Sponsors Link

8 Contoh Penerapan Komunikasi dalam Lingkungan Keluarga

Sponsors Link

Mengetahui contoh penerapan komunikasi dalam lingkungan keluarga akan berguna terutama saat kita menerapkan pola komunikasi yang baik di dalam keseharian. Komunikasi antar anggota keluarga mungkin menjadi sesuatu hal yang tidak asing lagi untuk kita. Latar belakang keluarga juga akan sangat berpengaruh dengan jenis komunikasi yang ada di dalamnya. Ada keluarga yang menginginkan komunikasi antara orang tua dan anak berjalan dengan mengunggulkan tata krama, ada keluarga yang berkomunikasi dengan mengakrabkan diri dan lain sebagainya. Etika komunikasi antar pribadi digunakan di sini.

ads

Beragam gaya komunikasi tersebut tidak masalah selama keharmonisan keluarga bisa tetap terjalin dengan baik. Kunci utama dalam komunikasi di lingkungan keluarga tentunya adalah bagaimana membangun kehangatan dan penyampaian pesan yang bermakna tanpa adanya kesalahpahaman melalui komunikasi antar pribadi. Berikut ini adalah beberapa macam contoh dari penerapan komunikasi tersebut:

  1. Permintaan izin orang tua

Di lingkungan keluarga, ada kalanya anak akan meminta izin kepada orang tua untuk melakukan sesuatu. Komunikasi yang akan dilakukan anak kepada orang tua tentu akan menggunakan bahasa-bahasa santun. Ini merupakan contoh penerapan yang paling umum terjadi dalam suatu lingkungan keluarga. (Baca juga: Cara berkomunikasi dengan baik)

  1. Diskusi keluarga

Diskusi keluarga biasanya dilakukan untuk memecahkan permasalahan bersama. Kadang-kadang tidak semua anggota dilibatkan. Komunikasi interpersonal hanya terjadi antar orang tua saja, antar anak, antara orang tua dengan beberapa anak atau memang lengkap semuanya. Bentuk komunikasi ini biasanya memiliki bentuk komunikasi lingkaran dimana semua yang terlibat dalam komunikasi akan menerima paparan informasi yang proporsional.

  1. Kumpul keluarga besar

Saat merayakan hari-hari besar tertentu, kadang keluarga besar akan mengadakan acara kumpul-kumpul. Di sinilah nampak penerapan komunikasi di lingkungan tersebut. Kita akan menjadi lebih tahu bagaimana pola interaksi antar anggota keluarga secara lebih luas. Karakteristik yang ada pun akan sesuai dengan latar belakang dan budaya keluarga tersebut.

  1. Pendidikan di rumah

Saat orang tua mendampingi belajar anaknya, ini merupakan salah satu contoh penerapan komunikasi dalam lingkungan keluarga. Komunikasi yang terjadi di sini tentu saja masuk dalam kriteria komunikasi pembelajaran. Kadang tidak diperlukan penggunaan bahasa formal di sini. Bahasa informal akan lebih merekatkan hubungan orang tua dengan anak.

  1. Berbagi pengalaman atau cerita

Kebiasaan keluarga selanjutnya yaitu saling bertukar pengalaman, cerita dan aktivitas yang telah dilakukan. Sebenarnya ini bisa dikatakan juga sebagai salah satu bentuk komunikasi dengan isi informasi yang sifatnya reportase. Penerapan komunikasi ini akan bagus untuk merekatkan jalinan kasih sayang orang tua dengan anak, dengan membina hubungan yang saling terbuka satu sama lain.

  1. Komunikasi jarak jauh antar anggota keluarga

Saat anak-anak sudah menjadi dewasa, kadang mereka harus meninggalkan orang tuanya untuk merantau. Komunikasi bisa tetap dilakukan dengan melakukan komunikasi jarak jaruh. Penerapan komunikasi ini umum terjadi di lingkungan keluarga. Pada dasarnya, kemudahan teknologi sudah membuat proses ini menjadi bukan hal yang sulit lagi. (Baca juga: Komponen-komponen komunikasi)

  1. Mendongeng

Mendongeng adalah salah satu aktivitas menyenangkan bagi orang tua untuk menghibur anaknya yang masih kecil. Bentuk komunikasi yang terjadi memang mungkin saja masih satu arah. Namun demikian ini tetap menjadi salah satu bagian dari penerapan komunikasi.

  1. Komunikasi pada bayi

Hampir mirip dengan mendongeng, berkomunikasi dengan bayi menjadi tantangan tersendiri bagi keluarga baru. Bayi hanya akan memberikan sinyal-sinyal tertentu berupa tangisan atau pun senyuman sebagai tanda ia nyaman atau tidak. Penerapan komunikasi ini juga merupakan hal yang memang bisa kita temui dalam lingkungan keluarga.

Jadi, itulah beberapa macam bentuk penerapan komunikasi yang ada dalam keluarga. Kita bisa mengamati lebih banyak lagi untuk memahami apa saja komunikasi yang mungkin sering dilakukan. Contoh penerapan komunikasi dalam lingkungan keluarga ini masih umum dan bisa dikembangkan lebih banyak lagi.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :