Sponsors Link

10 Pentingnya Komunikasi dalam Dunia Kerja

Sponsors Link

Komunikasi merupakan istilah yang sering dipakai untuk menunjukkan proses interaksi dalam masyarakat. Komunikasi tidak hanya digunakan antar individu saja, tetapi komunikasi juga menjadi vital dalam kehidupan suatu lembaga. Pembahasan kali ini berhubungan dengan dunia kerja.

ads

Bagaimana peran komunikasi dalam dunia kerja. Komunikasi menjadi hal terpenting dalam dunia kerja karena dunia kerja dihadapkan oleh banyak orang yang memiliki latar belakang yang berbeda-beda mulai dari suku, budaya, usia, pola pikir, karakter, agama, dan lain sebagainya. Komunikasi berperan sebagai penghubung antar individu yang berbeda tersebut dan disatukan untuk mencapai tujuan bersama dalam sebuah perusahaan. (Baca juga: Strategi Komunikasi Efektif di Tempat Kerja)

Komunikasi dalam dunia kerja juga berfungsi sebagai pembelajaran untuk seorang karyawan yang baru mengenal dunia kerja. Oleh karena itu, komunikasi yang baik diperlukan antara karyawan. Selain itu, seorang pemimpin juga dituntut untuk berkomunikasi secara efektif dengan karyawannya karena seorang pemimpin berperan sebagai jembatan antara satu karyawan dengan karyawan yang lain.

Hal ini dapat mempengaruhi kinerja kerja karyawan untuk mencapai kesuksesan bersama. Selain itu, faktor lingkungan kerja juga mempengaruhi kinerja kerja karyawan. Lingkungan kerja yang tidak nyaman berdampak pada sumber daya manusia. Ketidaknyamanan dalam bekerja membuat seseorang tidak ingin bekerja di perusahaan tersebut. Artinya, ada pemborosan dalam sumber daya manusia. (Baca juga: Contoh Komunikasi Non Verbal dalam Dunia Kerja)

Adapun peningnya komunikasi dalam dunia kerja adalah sebagai berikut:

  1. Bertukar informasi

Komunikasi merupakan proses interaksi yang digunakan untuk bertukar informasi antara komunikator dengan komunikan. Oleh karena itu, komunikasi berperan penting sebagai tempat pertukaran informasi dalam sebuah perusahaan. Informasi yang diperoleh biasanya berhubungan dengan aktivitas perusahaan tersebut baik yang bersifat membangun atau informasi positif maupun informasi negatif. (Baca juga: Pengaruh Komunikasi Bisnis dalam Perusahaan)

  1. Menerapkan sebuah peraturan

Komunikasi berperan sebagai penerapan sebuah peraturan dalam perusahaan. Setiap perusahaan memiliki peraturan masing-masing yang berfungsi untuk mencapai suatu tujuan bersama. Peraturan berfungsi untuk memudahkan seseorang dalam bekerja. Peran penting komunikasi ini biasanya digunakan oleh atasan atau pemimpin perusahaan untuk mensosialisasikan peraturan tersebut kepada bawahannya atau karyawannya. (Baca juga: Bentuk Komunikasi Bisnis)

  1. Memahami karakter seseorang

Komunikasi dapat menjadi unsur penting dalam suatu perusahaan. Komunikasi digunakan untuk memahami karakter seseorang. Dengan memahami karakter seseorang maka kita dapat dengan mudah berkomunikasi secara efektif dan menghindari kesalahpahaman di tempat kerja. (Baca juga: Contoh Komunikasi Horizontal dalam Perusahaan)

Sponsors Link

  1. Menyelesaikan suatu konflik

Komunikasi menjadi hal terpenting untuk memecahkan suatu masalah yang sedang terjadi di perusahaan. Apabila sebuah perusahaan sedang dilanda konflik, hal yang dilakukan adalah mengadakan rapat untuk menyelesaikan konflik yang tengah dihadapi oleh perusahaan tersebut. (Baca juga: Manajeman Komunikasi Perusahaan)

