Sponsors Link

Peranan Media dalam Olahraga

Sponsors Link

Dengan persaingan yang semakin ketat disertai tuntutan untuk mendapat banyak audiens, media massa kini semakin gencar mencari topik-topik hangat yang dapat menarik perhatian publik. Salah satu topik yang tak pernah berhenti diikuti oleh media adalah dalam bidang olahraga.

ads

Dari sini mungkin kita sudah mengetahui, alasan mengapa media terus  mengamati perkembangan olahraga adalah karena olahraga tak pernah membosankan untuk dinikmati bagi penggemarnya. Pemberitaan olahraga atau siaran pertandingan olahraga tertentu akan selalu terasa asyik bagi pendukung setia. Inilah kenapa media akan selalu membidik olahraga yang memiliki banyak peminat.

Contohnya, sepakbola. Media seakan tak pernah absen dalam menyorot dan menyiarkan pertandingan sepakbola baik dalam lingkup nasional maupun internasional.

Dengan hubungan tersebut, tentu di lapangan keberadaan satu sama lain akan saling mempengaruhi. Jelas kita mengetahui bahwa alasan media menyiarkan olahraga adalah untuk kepentingan komersiil, dimana intinya peran olahraga bagi media yaitu sebagai penyumbang acara untuk mendapatkan banyak audiens dan media akan mendapatkan keuntungan.

Namun, bagaimana dengan sebaliknya? Bagaimana pengaruh media terhadap perkembangan olahraga?  Dan berikut ini telah kami rangkum delapan pengaruh dan peranan media dalam olahraga, diantaranya :

  1. Meningkatkan popularitas olahraga

Tidak dapat dipungkiri bahwa secara langsung media meningkatkan popularitas olahraga. Dengan gencarnya suatu pemberitaan olahraga oleh media, publik juga akan semakin sering membicarakannya. Dan biasanya, macam-macam berita terhangat akan selalu menarik untuk dijadikan topik pembicaraan, baik di rumah, lingkungan sekolah, kantor, maupun lingkungan masyarakat.

Orang yang sebelumnya tidak tahu akan menjadi tahu dan ada kemungkinan bahwa topik yang dibicarakan akan menggugah rasa ingin tahu orang tersebut. Dengan perkembangan media yang menyebabkan informasi yang cepat meluas, maka transfer informasi dari satu pihak ke pihak lain juga akan semakin cepat. Yang akhirnya akan menjadikan popularitas olahraga semakin meningkat. Ketahui juga berbagai peran media dalam artikel peran media massa.

  1. Mendukung program olahraga

Dengan besarnya perhatian publik terhadap olahraga, secara tidak langsung media telah membantu menciptakan pasar keuangan untuk pendidikan di bidang olahraga.

Banyak beasiswa diberikan kepada anak-anak yang unggul dan berbakat untuk melanjutkan pendidikan dan menempuh karir dalam bidang olahraga. Dan adanya beasiswa ini tentu tidak lepas dari pengaruh media massa terhadap masyarakat yang membuat publik menaruh perhatian lebih terhadap olahraga.

  1. Memberitakan secara detail akan olahraga yang sedang atau akan berlangsung

Tanpa adanya media, mungkin perhatian masyarakat terhadap olahraga tidak akan sebesar saat ini. Karena untuk mengetahui berita tentang olahraga, seseorang harus secara aktif mengikuti setiap perkembangan dan pertandingan. Dan kebanyakan orang akan enggan untuk melakukannya, baik karena alasan waktu maupun finansial.

Namun, dengan adanya bantuan media, informasi didapat dengan mudah dan cepat, bahkan acap kali disiarkan secara langsung. Dengan seperti ini, setiap orang dapat mengakses informasi dimanapun dan kapanpun tanpa perlu hadir di pertandingan.

Bahkan, banyak orang yang justru lebih suka menonton pertandingan melalui televisi. Karena sudut pandang yang didapat lebih jelas daripada saat menonton pertandingan secara langsung.

  1. Menjadikan olahraga sebagai acara hiburan

Dalam kenyataan sehari-hari, pertandingan olahraga sering dijadikan sebagai ajang seru untuk berkumpul dan nonton bareng bersama keluarga atau teman-teman. Pertandingan olahraga menjadi hiburan yang dapat menyeimbangkan berita lainnya, misalnya politik, bisnis, dan topik-topik lain yang terkesan berat.

Sponsors Link

  1. Meningkatkan kepedulian masyarakat akan dunia olahraga

Dengan meningkatnya popularitas olahraga, kemungkinan besar semakin banyak juga orang yang berminat untuk terjun dalam dunia olahraga.

Sehingga di sini orang akan mulai merubah pandangannya, bahwa olahraga bukan hanya sebagai acara untuk hiburan, melainkan dapat menjadi salah satu bidang pendidikan yang akan berkembang menjadi karir.

Dan seperti yang disebutkan sebelumnya, para pemerhati pendidikan akan mulai menaruh perhatian pada dunia olahraga dan membantu perkembangan bidang olahraga dengan memberikan beasiswa bagi mereka yang memiliki potensi serta keinginan kuat.

  1. Mempengaruhi sistem olahraga

Ketergantungan antara olahraga dan media massa menyebabkan beberapa sistem olahraga perlu menyesuaikan media massa, misalnya waktu penayangan.

Agar olahraga mendapat perhatian maksimal, waktu pertandingan akan disesuaikan dengan waktu tayangan utama. Tidak hanya itu, ada beberapa pengaruh media massa dalam olahraga, seperti perubahan peraturan, jadwal kompetisi, tayangan olahraga, dan lain sebagainya.

Sponsors Link

  1. Melahirkan pahlawan olahraga

Seiring dengan meningkatnya popularitas olahraga, idola-idola dalam olahraga pun mulai bermunculan. Hal ini tidak hanya lahir dari persepsi pribadi penonton dalam menilai bakat pemain, melainkan juga dipengaruhi oleh media yang membesarkan nama pemain tersebut.

Orang yang tadinya merasa biasa saja, akan mulai memperhatikan pemain tertentu apabila banyak orang yang membicarakannya. Sehingga, dari opini publik inilah muncul pahlawan-pahlawan dunia olahraga. Inilah salah satu  contoh peran media dalam opini publik. Untuk mengetahui berbagai pengaruh media massa, Anda dapat membaca artikel efek media massa.

  1. Mengganggu fokus pemain

Apabila poin-pon sebelumnya peranan media dalam olahraga cenderung ke arah positif, maka pada poin terakhir ini dijelaskan bagaimana media mengganggu konsentrasi pemain untuk berkembang.

Terkadang media hanya menginginkan informasi dengan cepat dan ingin memiliki banyak audiens dengan mempublikasikan berita yang sebenarnya dapat mengganggu ketenangan pemain. Bahkan untuk mengejar waktu tayang, informasi tidak dikonfirmasi sehingga belum tentu benar.

Maka tidak heran bahwa banyak pemain yang justru prestasinya menurun karena tidak tahan dengan gangguan media.

Sekian artikel mengenai peranan media dalam olahraga. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan pembaca. Terima kasih.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Media Komunikasi