Sponsors Link

13 Pentingnya Komunikasi Daring Dalam Dunia Pendidikan

Sponsors Link

Komunikasi merupakan bagian terpenting dalam proses belajar mengajar. Dalam dunia pendidikan terutama di sekolah komunikasi yang terjalin akan bisa membuat proses belajar menjadi efektif sebagaimana kelebihan facebook dalam pembelajaran daring .

ads

Sebab, komunikasilah yang menjadikan terjadinya interaksi dalam proses belajar. Seperti yang anda tahu bahwa interaksinyang terjalain akan bisa menghasilkan hubungan terutama antara guru dan murid.

Komunikasi dan interaksi yang baik antara pengajar dan murid akan bisa memaksimalkan hasil yang diperoleh selama pendidikan sebagaimana media sosial dalam komunikasi digital. Banyak yang percaya bahwa pengetahuan dan informasi dapat terserap dengan baik karena adanya komunikasi yang efektif.

Seiring dengan perkembangan tekonologi komunikasi tidak hanya terbatas pada pola saling bertatap muka. Ada istilah komunikasi daring atau komunikasi dunia maya dimana bisa menghubungkan lebih banyak orang.

Tentunya perkembangan tersesut juga menyasar hingga dunia pendidikan. Komunikasi daring dinilai cukup efektif dalam dunia pendidikan. Bahkan kini komunikasi daring menjafi salah satu cara yang memudahkan seseorang untuk mendapatkan pendidikan. Lalu bagaimanakan sebenernya peran komunikasi daring ini, untuk membahwanya lebih jauh berikut mengenai 13 Pentingnya Komunikasi Daring Dalam Dunia Pendidikan masa kini.

1. Sebagai Arus Informasi

Komunikasi daring mampu menjafinsebuah jembatan dalam arus informasi. Kini setiap siswa, guru mauoun staf tidak perlu lagi datang kedeoan papan pengumuman hanya untuk melihat dan menyimak pengumuman.

Mereka dapat langsung membuka web sekolah untuk memastikan hal-hal penting tersebut. Maka dalam hal ini komunikasi daring memegang peranan dimana informasi dapat diterima dan disebar secara lebih luas. Tinggal klik, baca dan lalu kemudian anda tahu, mudah bukan.

2. Menghubungkan Lebih Banyak Orang

Komunikasi daring mampu menghubungkan lebih banyak orang sebagaimana pengaruh media sosial dalam dunia pendidikan . Tentunya dalam dunia pendidikan hal ini amatlah penting. Sebab semakin banyak dapat menghubungkan orang tentunya komunikasi akan semakin luas terjalin.

Jika dalam pendidikan formal sekolah seorang pengajar hanya mampu mengajar maksimal 40 siswa. Maka dengan menggunakan komunikasi daring anda bisa menguhubungkan dan berbagi informasi dengan lebih banyak orang.

3. Membantu Tercapainya Tujuan Pendidikan

Pendidikan bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan ilmu terhadap semua siswa atau mereka yang membutuhkannya. Oleh karena itu, komunikasi daring juga dapat digunakan sebagai fasilitas.

Sponsors Link

Dimana komunikasi daring sekaligus dapat digunakan untuk mempermudah tercapainya tujuan dari pendidikan. Sebab komunikasi daring dapat melakukan hal yang lebih mudah dan cepat.

4. Salah Satu Bentuk Penyelesaian Masalah Akademik

Komunikasi daring juga dapat menjadi solusi penyelesaian dari persoalan akademik. Dimana beberapa persoalan yang belum dapat terselesaikan melalui komunikasi publik.

Komunikasi daring mampu membuat komunikasi terjadi lebih intens. Meskipun tanpa bertatap muka,namun komunikasi daring dinilai dapat menjadi solusi sekaligus penyelesaian dalam masalah akademik dan mengesampingkan dampak negatif media sosial  .

5. Memuat Informasi yang Lebih Up to date 

Tahukan anda bahwa informasi yang tersedia dalam komunikasi daring dinilai lebih up to date. Sebab pastinya merupakan info terbaru. Komunikasi daring mampu mengjadirkan informasi yanh fresh, segar dan tidak usang. Sehingha nilai informasi akan lebih meningkat. Terlebih lagi info yang up to date pastinya akan selalu dicari dan bermanfaat.

