Sponsors Link

13 Fungsi Komunikasi Dalam Memajukan Kebudayaan

Sponsors Link

Perkembangan masyarakat yang dipacu oleh kemajuan teknologi komunikasi yang semakin canggih menunjukkan pengaruh yang kuat terhadap kemekaran media massa, tetapi dilain pihak secara timbal balik menimbulkan dampak yang positif dan dampak negatif bagi masyarakat. Dampak positif yang timbul akibat adanya kemajuan dibidang komunikasi massa bagi masyarakat antara lain mendorong perkembangan intelektual masyarakat, keterampilan, serta kemahiran yang diperlukan pada semua bidang kehidupan, dan dapat menyebarluaskan hasil kebudayaan dan seni dengan maksud melestarikan warisan masa lalu.

ads

Budaya atau kebudayaan berasal dari bahasa Sanskerta yaitu buddhayah, yang merupakan bentuk jamak dari buddhi (budia atau akal) diartikan sebagai hal-hal yang berkaitan dengan budi, dan akal manusia.Dalam bahasa Inggris, kebudayaan disebut culture, yang berasal dari kata Latin Colere, yaitu mengolah atau mengerjakan. Bisa diartikan juga sebagai mengolah tanah atau bertani. Kata culture juga kadang diterjemahkan sebagai “kultur” dalam bahasa Indonesia.

Kebudayaan sangat erat hubungannya dengan masyarakat sebagaimana dengan komunikasi dan masyarakat. Ketiganya menjadi satu kesatuan yang tentunya saling mempengaruhi. Kebudayaan lahir dari masyarakat yang saling membentuk komunikasi sehingga pada akhirnya hal ini akan menimbulkan unsur kebudayaan yang melekat sebagaimana fungsi komunikasi dalam manajemen logistik , fungsi komunikasi dalam pekerjaan kantor dan peranan media sosial dalam komunikasi  . Berikut 13 Fungsi Komunikasi Dalam Memajukan Kebudayaan.

1. Sumber Informasi

Fungsi komunikasi dalam memajukan kebudayaan yang pertama adalah sebagai sumber informasi. Dalam hal ini komunikasi dapat menjabarkan mengenai informasi lengkap terhadap jenis dan rupa kebudayaan tersebut. Tentunya sangat penting untuk mendapatkan informasi yang valid mengenai kebudayaan yang ada. Sebab sebagai bagian dari warisan budaya pastinya kebudayaan memiliki arti penting dalam setiap elemennya.

2. Menambah Kreatifitas

Penyebarluasan hasil kebudayaan dan seni dengan maksud melestarikan warisan masa lalu, perkembangan kebudayaan dengan memperluas horizon seseorang, membangunkan imajinasi dan mendorong kreativitas serta kebutuhan estetikanya. Komunikasi dapat membangun kreatifitas yang tinggi dalam rangka memajukan kebudayaan. Tentunya hal ini dapat semakin mengambangkan kebidayaan kearah yang lebih baik dan juga sesuai dengan perkembangan zaman.

Sponsors Link

3. Memunculkan Kebudayaan Baru

Tidak dapat dipungkiri jika kemudian komunikasi dapat membangun dan memunculkan sebuah kebudayaan baru. Sebab interaksi dan komunikasi yang terjalin dimasyarakat akan bisa berdampak sangat baik dalam perkembangan kebudayaan. Kebudayaan baru hadir melalui proses yang panjang dan juga terjadi langsung dalam lingkungan masyarakat. Tentunya  hal ini merupakan bagian dari perkembangan masyarakat dan komunikasi dari masa ke masa dalam membangun kebudayaan.

4. Membangun Imajenasi

Imajenasi merupakan hal yang sangat erat kaitanya dengan kebudayaan. Bahkan kebudayaan hadir dari proses imajenasi yang hadir dimasyarakat dan berkelanjutan. Imajenasi bukanlah sesuatu yang instan dan dapat muncul begitu saja. Salah satu memunculkan imajenasi adalah dengan

5. Menumbuhkan Nilai Estetika

Kebudayaan merupakan bagian dari estetika yang didalamnya terdapat unsur dan nilai keindahan. Tentunya hal ini tidak lahir begitu saja dan serta merta ada begitu saja. Nilai estetika dalam mengembangkan kebudayaan ada, karena sebuah proses yang disebut dengan komunikasi. Tentunya kehadiran komunikasi merupakan unsur yang mampu menumbuhkan estetika yang pada akhirnya dapat mengembangkan kebudayaan.

