Sponsors Link

13 Peranan Internet Dalam Sarana Komunikasi

Sponsors Link

Bagi manusia, saling berkomunikasi merupakan hal yang sangat penting, sebab melalui komunikasi manusia dapat memenuhi kebutuhannya, menciptakan kebahagiaan hidup. Komunikasi dapat membantu perkembangan intelektual dan sosial, membentuk identitas serta jati diri, menjaga kesehatan mental, memahami realitas disekitar, serta membandingkan dan menguji kebenaran kesan dan pengertian yang dimiliki seseorang dengan orang lain.

ads

Internet sebagai media komunikasi dewasa ini telah menjadi sebuah sarana komunikasi global, yang lebih efektif dan efisien dibandingkan dengan sarana komunikasi lainnya.

Berbagai mjenis komunikasi dapat dilakukan melalui internet, mulai dari surat elektronik (e-mail), transmisi file, komunikasi dua arah dengan pesan teks, panggilan suara atau panggilan video, hingga media sosial (baca: pengaruh media sosial).

Internet membangun prospek layanan komunikasi tanpa batas, lintas negara, lintas benua (baca: komunikasi internasional), dan tak terbatas waktu.

Kemudahan yang ditawarkannya juga membuat peggunaan komunikasi melalui internet terus meningkat. Hanya dengan mengandalkan smartpone, kini kita dapat melakukan berbagai layanan komunikasi via internet yang efektif, efisien, dan tanpa batas tersebut. Pada artikel kali ini Pakar Komunikasi akan memaparkan 13 peranan internet dalam sarana komunikasi, yaitu sebagai berikut:

1. Sumber Informasi yang Lebih Luas

Melalui internet, kita dapat mencari berbagai informasi serta berita baik yang terbaru hingga yang telah lama berlalu dari seluruh dunia. Internet menyajikan pembaruan informasi dengan cepat setiap saat.

2. Sarana Pertukaran Data

Melalui jaringan internet, seluruh pengguna internet di seluruh dunia juga dimungkinkan untuk melakukan pertukaran data (baca: jenis-jenis interaksi sosial). Untuk membagikan sebuah data, seorang pengguna hanya perlu mengunggah (upload) data digital yang dimilikinya dari perangkatnya ke jaringan. Sedangkan untuk menerima data, seorang pengguna hanya perlu mengunduh data dari jaringan internet dan menyimpannya ke perangkatnya.

3. Media Pendidikan dan Hiburan

Kemunculan internet memunculkan cara belajar baru, yaitu belajar jarak jauh atau e-learning. Melalui internet, pengguna dapat mendapatkan pendidikan yang lebih luas (baca: komunikasi lintas budaya).

Berbagai ilmu pengetahuan bisa didapatkan dari berbagai situs pembelajaran, tak jarang juga disediakan berbagai e-book yang dapat kita unduh untuk dipelajari secara offline.

Selain pendidikan, internet juga menyediakan berbagai hiburan, seperti bermain games online, menonton atau mendengar berbagai video atau audio musik, video lucu, film dan sebagainya.

4. Media Bisnis dan Memudahkan Transaksi

Perkembangan internet juga mendorong inovasi dalam bisnis dan pemasaran. Salah satunya dengan munculnya e-commerce yang saat ini sedang marak-maraknya. Konsumen yang tidak memiliki banyak waktu luang atau kesulitan untuk pergi berbelanja sangat terbantu dengan kehadiran e-commerce (baca: teori media baru).

Sebab untuk berbelanja, pengguna hanya perlu berselancar di internet untuk mencari barang yang ingin dibeli dalam suatu situs belanja, kemuan melakukan transaksi pembelian, melakukan pembayaran pun dapat dilakukan melalui mobile banking ataupun e-banking.

Setelah itu barang akan dikirimkan ke alamat yang dimasukkan pengguna melalui kurir pengiriman barang.

Sponsors Link

5. Fungsi Komunitas

Melalui jejaring internet, pengguna internet dari seluruh dunia dapat bertemu di dunia maya, saling berkomunikasi dan membentuk komunitas sesuai hobi atau kepentingannya masing-masing (baca juga: etika komunikasi di internet). Misalnya komunitas traveller dunia, komunitas bisnis, komunitas sosialita, dsb.

Melalui komunitas tersebut, sesama anggitanya dapat saling berkomunikasi, menambah pertemanan, bertukar informasi, dan sebagainya.

6. Membuat Berkomunikasi Menjadi Lebih Mudah

ads
Sebelum masa internet, komunikasi jarak jauh hanya dapat dilakukan melalui telepon atau surat. Seringkali terjadi kendala/gangguan ketika melakukan panggilan telepon jarak jauh, terutama jika lintas negara (baca juga: etika komunikasi). Selain itu harganya juaga relatif mahal.

Terlebih lagi pengiriman dokumen melalui surat, diperlukan waktu yang cukup lama serta usaha yang lebih besar. Dengan kehadiran internet, komunikasi bakhan lintas benua sekalipun dapat dilakukan dengan mudah dan relatif murah, dan nyaris tanpa gannguan jika koneksi internet stabil.

7. Meningkatkan Hubungan

Membangun hubungan yang baik antar anggota keluarga yang berada di tempat bejauhan; atau membangun hubungan dengan teman di luar negeri; atau juga antar pekerja dari sebuah perusahaan yang tersebar di seluruh dunia tidaklah mudah. Diperlukan komunikasi yang cukup intens untuk melakukannya.

Dengan kehadiran internet, komunikasi bukan masalah lagi. Karna selain lebih mudah, komunikasi yang dapat dilakukan juga beragam. Mulai dari pesan, panggilan suara, ataupun panggilan video dapat dilakukan baik komunikasi antar pribadi maupun komunikasi massa.

8. Biaya yang Diperlukan Relatif Murah

Perangkat yang diperlukan untuk melakukan komunikasi melalui internet mungkin cukup mahal, terutama jika menginginkan perangkat terbaik dan koneksi jaringan internet yang stabil dan cepat.

Namun hal tersebut sebanding bahkan relatif murah jika dibandingkan dengan kegunaan serta kualitas komunikasi yang didapatkan. Misalnya rapat jarak jauh, yang memangkas waktu, biaya transportasi serta tempat.

9. Meningkatkan Kolaborasi

Internet mampu menghubungkan pengguna lintas dunia. Anggota suatu tim sebuah perusahaan, dapat dengan mudah berkolaborasi dengan angggota lainnya yang berasal  dari berbagai belahan dunia, saling bertukar informasi, menentukan keputusan, dan sebagainya tanpa batasan.

Demikian pula dengan pelajar dari Indonesia misalnya, dapat dengan mudah melakukan komunikasi dan berkolaborasi dengan pelajar dari negara lain. Saling berbagi ide, budaya (baca: komunikasi lintas budaya), ataupun bahan pelajaran.

10. Meningkatkan Produktivitas

Dengan adanya internet, komunikasi antara manajement dengan staff dalam tempat kerja dapat dilakukan dengan lebih efektif. Baik komunikasi internal maupun eksternal manajemen dan staff. Komunikasi yang effektif akan peningkatan produktivitas; sebab berpengaruh langsung terhadap bagaimana tingkah laku serta kinerja para pekerja.

11. Meningkatkan Akuntabilitas

Kesalahan-kesalahan yang dilakukan pekerja dalam suatu perusahaan, tentu akan memperlambat produktivitas. seringkali bahkan berakhir dengan pemecatan terhadap pegawai yang membuat kesalahan.

Dengan adanya internet, komunikasi dilakukan secara terbuka, misalnya dalam sebuah grup dimana semua anggotanya dapat mengungkapkan ide-idenya tanpa didominasi satu pihak saja. Sehingga akan segera terdeteksi jika terdapat kejanggalan, dan mencegah terjadinya kesalahan yang fatal.

Peran Lainnya

  • Jangkauan komunikasi yang tak terbatas
  • Komunikasi dapat berjalan dengan lebih efektif dan efisien

Demikian artikel mengenai peranan internet dalam sarana komunikasi ini. Terdapat 13 peranan yang dilakukan internet sebagai sarana komunikasi yaitu: sumber informasi yang lebih luas; sarana pertukaran data; media pendidikan dan hiburan; media bisnis dan memudahkan transaksi; fungsi komunitas; membuat berkomunikasi menjadi lebih mudah; meningkatkan hubungan; biaya yang diperlukan relatif murah; meningkatkan kolaborasi; meningkatkan produktivitas; meningkatkan akuntabilitas; jangkauan komunikasi yang tak terbatas; komunikasi dapat berjalan dengan lebih efektif dan efisien. Anda juga bisa membaca teori komunikasi dan dampak negatif dari internet sebagai tambahan referensi bacaan. Semoga bermanfaat!

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Komunikasi Daring