunaan diffuser dalam fotografi adalah dapat membuat hasil fotografi menjadi lebih natural. Hal ini disebabkan pula karena cahaya flash sendiri juga dapat membuat hasil subjek atau objek yang diambil terkesan tidak natural karena pencahayaan yang berlebihan, sehingga dapat merusak macam tema dalam fotografi. Oleh sebab itu, diffuser dapat membantu mengatasi masalah fotografi yang satu ini dipadukan dengan fungsi-fungsi diffuser lainnya yang telah disebutkan sebelumnya.

Itulah beberapa fungsi diffuser dalam fotografi yang penting untuk dipahami agar dapat menghasilkan hasil yang maksimal dan juga bernilai seni tinggi. Mengetahui fungsi dan tujuan komposisi dalam fotografi pastinya merupakan hal penting terutama bagi para pemula, sehingga dapat meningkatkan kemampuan nantinya. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat.

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Komunikasi digital