Sponsors Link

8 Contoh Komunikasi Horizontal dalam Perusahaan

Sponsors Link

Tulisan kali ini akan memberikan contoh komunikasi horizontal dalam perusahaan yang akan menambah pemahaman kita mengenai arah komunikasi. Sebelumnya, kita harus mengetahui bahwa komunikasi itu memiliki arah. Ada komunikasi horizontal, komunikasi vertikal, komunikasi diagonal dan lain sebagainya dimana pada intinya arah komunikasi tersebut akan menunjukkan pola-pola tertentu. Dengan adanya arah komunikasi, maka kita juga bisa semakin memperhatikan etika ataupun tata cara selama berkomunikasi. (Baca juga: Contoh komunikasi horizontal dalam perusahaan)

ads

Sebuah perusahaan pasti memiliki struktur organisasi. Inilah yang kemudian menjadikan adanya arah komunikasi tadi. Salah satu arah komunikasi yang sering dilakukan merupakan komunikasi horizontal. Komunikasi horizontal mengandung makna bahwa komunikasi seorang individu dilakukan terhadap sesama individu atau kelompok lain yang masih dalam satu jabatan atau satu posisi dalam organisasi tersebut. Ini juga tergantung dengan saluran komunikasi dalam organisasi. Berikut ini adalah contohnya:

  1. Komunikasi sesama direktur

Dalam perusahaan, komunikasi horizontal bisa terjadi antar direktur. Biasanya ini terjadi pada saat akan mendiskusikan hal-hal tertentu terkait dengan kebijakan-kebijakan yang ada dalam perusahaan. Bentuk komunikasi ini merupakan bentuk horizontal karena terjadi dalam posisi jabatan yang sama sehingga tidak ada perbedaan mencolok di sana.

  1. Komunikasi sesama supervisor

Sama halnya dengan contoh sebelumnya, sesama supervisor biasanya akan saling berkoordinasi untuk mengawasi unitnya. Manakala ada permasalahan atau pun hal-hal lain yang perlu didiskusikan, maka supervisor akan bertemu dan saling berdiskusi. Ini merupakan bentuk komunikasi horizontal yang juga lumrah terjadi dalam sebuah perusahaan. (Baca juga: Pola komunikasi organisasi)

  1. Komunikasi sesama manajer

Manajer di setiap unit dalam perusahaan tentu memiliki tugas pokok dan fungsi yang berbeda-beda. Untuk menyatupadukan pekerjaan supaya bisa berjalan dengan baik, manajer akan saling melakukan komunikasi supaya jalannya pekerjaan bisa lancar dan tanpa hambatan. Ini adalah contoh dari komunikasi horizontal yang ada di tingkat jabatan manajer.

  1. Komunikasi sesama staff

Komunikasi sesama staff adalah contoh komunikasi horizontal dalam perusahaan yang paling umum. Masing-masing staff di unit yang sama akan saling berkomunikasi dan berdiskusi mengenai pekerjaan mereka. Staff di unit lain yang saling berkomunikasi juga bisa disebut memiliki arah komunikasi horizontal selama posisi di unit tersebut juga berada dalam satu tingkat.

  1. Komunikasi sesama kepala departemen

Kepala departemen atau sub divisi yang ada dalam perusahaan juga biasanya akan berkoordinasi untuk mengetahui apa saja yang dilakukan unit lain. Komunikasi yang terjadi di sini memiliki arah horizontal karena dilakukan oleh sesama kepala departemen. Bentuk komunikasi ini juga bisa umum dan sering kita dapati selama bekerja dalam perusahaan. (Baca juga: Strategi komunikasi organisasi)

  1. Komunikasi sesama ketua tim

Beberapa perusahaan menggunakan cara kerja dengan menggunakan ketua tim. Staff akan dibagi menjadi beberapa kelompok kecil lagi dengan ketua tim di sana. Komunikasi antar ketua tim merupakan komunikasi horizontal yang juga bisa kita amati pula. Ini adalah bentuk komunikasi yang umum dilakukan terutama untuk berbagi pengetahuan baru antara ketua tim.

  1. Komunikasi sesama project manager

Project manager (PM) bertanggung jawab untuk mengelola tugas yang akan diberikan pada staff pelaksana. Umumnya PM akan berkoordinasi dengan PM lainnya untuk memastikan bahwa tidak ada tugas yang tertinggal atau terduplikasi. Bentuk komunikasi yang dilakukan sesama PM ini merupakan bentuk komunikasi horizontal.

  1. Komunikasi sesama administrator

Administrator juga memiliki peranan penting dalam sebuah perusahaan. Tanpa adanya seorang administrator, fungsi-fungsi administratif mungkin bisa menjadi terganggu. Para admin juga biasanya akan berkoordinasi untuk mengerjakan tugas-tugas yang sifatnya administratif. Komunikasi yang berlangsung memiliki arah horizontal.

Setelah mengetahui beberapa macam dari komunikasi horizontal, sekarang kita menjadi lebih paham bagaimana penerapannya dalam keseharian di kantor. Selalu perhatikan etika dan kesantunan saat berkomunikasi dengan rekan kerja. Semoga contoh komunikasi horizontal dalam perusahaan ini bermanfaat dan jangan segan untuk membaca tulisan menarik lain seputar komunikasi.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :