Sponsors Link

6 Pengaruh Media Sosial Terhadap Kesehatan Jiwa

Sponsors Link

Munculnya media sosial memang memudahkan setiap orang untuk berkomunikasi atau terhubung dengan banyak orang di belahan dunia. Bahkan dengan adanya media sosial, setiap orang juga dapat mengabadikan peristiwa-peristiwa penting yang terjadi dalam kehidupan sehari-harinya. Peranan media sosial dalam masyarakat memang besar, namun tahukah anda bahwa banyak penelitian yang dilakukan terhadap kemunculan media sosial dan dampaknya bagi kesehatan jiwa maupun kesehatan mental.

ads

Menurut beberapa penelitian yang dilakukan, media sosial memberikan pengaruh negatif terhadap kesehatan jiwa, dikarenakan munculnya rasa ketergantungan untuk bermain sosial media. Apa saja pengaruh tersebut? berikut beberapa pengaruh media sosial terhadap kesehatan jiwa secara umum :

1. Menimbulkan perasaan negatif

Pengaruh yang pertama adalah bahwa media sosial dipercaya menimbulkan perasaan negatif bagi para penggunanya. Dimana media sosial menyebabkan lebih sering perasaan ketidakbahagiaan, kecemasan, hingga depresi muncul. Hal ini disebabkan ketika seseorang tidak menggunakan media sosial dengan hati-hati dan dalam takaran yang terlalu sering atau terlalu banyak maka akan menimbulkan rasa sedih, cemas, dan juga tertekan. Kondisi tersebut akan mengganggu kesehatan jiwa seseorang.

2. Masalah harga diri

Media sosial sebagai salah satu contoh media dalam interaksi sosial juga dapat menimbulkan masalah harga diri. Dimana banyak pengguna media sosial sering membandingkan diri sendiri dengan orang lain, kemudian akan merasa bahwa diri sendiri kurang maupun tidak sebahagia orang lain. Dari aktivitas-aktivitas yang dibagikan dalam media sosial tersebutlah setiap orang dapat membandingkan satu sama lain. Kondisi tersebut tidak baik bagi kesehatan jiwa karena mempengaruhi harga diri dan rasa percaya diri seseorang.

3. Menurunkan kemampuan komunikasi secara nyata

Pengaruh yang paling sering diperbincangkan adalah bahwa media sosial dapat menurunkan kemampuan seseorang dalam berkomunikasi secara nyata. Para pengguna media sosial yang lebih terpaku dengan layar ponsel, akan mengalami kesulitan saat berkomunikasi maupun menjalin hubungan pribadi pada kehidupan nyata dengan orang lain disekitarnya. Anda juga pasti tidak asing dengan istilah media sosial menjauhkan yang dekat, dan mendekatkan yang jauh. Hal ini merupakan salah satu efek media sosial bagi kemampuan komunikasi individu.

4. Menimbulkan kecanduan

Media sosial juga akan berpengaruh terhadap kehidupan sehari-hari, salah satunya adalah munculnya rasa kecanduan untuk bermain media sosial. Hal ini menimbulkan seseorang akan mengalami rasa kehilangan atau rasa kekurangan dalam kesehariannya saat tidak bermain media sosial. Beberapa kriteria kecanduan media sosial diantaranya seperti sering mengabaikan kehidupan pribadi, mudah terpengaruhi, lari dari kenyataan, dan lain sebagainya. Rasa kecanduan terhadap media sosial tersebut merupakan salah satu dampak negatif dari media sosial bagi kesehatan jiwa.

5. Menimbulkan rasa kesepian

Rasa kesepian memiliki hubungan yang erat dengan kesehatan jiwa. Dimana media sosial juga sering menimbulkan rasa kesepian terhadap para penggunanya. Hal ini disebabkan karena teman yang dimiliki dalam media sosial tidak dapat memberikan efek terapeutik seperti teman nyata yang dapat benar-benar menemani atau bahkan memberikan dukungan di kehidupan nyata. Oleh sebab itulah, ketika seseorang sering bermain media sosial atau bahkan mendapatkan teman yang banyak hanya didalam media sosial saja, maka orang tersebut dapat berkemungkinan akan sering mengalami rasa kesepian.

6. Mempengaruhi waktu tidur

Secara sadar atau tidak sadar, media sosial juga berpengaruh besar terhadap waktu tidur. Dimana apabila seseorang mendapatkan waktu tidur yang kurang atau tidak sesuai, maka pastinya akan berpengaruh pula pada kesehatan jiwa atau bahkan juga kesehatan tubuh secara menyeluruh. Media sosial menyebabkan seseorang pasti bermain ponsel sebelum tidur, dalam kondisi ini maka otak akan berada pada posisi waspada karena adanya perasaan cemas maupun iri yang dirasakan. Selain itu, media sosial juga dapat mempengaruhi kualitas tidur karena hal-hal negatif yang dipikirkan sebelumnya.

Demikianlah pengaruh media sosial terhadap kesehatan jiwa yang bisa mempengaruhi seseorang yang juga sebagai bentuk dari peranan media sosial dalam masyarakat. Lain dari pada itu ada juga pengaruh media sosial dalam pendidikan dan pengaruh media sosial terhadap keamanan negara.

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Media Komunikasi