Sponsors Link

Kelebihan Facebook dalam Pembelajaran Daring

Sponsors Link

Dengan perkembangan teknologi dan komunikasi yang semakin canggih, tentu sangat sayang apabila peluang dan kemudahan tidak dimaksimalkan untuk mengembangkan sesuatu.

ads

Salah satunya adalah dalam dunia pembelajaran, dimana guru selalu dituntut untuk mampu berinovasi dan menyesuaikan pembelajaran dengan perkembangan zaman. Dan metode yang saat ini yang sedang dikembangkan adalah metode pembelajaran online learning.

Kita tahu bahwa pada masa kini gadget dan sosial media menjadi bagian penting dalam kehidupan masyarakat, terutama generasi muda. Bahkan, sebagian waktu sering dihabiskan untuk mengakses media sosial. Melihat fakta ini, sudah semestinya para pemerhati pendidikan termasuk guru mulai berinisiatif untuk memanfaatkan media sosial sebagai media pembelajaran siswa.

Adapun salah satu media sosial yang dimiliki oleh mayoritas siswa jaman sekarang adalah facebook. Namun, apakah facebook cukup efektif untuk pembelajaran online?

Nah, dalam artikel kali ini, saya akan membahas mengenai kelebihan facebook dalam pembelajaran daring, yaitu sebagai berikut :

  1. Mudah dibuat dan dioperasikan

Alasan mengapa sosial media yang satu ini cukup terkenal dan memiliki banyak pengguna adalah karena kemudahan dalam membuat akun dan dalam menggunakannya.

Di Indonesia sendiri terdapat 130 juta pengguna facebook pada tahun 2018, dimana jumlah ini menjadikan Indonesia sebagai pengguna facebook terbanyak ke-4 di dunia.

Dari data tersebut kita bisa menyimpulkan bahwa sekitar 2/3 penduduk Indonesia telah memiliki akun facebook, dengan mayoritas pengguna adalah generasi muda. Sehingga, facebook merupakan salah satu media sosial yang cukup mudah untuk digunakan sebagai media pembelajaran.

  1. Media pembelajaran yang menarik

Dalam facebook, terdapat banyak fitur yang memudahkan pembelajaran, salah satunya kemudahan membuat grup. Dengan adanya grup ini, komunikasi antara guru dan siswa lebih mudah dan jelas.

Guru dapat memberikan materi dan siswa dapat mengaksesnya tanpa konsentrasi harus terpecah antara mendengarkan dan mencatat seperti saat berada di kelas.

Terkadang, saat di kelas, siswa sulit mengikuti pelajaran karena guru mengajar terlalu cepat atau mungkin siswa tidak memiliki kesempatan untuk bertanya, namun dengan pembelajaran online siswa dapat mengulang materi yang diberikan dan dapat bertanya melalui fitur chat di grup.

  1. Dapat mengatasi masalah ruang dan waktu

Peran media sosial dalam komunikasi digital yang paling kentara adalah dalam hal mengatasi masalah jarak dan waktu. Dengan pembelajaran online, siswa dan guru tidak harus berkumpul dalam satu kelas. Mereka dapat belajar dimanapun dan kapanpun sesuai dengan kesepakatan.

Dengan keleluasaan ini, pembelajaran online tidak hanya menghemat biaya transportasi, tetapi juga menghemat waktu untuk menuju ke sekolah.

Di sekolah, terkadang siswa merasa jenuh karena harus selalu belajar di dalam kelas, tetapi dengan keleluasaan tempat saat pembelajaran online, siswa dapat memilih tempat belajar yang nyaman sehingga mereka dapat berkonsentrasi lebih baik.

Selain itu, pembelajaran online juga dapat meningkatkan kreativitas siswa, dimana siswa dapat mencari sumber sendiri sesuai kebutuhannya dan tidak hanya berpusat pada materi yang diberikan di kelas.

Sponsors Link

  1. Membuat waktu belajar lebih fleksibel

Kelebihan facebook dalam pembelajaran daring selanjutnya adalah menjadikan aktivitas belajar lebih fleksibel. Guru dapat memberikan tugas kapanpun, siswa juga dapat mengerjakan di waktu luang.

Sehingga, masing-masing pihak dapat mengatur waktu sendiri. Karena masing-masing orang memiliki waktu produktif berbeda-beda sehingga pembelajaran daring ini akan memudahkan banyak pihak untuk menemukan waktu terbaik dalam belajar.

  1. Memudahkan komunikasi antar siswa atau siswa dan guru

Saat di sekolah, mungkin terkadang ada materi yang belum dipahami siswa. Dan saat di rumah, siswa kesulitan mengerjakan tugas karena tidak memahami pelajaran, tetapi dia juga tidak bisa bertanya kepada teman karena kendala jarak. Dengan adanya aplikasi facebook, komunikasi tidak terbatas oleh jarak.

Siswa dapat bertanya kepada teman dimanapun mereka berada. Bahkan, siswa juga dapat langsung bertanya kepada guru atau melakukan video interaktif secara langsung.

Dengan lima kelebihan di atas, kita dapat mengetahui bagaimana pengaruh media sosial dalam bidang pendidikan, bahwa dengan adanya facebook sebagai media pembelajaran daring, siswa diberikan kesempatan seluas-luasnya untuk berkembang dan mengeksplor pengetahuan.

Siswa dapat belajar dengan nyaman dan rileks tanpa rutinitas monoton yang dilakukan saat berada di kelas. Namun, apakah facebook cukup efektif sebagai media pembelajaran daring? Apakah dengan berbagai manfaat komunikasi daring tersebut dapat menjadikan facebook sebagai pilihan terbaik untuk pembelajaran?

Sponsors Link

Selain membagikan lima kelebihan di atas, kami juga akan menjelaskan beberapa kelemahan facebook  dan dampak negatif media sosial, sebagai berikut:

  • Konsentrasi mudah teralihkan

Pada dasarnya, aplikasi facebook didesign supaya setiap orang dapat mengekspresikan kehidupan mereka melalui media sosial. Sehingga kita bisa lihat saat ini, bahwa kebanyakan pengguna suka sekali mengunggah foto atau menulis status di facebook.

Inilah salah satu faktor yang membuat facebook masih populer sampai saat ini. Facebook juga selalu rutin meningkatkan fitur-fitur baru yang menarik pengguna. Namun, di sinilah titik kelemahan facebook sebagai media pembelajaran. Apabila siswa tidak punya keinginan kuat untuk belajar, fokusnya akan mudah teralihkan oleh foto-foto yang terpampang di beranda.

  • Menjadikan siswa lebih individualis

Dengan adanya sekolah, sebenarnya siswa tidak hanya dapat belajar, melainkan juga untuk bersosialisasi dengan teman-teman. Manusia tidak hanya butuh kemampuan intelektual, melainkan juga kemampuan emosional.

Dengan kurangnya bersosialisasi dengan orang lain membuat siswa akan kesulitan dalam membawa diri saat kondisi harus menuntutnya untuk memiliki kemampuan berkomunikasi, misalnya di dunia kerja. Anda dapat mengetahui dampak lainnya dari media sosial dalam artikel dampak-sosial media terhadap komunikasi remaja masa kini.

Sekian artikel mengenai Kelebihan facebook sebagai pembelajaran daring. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan pembaca. Terima kasih.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Komunikasi Daring