6. Mampu Memperluas Pengetahuan

Komunikasi daring memungkinkan para pelaku pendidikan dapat dengan mudah memperoleh info dan penegetahuan yang bermanfaat. Sebagaimana ilmu lainnya, dalam komunikasi daring mampu memberikan pengetahuan yang luas layaknya komunikasi formal pada umumnya. Bahkan forum yang kian luas akan semakin memperkaya anda dengan informasi dan pengetahuan dan bermanfaat.

7. Mempermudah Saling Berbagi Informasi

Seiring dengan perkembangan teknologi maka komunikasi daring juga semakin berkembang. Dalam dunia pendidikam sendiri komunikasi daring memegang peranan penting .

Dimana para pelaku pendidikan dapat dengan mudah saling berbagi informasi. Dengan menggunakan berbagai media sosial serta forum pastinya belajar,diskusi dan sebagainya menjadi aktifitas pendidikan yang menyenangkan.

8. Diskusi Menjadi Lebih Menyenangkan

Sebagaimaba dijelaskan pada poin sebelumnya, bahwa komunikasi daring akan berdampak positif pada diskusi. Jika biasnya anda akan melakukan tanya jawab dan sedikiy debat pada forum diskusi tatap muka.

Maka beda cerita dalam komunikasi daring yang pastinya akan lebih mudah dan terlihat menyenangkan. Sebab anda bisa membuat diskusi menjadi hal yang ringan dan seru sebagaimana dampak media sosial terhadap komunikasi  remaja masa kini .

9. Membantu Dalam Menyusun Strategi Belajar yang Lebih Bermutu

Peningkatan mutu pendidikan sangat didukung oleh perkembangan teknologi. Sebab pastinya kita harus mengikuti setiap perkembangan yang ada agar tidak dikatakan ketinggalan zaman. Begitupun dalam proses belajar dan pendidikan maka anda juga harus mengikuti zaman.

Dengan memyertakan komunikasi darin dalam pendidikan maka anda akan merasa terbantu dalam menyususn strategi pendidikan yang lebih up to date sekaligus bermutu.

10. Menjadi Jembatan Hubungan Antara Siswa dan Murid

Komunikasi merupakan jembatan awal bagi para pengajar dan selaku murid. Hubungan ini tentunya harus terjalin dan terjaga dalam rangka memudahkan tercapainya tujuan pendidikan.

Komunikasi daring sendiri dapat menciptakan ruang yang lebih akrab bagi murid dan guru. Dimana jenis komunikasi ini dapat menjevatan jarak yang anda ketika komunikasi berkangsung secara tatap muka.

Tidak semua murid pastinya mampu berkomunikasi dengan baik ketika bertatap muka. Alasannya beragam dari mulai malu, segan dan bahkan tak memiliki keberanian. Sehingga ketika hadit komunikasi daring maka mampu memperkecil hal tersebut. Sekaligis memperlebab ruang murid dan guru untuk dapat berkomunikasi dengan intens.

11. Membantu Menciptakan Iklim Edukatif

Pastinya pendidikan harus mampu memenuhi unsur edukatif. Dimana didalamnya haris terdapat pengetahuan baik secara luas maupun sempit.

Dibandingkan dengan komunikasi tatap muka komunikasi daring dinilai mampu menciptakan suasana yang lebih edukatif. Meskipun konsepnya akan lebih menyenagkan namun tentunya tak dapat melupakan fungsinyan dalam menciptakan suasana yabg edukatif.

12. Membantu Proses Belajar Lebih Efektif

Proses pendidikan formal tidak selalu berjalan efektif dan efisien. Justru bisa berlangsung dengan sebaliknya. Oleh sebab itu, komunikasi daring hadir dalam rangka membuat pendidikan berjalan lebih efektif. Dimana proses belajar berlangsung lebih menyenangkan dan mengasikkan. Sehingga dapat menghasilkan pola pendidikan yang efetif bagi semua kalangan.

13. Meningkatkan Minat Belajar para Siswa

Tahukan anda bahwa komunikasi daring dinilai lebih banyak menarik minat siswa. Sebab proses belajar dinilai lebih efektif, menyenangkan, tidak terlalu memakan waktu, tanpa harus melalui aktifitas fisik serta waktu yang panjang. Tanpa terpaut ruang dan wakti anda bisa dengan leluasa mengadakan proses belajar.

Inilah yang kemudoian membuat proses pendidikan melalui komunikasi darimg dapat berjalan dengan efisien dan mengmyenankan.

13 Pentingnya Komunikasi Daring Dalam Dunia Pendidikan masa kini. Semoga dapat menjadi tambahan pengetahuan serta referensi. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Komunikasi Daring