Sponsors Link

8 Contoh Kasus dalam Komunikasi Intrapersonal

Sponsors Link

Komunikasi menjadi elemen terpenting dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan masyarakat. Komunikasi yang mudah dipahami oleh khalayak akan menciptakan komunikasi yang efektif.

ads

Komunikasi dapat berupa komunikasi verbal dan komunikasi non verbal. Komunikasi verbal sering diaplikasikan dalam aktivitas sehari-hari seperti berbicara dan menulis surat untuk disampaikan kepada masyarakat. (Baca juga: Komunikasi Intrapersonal)

Komunikasi juga terdiri dari berbagai jenis seperti komunikasi intrapersonal, komunikasi interpersonal, komunikasi publik, komunikasi antar budaya, komunikasi organisasi, dan jenis komunikasi lainnya. Artikel kali ini akan membahas tentang jenis komunikasi intrapersonal. Komunikasi intrapersonal disebut juga komunikasi intrapribadi. (Baca juga: Teori Komunikasi Intrapersonal)

Menurut Devito, komunikasi intrapersonal atau komunikasi intrapribadi adalah komunikasi yang dilakukan dari diri sendiri dan untuk diri sendiri dengan tujuan untuk berpikir, melakukan penalaran, menganalisis, dan merenung. Diri sendiri berperan sebagai komunikator dan komunikan.

Komunikasi intrapersonal ini sengaja dilakukan untuk memberikan informasi atau pesan kepada diri sendiri tujuannya sebagai pengingat dan membiarkan diri sendiri untuk berpikir lebih baik lagi. (Baca juga: Contoh Sensasi Sistem Komunikasi Intrapersonal)

Seorang yang berinteraksi dengan menggunakan komunikasi intrapersonal berarti ia sedang memahami dirinya dirinya sendiri dan memperbaiki diri. Selain itu, komunikasi intrapersonal juga sering dilakukan melalui media komunikasi seperti internet. Kebanyakan penggunanya menggunakan komunikasi intrapersonal. (Baca juga: Hambatan Komunikasi Antar Pribadi)

Baca juga:

Berikut ini merupakan contoh kasus komunikasi intrapersonal yang sering terjadi di lingkungan masyarakat:

Diri sendiri kepada Tuhan YME

Contoh kasus komunikasi intrapersonal yang pertama adalah komunikasi intrapersonal antara diri sendiri dan Tuhan Yang Maha Esa. Komunikasi kepada Yang Maha Kuasa termasuk ke dalam komunikasi intrapersonal karena komunikasi berupa doa yang diucapkan oleh diri sendiri dan untuk diri sendiri.

Selain itu, berdoa juga membuat manusia dapat berpikir lebih baik lagi untuk kehidupan dengan memunculkan pemikiran-pemikiran positif yang berhubungan dengan agama, sehingga manusia mampu meningkatkan keimanannya.

Komunikasi di Media Sosial

Komunikasi yang dilakukan di media sosial juga termasuk ke dalam contoh kasus dalam komunikasi intrapersonal. Sebagai kaum milenial kita lebih banyak melibatkan komunikasi dengan kecanggihan teknologi, sehingga komunikasi menjadi lebih mudah dan cepat tersampaikan. 

Sponsors Link

Komunikasi yang dilakukan dalam media sosial ini dapat dikategorikan sebagai komunikasi intrapersonal karena kebanyakan pengguna media sosial menulis status tentang perasaannya sendiri walaupun dengan tujuan untuk dilihat oleh publik.

Informasi yang disampaikan oleh pengguna media sosial memang cenderung memamerkan emosional diri sendiri dan menceritakan kehidupan diri sendiri, sehingga dikategorikan sebagai contoh kasus dalam komunikasi intrapersonal.

Komunikasi di Lingkungan Masyarakat

Ketika seseorang ingin membeli baju baru maka ia pergi ke toko baju yang diinginkannya. Akan tetapi ketika sampai di lokasi ada beberapa baju yang ia suka, hati pun terasa bimbang untuk memilih baju mana yang akan ia beli. Hal ini terjadi komunikasi intrapersonal dimana orang yang ingin membeli baju tersebut berpikir untuk memilih baju yang mana yang ingin dibeli untuknya.

Adaptasi dan Sosialisasi di Masyarakat

Proses adaptasi dengan lingkungan sekitar juga termasuk ke dalam komunikasi intrapersonal. Pasalnya orang yang akan berinteraksi dengan orang baru akan berpikir dan berdialog dalam hati apakah dirinya dapat beradaptasi dengan keadaan lingkungan dan karakter masyarakat yang seperti itu.

Dialog dan pemikiran yang terjadi dalam diri sendiri ini terjadi secara spontanitas karena manusia pasti akan berpikir dan bertanya pada hatinya sendiri ketika ingin mengambil suatu tindakan termasuk beradaptasi di lingkungan yang baru dikenalnya.

Sponsors Link

Keberadaan Persepsi

Persepsi termasuk ke dalam contoh kasus dalam komunikasi intrapribadi. Setiap orang memiliki persepsi atau sudut pandang yang berbeda-beda. Persepsi adalah tindakan menafsirkan suatu informasi dengan memberikan gambaran dan pemahaman pada suatu permasalahan. Hal ini juga dikategorikan sebagai contoh kasus dalam komunikasi intrapersonal.

Pencarian Jati Diri

Seorang yang sedang melakukan proses pencarian jati diri juga menggunakan komunikasi intrapersonal. Pencarian jati diri dilakukan sebagai kenyamanan diri sendiri untuk menghadapi kehidupan di dunia.

Setiap orang memiliki karakter yang berbeda-beda, untuk itu pencarian jati diri sangat penting dalam membangun karakter yang baik dalam diri seseorang. Pencarian jati diri ini melibatkan komunikasi intrapersonal karena dilakukan dengan terfokus mengandalkan diri sendiri, menenangkan diri sendiri, membangun kepercayaan diri sendiri, dan kebaikan lainnya yang berhubungan dengan diri sendiri.

Intropeksi Diri

Komunikasi intrapersonal juga digunakan dalam memperbaiki diri sendiri misalnya dalam berintropeksi. Ketika seseorang dirundung berbagai masalah maka ia akan merenungkan kesalahan apa saja yang pernah dibuat olehnya.

Komunikasi intrapersonal dilakukan untuk merenungkan diri, memaafkan masa lalu, dan menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Komunikasi intrapersonal juga membangun rasa optimis dalam diri sendiri untuk mencapai perubahan diri yang lebih baik lagi dan tidak mengulangi kesalahan yang sama.

Jatuh Cinta

Seorang yang sedang jatuh cinta cenderung suka mengkhayal hal-hal yang indah tentang dirinya dan orang yang disukainya. Orang yang mengkhayal sebenernya ia sedang melakukan proses komunikasi intrapersonal karena mengkhayal merupakan hal yang berhubungan dengan berpikir. Oleh karena itu, berkhayal adalah salah satu contoh kasus dalam komunikasi intrapersonal.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :