Sponsors Link

8 Contoh Komunikasi Formal dalam Pembelajaran

Sponsors Link

Memahami konsep dari komunikasi pendidikan akan lebih mudah bila kita mengetahui contoh komunikasi formal dalam pembelajaran. Bentuk komunikasi formal dianggap memiliki kesan yang lebih elegan dan profesional. Dengan menggunakan bentuk komunikasi ini, maka seorang pengajar bisa lebih dihargai dan proses komunikasi pembelajaran yang berlangsung bisa berjalan dengan kondisif. Kunci pokok dari pembelajaran adalah tentang bagaimana membangun strategi komunikasi yang tepat. Oleh karenanya, tidak heran apabila kemudian komunikasi formal bisa menjadi pilihan tepat untuk melaksanakan hal ini.

ads

Komunikasi formal dalam pembelajaran juga memiliki keuntungan lain seperti misalnya penggunaan bahasanya yang lebih mudah dimengerti peserta didik. Selain itu, dengan menggunakan komunikasi formal seseorang juga bisa lebih apik dalam menjaga tutur bahasanya. Berikut adalah beberapa contoh komunikasi formal di dalam proses pembelajaran:

  1. Proses Belajar Mengajar dalam Kelas

Contoh dari komunikasi formal yang bisa dengan mudah kita pahami adalah proses belajar mengajar di dalam kelas. Seorang guru akan menggunakan bahasa Indonesia yang baku dan formal sehingga mudah untuk dipahami kepada murid-muridnya. Citra elegan dan juga meyakinkan akan didapatkan dengan adanya bentuk komunikasi formal ini. (Baca juga: Penerapan komunikasi efektif dalam pembelajaran)

  1. Presentasi Diskusi

Selanjutnya, dalam kegiatan pembelajaran pasti seringkali ada presentasi dari hasil diskusi. Penyampaian dari hasil diskusi tersebut hendaknya menggunakan komunikasi formal. Ini akan memiliki nilai edukatif yang lebih baik. Tentu saja hal ini akan memberikan proses pembelajaran yang lebih bermakna lagi dan mengesampingkan hambatan-hambatan komunikasi.

  1. Seminar

Seminar merupakan bagian dari proses pembelajaran. Seseorang yang akan menjadi pembicara dalam seminar akademik akan menggunakan jenis komunikasi formal. Bentuk komunikasi ini lebih diterima dan dihargai sehingga nilai-nilai akademis yang ada dalam seminar menjadi lebih terasa jika dibandingkan dengan menggunakan komunikasi informal.

  1. Workshop

Contoh komunikasi formal dalam pembelajaran selanjutnya bisa kita temui pada saat kita mengikuti workshop atau pelatihan tertentu. Kegiatan ini akan menggunakan komunikasi formal. Lagi, kesan elegan akan didapatkan dengan adanya penggunaan jenis komunikasi ini. Workshop juga akan memiliki nilai akademis yang lebih.

  1. Presentasi Karya Ilmiah

Publikasi hasil dari karya ilmiah kita pada saat akan dipresentasikan pasti akan menggunakan jenis komunikasi formal. Walaupun mungkin kesannya menjadi kaku dan serius, tetapi justru itulah yang diharapkan. Komunikasi formal menunjukkan bahwa kita tidak sedang main-main dengan hasil karya ilmiah yang akan kita presentasikan.

  1. Sidang Akademik

Sidang akademik untuk mendapatkan gelar pendidikan tertentu merupakan hal yang akan dilewati oleh mahasiswa. Komunikasi formal sangat wajib untuk digunakan dalam proses ini. Seperti pada poin sebelumnya, komunikasi formal akan menunjukkan keseriusan kita dalam mengikuti sidang akhir sehingga proses pembelajaran yang ada menjadi benar-benar bermakna. (Baca juga: Penerapan strategi komunikasi dalam pembelajaran)

  1. Konsultasi Akademik

Konsultasi akademik bisa dilakukan antara peserta didik dengan pengajarnya. Biasanya proses diskusi ini lebih disarankan menggunakan komunikasi formal sehingga ada perbedaan yang cukup jelas antara peserta didik dan pengajar. Walaupun beberapa lebih setuju bahwa komunikasi informal dapat merekatkan hubungan lebih baik, namun kadang ini justru menjadikan proses pembelajaran meluas hingga ke hubungan sosial yang kurang profesional.

  1. Diskusi Akademik

Terakhir, adalah kegiatan diskusi akademik. Sebagai akademisi, seseorang tentu perlu menggunakan bahasa yang santun dan tertata dalam . Komunikasi formal adalah jawaban untuk hal ini. Di dalam forum diskusi, hendaknya menggunakan bahasa-bahasa yang formal dan juga tertata. Jangan sampai forum diskusi menjadi ajang untuk bercanda dan keluar dari konteks pembahasan. (Baca juga: Komponen-komponen komunikasi)

Demikianlah beberapa macam contoh dari komunikasi formal. Kita bisa mengamati mulai sekarang terutama bagi mereka yang sedang ada dalam jenjang pendidikan tertentu, bahwa komunikasi formal diperlukan supaya pembelajaran menjadi lebih bermakna. Jangan segan untuk menemukan contoh komunikasi formal dalam pembelajaran lainnya dan tunggu postingan menarik lainnya.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :