Sponsors Link

8 Contoh Sensasi dalam Sistem Komunikasi Intrapersonal

Sponsors Link

Pembahasan kali ini akan menguraikan mengenai bagaimana contoh sensasi dalam sistem komunikasi intrapersonal. Seperti kita telah ketahui, sistem komunikasi intrapersonal merupakan sebuah struktur cara yang teratur yang tidak dapat dipisahkan antara satu dengan lainnya pada seseorang dalam rangka untuk melakukan komunikasi dengan diri pribadinya. Bentuk komunikasi intrapersonal ini bisa dikatakan adalah sebuah proses berpikir yang sering kita alami. (Baca juga: Teori komunikasi intrapersonal)

ads

Terdapat beberapa macam tahap yang meliputi di dalam sistem komunikasi intrapersonal ini, antara lain sensasi, persepsi, memori dan berpikir itu sendiri. Karena merupakan sebuah susunan atau struktur, maka tahapan tersebut sifatnya adalah hirarki. Artinya proses akan selalu diawali oleh sensasi dan diakhiri dengan memori dan tahap berpikir. Tahap sensasi sebagai bagian pertama dalam komunikasi intrapersonal menjadi sebuah hal yang menarik. Ini merupakan tahapan paling awal ketika seseorang dihadapkan pada stimuli dan akan mengolah informasi tersebut melalui semua indera yang ia miliki. Supaya lebih jelas, berikut adalah beberapamacam contoh sensasi:

  1. Proses Mendengar

Contoh sensasi yang pertama yaitu melalui proses mendengar. Sebuah stimulus berupa bunyi atau informasi tertentu akan didapatkan melalui pendengaran yang kemudian diteruskan sebagai sebuah sensasi mendengar. Suara-suara akan diinterpretasikan menjadi sebuah sensasi mendengar ketika terpapar oleh seseorang.

  1. Proses Melihat

Contoh selanjutnya yaitu melalui proses melihat. Informasi banyak bisa berupa apa yang kita lihat dan kemudian akan kita pikirkan. Inilah yang kemudian disebut sebagai sensasi melihat. Ketidakjelasan visual yang kemudian menjadi jelas, itu adalah contoh dari sensasi melihat. (Baca juga: Proses pengolahan informasi dalam komunikasi interpersonal)

  1. Proses Taktil

Informasi juga bisa berupa dalam bentuk sentuhan. Seseorang bisa merasakan apa saja yang ia pegang dan ia bisa dengan segera mencari ingatan mengenai apa yang sedang ia raba. Ini merupakan salah satu sensasi dari menyentuh atau meraba yang kemudian bisa kita sebut sebagai proses taktil.

  1. Penciuman

Stimulus juga bisa dalam bentuk bau yang bisa kita rasakan. Ini kemudian akan dijadikan sebuah sensasi yang bisa kita interpretasikan sendiri. Sensasi membau inilah yang kemudian masuk ke dalam contoh sensasi dalam sistem komunikasi intrapersonal.

  1. Gerakan

Gerakan tertentu bisa diamati melalui indera penglihatan. Kita bisa menyebutnya sebagai salah satu jenis dari sensasi melihat. Kita dapat mengamati apa yang terjadi di sekeliling kita melalui pergerakan-pergerakan yang ada. (Baca juga: Proses komunikasi interpersonal)

  1. Rasa Makanan

Pengamatan terhadap rasa makanan menjadi salah satu contoh dari sensasi mengecap. Kita mungkin kadang berpikir mengenai rasa makanan yang kurang enak atau sangat lezat. Dua hal ini merupakan sensasi dari mengecap rasa yang merupakan bagian dari sensasi dalam komunikasi intrapersonal.

  1. Membaca Buku

Saat kita asyik membaca buku, di situ akan selalu terjadi proses pertama dalam komunikasi intrapersonal, yaitu sensasi melihat. Stimulus yang ada berupa bahan bacaan tersebut akan dilihat sebelum kemudian diinterpretasikan ke dalam tahapan selanjutnya yaitu persepsi. Ini tentu juga sering kita lakukan, termasuk saat membaca posting saat ini.

  1. Menyimak Diskusi

Kegiatan menyimak diskusi melibatkan banyak sekali komponen dari penginderaan kita. Mulai dari penglihatan dan pendengaran. Keduanya akan saling sinergis untuk mengelompokkan setiap stimulus yang ada untuk kemudian diteruskan sebagai bahan informasi yang akan dipersepsikan dalam proses komunikasi intrapersonal. (Baca juga: Cara meningkatkan komunikasi interpersonal)

Jadi, itulah tadi beberapa macam contoh dari sensasi. Kita dapat mempelajarinya lebih lanjut mengenai proses sensasi ini dengan memperhatikan apa saja yang merupakan struktur atau tahapan dari komunikasi intrapersonal dan juga konsep psikologi komunikasi. Semoga informasi mengenai contoh sensasi dalam sistem komunikasi intrapersonal bermanfaat dan selamat meneruskan membaca.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :