Sponsors Link

8 Fungsi Kewargaan Digital dalam Komunikasi

Sponsors Link

Kewargaan digital merupakan suatu kajian yang terdiri atas norma, etika, dan tanggungjawab yang digunakan masyarakat untuk memanfaatkan teknologi secara maksimal. Orang yang memanfaatkan teknologi digital secara baik disebut warga digital. Komunikasi dapat berjalan dengan efektif apabila menggunakan media komunikasi digital dengan cerdas. (Baca juga: Etika dan Komponen Kewargaan Digital)

ads

Kewargaan digital juga mampu mengubah pola pikir, perilaku, dan aktivitas buruk lainnya yang ada pada diri warga digital. Kewargaan digital memiliki tujuan untuk menjadikan warga digital menjadi lebih baik dalam menggunakan teknologi canggih. (Baca juga: Internet sebagai Media Komunikasi)

Berikut ini merupakan fungsi dari kewargaan digital:

  1. Menciptakan rasa tanggungjawab

Kewargaan digital membantu masyarakat dalam proses komunikasi melalui media digital. Media digital yang mencakup informasi yang luas. Oleh karena itu, kewargaan digital berfungsi untuk menciptakan rasa tanggungjawab kepada diri pengguna media komunikasi digital.

Pelaku komunikasi yang menggunakan media komunikasi digital memiliki pertanggungjawaban setelah mengenal kewargaan digital yang berisi norma dan etika pada penggunaan media komunikasi digital tersebut. Rasa tanggungjawab tersebut tercipta untuk mencapai kebaikan selama masa penggunaan media komunikasi digital yang berbasis internet. (Baca juga: Komunikasi Online)

  1. Menghindari permasalahan

Komunikasi yang dilakukan dengan memanfaatkan teknologi digital ini membutuhkan kajian tentang kewarganegaraan digital yang berfungsi untuk menghindari penggunanya dari permasalahan atau resiko penggunaan media digital tersebut.

Masyarakat diberi kesempatan untuk mengenal media komunikasi yang ingin digunakan seperti media komunikasi digital yang menggunakan jaringan internet untuk proses pengiriman dan penerimaan pesan. Kajian kewargaan digital ini membantu masyarakat untuk mengembangkan kemampuan dalam menghadapi resiko dan menghindari permasalahan yang bersangkutan dengan dunia komunikasi digital. (Baca juga: Konsep Dasar Komunikasi Digital)

  1. Membantu proses interaksi

Kewargaan digital berfungsi untuk mendorong masyarakat dalam mengenal teknologi yang berbasis internet sebagai media komunikasi. Sebagian besar masyarakat yang menggunakan media komunikasi digital ini adalah anak muda yang telah mengikuti perkembangan zaman.

Kewargaan digital merupakan kajian penggunaan media komunikasi digital yang membantu masyarakat agar mudah melakukan interaksi dengan masyarakat lainnya yang dibatasi oleh tempat dan waktu. (Baca juga: Etika Komunikasi Digital)

  1. Menciptakan kehidupan yang bermanfaat

Komunikasi yang menggunakan media komunikasi digital ini berpedoman pada kewargaan digital yang berfungsi untuk menciptakan kehidupan yang bermanfaat terutama bagi bangsa dan negara.

Kewargaan digital menjadi literasi masyarakat saat menggunakan media komunikasi digital karena terdiri atas tata cara penggunaan media komunikasi digital yang baik, etika, norma, dan cara menghadapi permasalahan dalam media komunikasi digital tersebut.

Jika telah memahami kewargaan digital maka masyarakat akan menggunakan teknologi dengan baik dan bermanfaat juga untuk kehidupannya. (Baca juga: Contoh Komunikasi Digital)

Sponsors Link

  1. Cerdas dalam menggunakan media digital

Masyarakat yang memahami kewargaan digital akan merasakan manfaatnya seperti memberikan kecerdasan kepada masyarakat dalam memanfaatkan teknologi. Teknologi dapat menghasilkan dampak positif apabila digunakan dengan berpedoman pada kewargaan digital.

Banyak masyarakat yang hanya dapat menggunakan komunikasi secara tidak cerdas seperti menggunakan banyak waktu untuk hal yang tidak bermanfaat saat menggunakan media komunikasi digital dan kerugian-kerugian lainnya. (Baca juga: Peran Media Sosial dalam Komunikasi Digital)

  1. Meningkatkan persaingan di dunia bisnis

Media komunikasi digital yang memanfaatkan jaringan internet ini membantu negara dalam bidang ekonomi. Pasalnya teknologi internet sering digunakan untuk melakukan transaksi antar negara dalam proses kerjasama bidang ekonomi. Selain itu, teknologi internet juga membantu negara untuk mempromosikan produk yang akan diperjualbelikan kepada negara lainnya.

Oleh karena itu, adanya kewargaan digital yang dipahami masyarakat ini membantu negara khususnya dalam bidang perekonomian.

Komunikasi yang memanfaatkan media digital ini juag membantu dalam proses komunikasi antar kedua belah pihak yang terkait dengan pemasaran produk. Komunikasi dalam media digital ini akan efektif apabila masyarakat memahami kewargaan digital. (Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Transmisi Digital)

Sponsors Link

  1. Menambah wawasan dalam penggunaan media

Kewargaan digital berguna untuk membentuk kepribadian warga digital dalam memanfaatkan teknologi digital. Kajian kewargaan digital berfungsi untuk menambah wawasan warga digital terutama warga digital yang sering menggunakan media komunikasi digital seperti messenger yang menggunakan sinyal digital di handphone atau telepon selular.

Komunikasi yang didasari dengan wawasan kewargaan digital ini mengurangi resiko dan permasalahan yang terjadi dalam proses komunikasi. Komunikasi yang baik adalah komunikasi yang menggunakan rasa tanggungjawab dan menaati norma dan etika yang berlaku.

Warga digital akan merasakan nyaman pada saat menggunakan media digital dengan baik. Wawasan kewargaan digital akan terus dikaji dan digunakan oleh masyarakat yang mengikuti perkembangan teknologi. (Baca juga: Peranan Internet dalam Sarana Komunikasi)

  1. Memberikan informasi yang bermutu

Jika warga digital telah memahami kewargaan digital maka komunikasi akan berjalan dengan baik. Penyampaian dan penerimaan informasi dari internet akan menjadi lebih bermutu apabila warga digital telah memahami kewargaan digital.

Kewargaan digital bermanfaat untuk mengubah pola pikir warga digital saat menyaring berbagai macam informasi yang ada di dunia maya, sehingga informasi yang diambil akan lebih bermutu dan dapat dipertanggungjawabkan dengan baik. (Baca juga: Perkembangan Teknologi Komunikasi di Indonesia)

Demikian penjelasan terkait beberapa fungsi kewargaan digital.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Komunikasi digital