Sponsors Link

6 Pengaruh Media Sosial terhadap Keamanan Nasional

Sponsors Link

Media sosial muncul sebagai salah satu dampak dari perkembangan teknologi dan komunikasi. Bahkan media sosial juga memiliki berbagai macam bentuk maupun variasi, dari internet, jejaring media, berbagai macam aplikasi sosial media, dan lain sebagainya. Walaupun secara umum pengaruh media sosial dalam komunikasi memberikan pengaruh yang positif. Namun tahukah anda bahwa media sosial juga dapat memberikan pengaruh yang lebih serius atau dampak negatif dari media sosial, seperti pengaruh terhadap keamanan nasional. Apa saja pengaruh tersebut? berikut beberapa penjelasan mengenai pengaruh media sosial terhadap keamanan nasional.

ads

Dalam perkembangannya, keamanan nasional  saat ini tidak dapat dihindarkan dari adanya peran media sosial sebagai salah satu media komunikasi. Hal ini disebabkan karena adanya kemudahan penyebaran informasi melalui media sosial, bahkan media sosial juga menjadi wadah bagi setiap individu maupun warga negara untuk bersuara maupun menyalurkan pendapat. Berikut 6 pengaruh media sosial terhadap keamanan nasional secara umum:

1. Media sosial sebagai ancaman bagi keamanan nasional

Pengaruh yang pertama adalah bahwa media sosial berpengaruh terhadap peningkatan ancaman bagi keamanan nasional. Sebelum  media sosial berkembang seperti sekarang, ancaman keamanan nasional terjadi secara nyata dari adanya serangan, peperangan, maupun yang lainnya. Namun berkembangnya media sosial meningkatkan ancaman keamanan nasional dimana memudahkan kejahatan-kejahatan yang mengancam kestabilan suatu negara datang dari berbagai macam aspek, seperti munculnya kejahatan dunia maya, propaganda, dan lain sebagainya.

2. Media sosial sebagai jalur intervensi negara

Media sosial juga dapat berpengaruh terhadap kedaulatan suatu negara. Dimana dengan semakin berkembangnya media sosial memungkinkan peningkatan terhadap intervensi satu negara terhadap negara lain. Artinya bahwa suatu negara akan lebih mudah ikut campur terhadap urusan domestik maupun urusan dalam negeri negara lainnya. Tentunya kondisi tersebut juga akan mempengaruhi keamanan nasional suatu negara.

3. Media sosial berpengaruh terhadap kestabilan dalam negeri

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bahwa media juga menjadi wadah bagi aspirasi maupun pendapat publik. Maka dari itu, media sosial juga berpengaruh terhadap keamanan nasional dimana dapat mengancam kestabilan dalam negeri. Salah satunya adalah melalui propaganda, dimana semakin mudahnya informasi didapatkan semakin sulit untuk menentukan mana informasi yang benar dan yang tidak benar. Tentunya hal ini dapat mengarahkan pendapat publik juga menghilangkan kepercayaan publik terhadap pemerintah. Kondisi tersebutlah yang kemudian dapat mengancam kestabilan dalam negeri.

4. Meningkatkan peran atau ancaman terorisme

Media sosial juga dapat meningkatkan peran dan ancaman terhadap hadirnya terorisme. Media sosial juga dapat dijadikan wadah bagi terorisme untuk menyebarkan paham mereka dan mempengaruhi publik. Bahkan media sosial juga dapat dijadikan media ancaman dan perekrutan anggota baru. Hal-hal tersebut yang pastinya akan berpengaruh pula terhadap keamanan nasional dan menjadi ancaman yang perlu di perhatikan.

5. Media sosial meningkatkan kerjasama keamanaan nasional

Selain beberapa pengaruh negatif media sosial terhadap keamanan nasional diatas, efek media sosial juga dapat memberikan pengaruh positif. Salah satu pengaruhnya adalah adanya peningkatan kerjasama keamanan nasional antar negara. Setiap negara dapat meningkatkan sistem keamanan mereka dengan membuat maupun menciptakan kerjasama keamanan nasional dengan satu maupun lebih negara. Sehingga nantinya dapat menciptakan kebijakan-kebijakan yang dapat mengurangi dampak negatif dari perkembangan media sosial.

6. Media sosial sebagai wadah informasi keamanan nasional

Pengaruh positif yang lainnya adalah media sosial menjadi salah satu contoh media dalam interaksi sosial. Dimana dapat dijadikan sebagai wadah informasi mengenai suatu keamanan nasional. Sehingga publik bisa mengetahui apa yang sedang terjadi terhadap negaranya, dan dapat pula memberikan rasa aman dalam kehidupan bernegara.

Demikian informasi mengenai pengaruh media sosial terhadap keamanan nasional. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat. Simak juga tentang penggunaan bahasa dalam media sosial, sejarah media baru dan
kelemahan bahasa sebagai media komunikasi.

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Media Komunikasi