6. Sumber Motivasi

Perkembangan kebudayaan yang kadang kian maju namun mengesampingkan nilai budaya menjadi salah satu problematika yang erjadi di era masyarakat modern. Faktanya bahwa komunikasi dapat menjadi salah satu unsur dalam mengembangkan budaya. Dimana terjadinya komunikasi akan dapat memunculkan motivasi terhadap diri pribadi. Agar dapat bergerak maju mengikuti perkembangan zaman namun tanpa melupakam sebuah kebudayaan yang telah menjadi identitas.

7. Pengenalan Budaya

Komunikasi dapat menjadi sarana dalam memperkenalkan budaya ke ranah yang lebih luas dan global. Faktanya komunikasi secaa tidak langsung semisal melaluo media sosial memiliki efek yang besar terhadap pemgembangan dan kemajuan budaya ke arah yang lebih luas. Fakta ini tentu menjadi sebuah hal akan dapat menjadi indikasi bagaimana pentingnya komunikasi dalam memperkuas pengaruh budaya. Sehingga hal ini merupakan salah satu fungsi komunikasi dalam memajukan kebudayaan yang amat penting.

Sponsors Link

8. Asimilasi Kebudayaan 

Asimilasi merupakan sebuah proses peleburan kebudayaan, dimana dua kebudayaan dapat mempengaruhi satu sama lain sehingga memepngaruhi kebudayaan yang ada sebelumnya. Asimilasi kebudayaan tentunya terjadi di masyrakat karena adanya prosea yang memgiringinya. Salah satunya adalah melalui komunikasi yang terjalin. Inilah yang kemudian mengapa salah satu fungsi komunikasi dalam memajukan kebudayaan terjadi melalui asimilasi budaya.

9. Menciptakan Hubungan Antar Budaya

Komunikasi dapat menghadirkan hubungan yang lebih dalam yakni salah satunya adalaj menciptakan hubungan antar budaya. Dimana antara komunikasi dan budaya menjadi dua hal yang amat penting. Oleh sebab itu, budaya merupakan hal yang dapat semakim mendekatkan komunikasi. Bahwa dalam budaya komunikasi mampu menciptakan setiap hubungan menjadi sebuah budaya yang pada akhirnya dapat memajukan budaya tersebut.

10. Membuat Kebudayaan Makin dikenal

Komunikasi dapat membuat kebidayaan makin dikenal semakin luas. Sebab semakin unik.sebuah budaya maka tentu akan menarik semakin banyak orang untuk membicarakannya. Apalagi kini komunikasi global sudah lebih mudaj dijalalin didukung denhan perkembangan teknologi dan juga kemajuan zaman. Hal ini tentu dapat mendukung upaya untuk memajukan kebudayaan. Semakin baik komunikasi dijalin maka pertukaran kebudayaan akan semakin lebih baik.

11. Menyebarkan Pesan Budaya

Kebudayaan adalah warisan yang mungkin tak akan ternikai harganya. Didalamnya terdapat nilai nilai leluhur yang telah melekat selama bertahun tahun bahkan berabad abad lamanya. Tentunya sebagai sebuah warisan tak bernilai maka tentu sudha menajdi tugas manusi untuk bisa memajukan dan menyebarkan pesan yang ada didalamnya. Komunikasi akan semakin memidshkan penyebaran pesan sehingga budaya akan dapat memcapai kemajuannya.

12. Sarana Pendidikan Kebudayaan 

Komunikasi menjadi bagian dari sarana pendidikan kebudayaan. Sebab dengan adanya komunikasi maka pendidikan akan kebudayaan dapat dilanjutkan. Terlebih lagi melohat betapa pentinhnya budaya sebagai bagian dari peradaban manusia. Komunikasi dapat memudahkan kebudayaan untuk menyebar dan pada akhirnya dapat dipelajarim

13. Diskusi Umum Pertukaran Budaya

Komunikasi dapat menjadi sebuah sarana dalam pertukaran informasi. Dengan demikian maka Kan memungkinkan terjadinya pertukaran budaya. Sehingga dari waktu ke waktu akan memberikan kemajuan terhadap kebudayaan yang dipertukarkan. Sebagaimana sebuah informasi semakin banyak diketahui banyak orang maka akan semakin baik dampaknya terhadap perkembangannya tersebut.

13 Fungsi Komunikasi Dalam Memajukan Kebudayaan. Semoga dapat menjadi referensi dan tambahan pemgetahuan bagi anda sebagaimana juga pembahasan media komunikasi moderen, pengaruh media baru dalam komunikasi , fungsi komunikasi dalam seni rupa 2 dimensi, peranan komunikasi dalam jaringan masyarakat , cara mempengaruhi orang lain dalam komunikasi dan  teori disonansi kognitif . . Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

Sponsors Link
, , , ,