  1. Pembentuk hubungan

Setiap perusahaan memiliki kerja sama dengan perusahaan lainnya. Oleh karena itu, komunikasi menjadi penting dalam dunia kerja. Komunikasi berperan sebagai pembentuk hubungan, yaitu komunikasi digunakan untuk membangun relasi dengan perusahaan lain. Komunikasi yang diterapkan dalam hal ini adalah komunikasi persuasif, dimana suatu perusahaan dapat membujuk perusahaan lain untuk bergabung dan menjalin kerjasama. (Baca juga: Pola Komunikasi Organisasi)

  1. Mengambil keputusan

Keputusan dalam sebuah perusahaan biasanya diputuskan oleh seorang pemimpin perusahaan. Keputusan-keputusan yang diambil oleh pemimpin biasanya dikomunikasikan terlebih dahulu melalui rapat yang dihadiri oleh para petinggi perusahaan beserta karyawannya. Dalam hal ini komunikasi sangat dibutuhkan sebagai bahan pertimbangan yang berupa tanggapan dari peserta rapat atas keputusan-keputusan yang akan diambil. (Baca juga: Contoh Iklim Komunikasi dalam Sebuah Organisasi atau Perusahaan)

  1. Menciptakan kepuasan kerja

Komunikasi yang bersifat terbuka sering dibutuhkan dalam dunia kerja. Seorang pemimpin wajib berkomunikasi dengan karyawannya secara terbuka. Tujuan komunikasi terbuka adalah untuk mengetahui permasalahan-permasalahan yang sedang dihadapi oleh karyawannya, sehingga pemimpin tersebut dapat mengontrol peningkatan kinerja karyawannya.

Selain itu, komunikasi juga menciptakan kepuasan kerja yang dirasakan oleh karyawannya. Dengan demikian, karyawan dapat merasa dihargai oleh perusahaan. (Baca juga: Contoh Komunikasi Horizontal dalam Organisasi)

  1. Meningkatkan produktivitas

Komunikasi yang efektif memberikan kenyamanan pada karyawan dalam sebuah perusahaan. Komunikasi yang dilakukan oleh seorang pemimpin perusahaan dan karyawannya juga dapat mempengaruhi tingkat produktivitas seorang karyawan dalam bekerja. Selain dapat meningkatkan produktivitas karyawan, komunikasi yang buruk juga dapat menurunkan minat kerja seorang karyawan. (Baca juga: Komunikasi Kepemimpinan)

Sponsors Link

  1. Masa depan

Seorang pemimpin dalam sebuah perusahaan diwajibkan untuk berkomunikasi dengan baik oleh karyawannya. Karyawan berperan penting dalam suatu perusahaan karena karyawan yang bekerjasama dengan baik dapat merealisasikan tujuan-tujuan yang ditargetkan oleh perusahaan. Oleh karena itu, komunikasi yang efektif antara pemimpin perusahaan dengan karyawan menghasilkan masa depan yang menjanjikan untuk perusahaan tersebut. (Baca juga: Etika Komunikasi Bisnis)

  1. Meningkatkan motivasi

Motivasi merupakan hal yang penting untuk meningkatkan produktivitas dalam bekerja. Motivasi ini juga berkaitan dengan komunikasi. Komunikasi menjadi unsur penting dalam dunia kerja terutama dapat meningkatkan motivasi seseorang dalam bekerja.

Komunikasi yang baik dapat mempengaruhi seseorang menjadi lebih giat dalam bekerja. Begitu pula sebaliknya, komunikasi yang buruk berdampak buruk pada motivasi seseorang yang berakibat kepada konflik perusahaan itu sendiri. (Baca juga: Komunikasi yang Efektif)

Demikian penjelasan terkait apa saja pentingnya komunikasi dalam dunia kerja agar tecipta lingkungan kerja yang harmonis dan nyaman

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :