Sponsors Link

Proses Pengolahan Informasi dalam Komunikasi Interpersonal

Sponsors Link

Pada topik kali ini, kita akan membahas mengenai proses pengolahan informasi dalam komunikasi interpersonal. Komunikasi interpersonal dikenal juga sebagai komunikasi antar pribadi. Bentuk komunikasi ini merupakan komunikasi yang melibatkan dua pihak, baik itu bisa individu dengan individu, individu dengan kelompok atau kelompok dengan kelompok. Pada dasarnya, di dalam komunikasi interpersonal akan selalu terjadi proses pertukaran informasi dari pengirim pesan (encoder) terhadap penerima pesan (decoder). Pesan tersebutlah yang kemudian disebut sebagai informasi. (Baca juga: Elemen komunikasi interpersonal)

ads

Proses pertukaran informasi tersebut merupakan esensi dari sebuah komunikasi. Tanpa adanya pesan atau informasi yang ditukarkan, tentu tidak mungkin bisa terjadi komunikasi yang baik. Hal ini bisa semakin terlihat dari bagaimana jika terjadi kegagalan penyampaian informasi. Informasi yang tidak diterima dengan baik pada saat proses pengiriman maka bisa menyebabkan gangguan komunikasi. Inilah mengapa kemudian sebuah komunikasi dikatakan efektif bila proses pertukaran informasi tersebut berjalan dengan baik. Komunikasi akan kurang efektif jika informasi atau pesan yang disampaikan tadi gagal untuk disampaikan.

Tahapan dalam Proses Komunikasi Interpersonal

Melihat begitu pentingnya masalah pertukaran informasi ini, maka tidak heran apabila kita perlu mengetahui proses pengolahan informasi tersebut dalam komunikasi interpersonal. Kita mungkin perlu memahami terlebih dahulu bagaimana proses komunikasi interpersonal secara umum. Proses komunikasi ini meliputi setidaknya ada 5 tahapan yaitu:

  • Sensasi
  • Asosiasi
  • Persepsi
  • Memori
  • Berpikir

Masing-masing proses komunikasi interpersonal tersebut bisa dipelajari lebih lanjut, dimana pada intinya, pengolahan informasi berada pada tahapan berpikir. Dalam tahap berpikir ini, seseorang yang sudah memasukkan informasi ke dalam memorinya kemudian akan mulai melakukan interprestasi terhadap pesan tersebut. Proses ini akan menentukan apakah informasi tersebut diterima dengan baik atau tidak. (Baca juga: Contoh persepsi dalam komunikasi interpersonal)

Perjalanan informasi dari tahap sensasi hingga berpikir memang berlangsung dengan sangat cepat. Jenis-jenis informasi yang berbeda kemudian akan diolah dalam tahap berpikir. Manakala ingatan dan persepsi seseorang cukup baik dalam menangkap pesan yang diterimannya, maka ia akan mulai melakukan pengolahan informasi tersebut. Pengalamannya terhadap informasi yang pernah diterimanya dulu mungkin juga akan berpengaruh terhadap hasil pengolahan informasi tersebut.

Pengambilan Kesimpulan

Pengambilan kesimpulan akan dilakukan pada saat melakukan komunikasi interpersonal setelah proses berpikir selesai. Seseorang akan memberikan reaksi, respon atau umpan balik terhadap informasi yang ia dapat. Informasi yang ia dapatkan kemudian diteruskan tersebut dikembalikan kepada pemberi pesan awal. Akhirnya, terjadilah proses komunikasi yang interaktif. Ini akan berlangsung terus menerus hingga tujuan dari komunikasi yang diinginkan tercapai. Proses komunikasi ini memang paling mendasar dan inti. Sehingga kita bisa mengetahui bahwa pengolahan informasi juga merupakan bagian yang penting di dalam mencapai tujuan komunikasi. Tanpa adanya pengolahan informasi, mungkin komunikasi tersebut hanya akan dianggap sebagai komunikasi yang tidak bermakna. (Baca juga: Jenis informasi edukatif persuasif dan rekreatif)

Komunikasi interpersonal melibatkan beberapa pihak dalam pelaksanaannya. Bentuk komunikasi ini memang khas dan sering kita terapkan dalam sehari-hari. Tujuan dalam proses komunikasi interpersonal jelas untuk bertukar informasi atau pesan yang berguna terhadap tujuan tertentu. Kita bisa menemukan hal-hal baru dengan melaksanakan proses komunikasi yang efektif tersebut. Gangguan komunikasi bisa disebabkan salah satunya karena proses komunikasi yang tidak tercapai dengan baik. Kegagalan dalam penerimaan informasi bisa menimbulkan masalah komunikasi lainnya.

Demikian penjelasan ringkas mengenai proses pengolahan informasi ini. Kita bisa membaca lebih banyak lagi hal-hal menarik seputar proses komunikasi interpersonal tersebut. Yang jelas, proses pengolahan informasi dalam komunikasi interpersonal menjadi bagian pokok yang tidak bisa dilepaskan dari proses tersebut.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :