Sponsors Link

10 Peran Etika Komunikasi dalam Hubungan Interpersonal

Sponsors Link

Peran etika komunikasi dalam hubungan interpersonal menjadi sesuatu yang tidak bisa dilepaskan pada saat kita akan melakukan proses interaksi. Etika merupakan sebuah tata cara yang baik dalam berkomunikasi sehingga dalam prosesnya, komunikasi interpersonal tersebut bisa berjalan dengan baik. Pihak yang diajak berkomunikasi (komunikan) bisa mendapatkan informasi yang sesuai tanpa harus mengalami suatu perselisihan tertentu. Dengan adanya komunikasi interpersonal yang baik, maka hubungan antar individu pun bisa berlangsung dengan lebih baik pula.

ads

Hubungan interpersonal merupakan hubungan yang terjadi baik antar individu maupun kelompok. Perlunya menjaga hubungan ini tentu saja semata-mata demi keharmonisan dalam kehidupan sehari-hari. Tanpa adanya hubungan interpersonal yang baik, tentu saja keharmonisan bisa saja tidak tercapai. Salah satu faktor penting yang berperan di dalamnya adalah etika komunikasi. Berikut ini adalah beberapa macam peran etika komunikasi tersebut:

  1. Menjaga Keharmonisan

Keharmonisan akan terjaga antar individu maupun kelompok. Seseorang yang mampu menerapkan etika komunikasi dapat menjaga cara berkomunikasi supaya tidak menimbulkan suatu perselisihan yang dapat mengganggu hubungan interpersonal.

  1. Menumbuhkan Sikap Saling Mengerti

Perbedaan pendapat tidak akan dianggap sebagai sesuatu yang perlu dipermasalahkan. Individu yang mengerti arti penting etika komunikasi kemudian akan memposisikan diri untuk mencari duduk permasalahan bersama dan mengambil kesepakatan secara mufakat. (Baca juga: Etika komunikasi antar budaya)

  1. Memberikan Pola Komunikasi yang Santun

Komunikasi yang santun merupakan salah satu ciri bentuk komunikasi yang beretika. Di dalamnya digunakan tata aturan tertentu yang tentu saja bisa memberikan citra tersendiri bagi seseorang. Tanpa adanya kesantunan ini, mungkin hubungan antar individu juga bisa terpengaruh.

  1. Komunikasi Efektif

Komunikasi dalam sebuah hubungan interpersonal akan menjadi lebih efektif dengan adanya etika di dalamnya. Seseorang akan lebih mampu memahami kapan ia harus berinteraksi, kapan ia harus diam dan lain sebagainya. (Baca juga: Etika komunikasi di media sosial)

  1. Menerapkan Nilai dan Norma

Nilai dan norma yang sudah berlaku di masyarakat bisa diterapkan dengan baik berkat peran etika komunikasi dalam hubungan interpersonal. Biasanya etika ini akan berlandaskan dari nilai dan norma yang sudah ada dalam suatu kelompok masyarakat sebelumnya.

  1. Menjaga Individu dalam Bersikap

Hampir mirip dengan komunikasi yang santun, etika komunikasi juga bisa menjaga individu dalam bersikap dan berperilaku. Mereka akan melakukan beberapa hal sehingga bisa menjadikan proses komunikasi berjalan dengan begitu baik.

  1. Tidak Memaksakan Pendapat Pribadi

Terkadang seseorang terlalu keras dengan pendapat pribadinya. Namun dengan adanya etika komunikasi antar pribadi, maka penyampaian pendapat pun bisa dilakukan dengan lebih santun. Konteks komunikasi harus diperhatikan dengan baik sehingga tidak terjadi perselisihan paham.

  1. Memperluas Jaringan Interaksi

Jaringan interaksi bisa menjadi semakin luas dengan adanya etika komunikasi. Seseorang akan lebih dihargai pendapatnya ketika bisa melakukan komunikasi dengan tata cara yang tepat. Ia juga mungkin bisa memperluas jaringan komunikasi karenanya. (Baca juga: Etika dalam penggunaan media komunikasi)

  1. Memperkuat Hubungan Interpersonal

Hubungan antar individu yang sudah dibentuk akan semakin kuat. Di dalamnya akan berlangsung keharmonisan yang semakin memperkuat hubungan tersebut. Ini tentunya merupakan peran dari etika yang termasuk penting.

  1. Mudah Mendapatkan Solusi

Perdebatan seringkali dianggap sebagai faktor penghambat dalam mengambil sebuah keputusan atau solusi. Oleh karenanya, kita bisa menggunakan etika dalam berkomunikasi supaya meminimalkan terjadinya perdebatan. Dengan demikian, solusi pun mudah untuk dicapai dan dicari.

Demikian beberapa macam peran etika komunikasi yang bisa kita identifikasi. Pada dasarnya komunikasi tanpa etika bisa menjadi sebuah permasalahan tersendiri. Kita bisa mulai menerapkannya supaya peran etika komunikasi dalam hubungan interpersonal benar-benar kita rasakan.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :