Sponsors Link

6 Pengaruh Media Audio Visual terhadap Hasil Belajar

Sponsors Link

Berkembangnya zaman dan teknologi, menyebabkan sarana komunikasi atau yang biasa disebut sebagai media komunikasi juga ikut berkembang dan memiliki berbagai macam bentuk. Salah satu bentuk atau macam-macam media komunikasi adalah media audio visual. Media audio visual sendiri merupakan suatu bentuk media komunikasi modern yang bisa untuk dilihat dan juga didengar dalam waktu bersamaan. Oleh sebab itu dalam mengakses informasi atau pesan dalam media audio visual dibutuhkan indra penglihatan dan juga indra pendengaran. Beberapa contoh diantaranya adalah televisi dan video.

ads

Media audio visual sendiri sering digunakan dalam dunia pendidikan atau dunia belajar mengajar, hal ini merupakan salah satu fungsi media komunikasi. Hal tersebut tentunya tidak lepas dari adanya perkembangan zaman dan juga teknologi yang berpengaruh pada hampir semua aspek kehidupan, termasuk dalam dunia pendidikan. Adanya penggunaan media audio visual dalam dunia pendidikan pastinya juga berpengaruh terhadap hasil belajar. Apa saja pengaruh tersebut? berikut ini beberapa pengaruh media audio visual terhadap hasil belajar, baik pengaruh positif maupun pengaruh negatif:

1. Meningkatkan semangat atau motivasi belajar

Salah satu pengaruh media audio visual terhadap hasil belajar adalah dapat meningkatkan semangat atau motivasi individu untuk belajar. Hal ini disebabkan karena, dengan adanya video maupun gambar yang dapat dilihat meningkatkan ketertarikan individu terhadap materi yang dipelajari. Dengan adanya media audio visual, proses belajar juga menjadi tidak membosankan dan lebih bervariasi, bahkan juga tidak menciptakan rasa tegang selama proses belajar. Kondisi tersebut pastinya akan berpengaruh terhadap hasil belajar yang lebih positif bagi setiap individu.

2. Meningkatkan daya ingat terhadap materi belajar

Media audio visual dapat mempermudah penyampaian pesan dan materi belajar, maupun juga memudahkan individu untuk menerima dan memahami materi yang disampaikan. Dengan adanya ilustrasi seperti gambar dan video nantinya akan meningkatkan daya ingat individu terhadap materi yang disampaikan. Artinya bahwa hasil belajar yang dilakukan dengan media audio visual berpotensi untuk bertahan lebih lama pada ingatan individu dibanding dengan materi yang disampaikan hanya secara lisan saat proses belajar mengajar.

3. Meningkatkan kemampuan berfikir dan beranalisa

Media audio visual juga mampu meningkatkan kemampuan berfikir dan beranalisa, hal ini disebabkan karena setiap individu yang belajar dengan media audio visual dipaksa untuk menginterpretasikan informasi atau materi yang diberikan secara mandiri. Untuk memahami materi yang disampaikan, maka diperlukan waktu untuk berfikir dan menganalisa. Oleh sebab itu, media audio visual dapat meningkatkan kemampuan individu dalam proses belajarnya untuk berfikir dan menganalisa materi yang dipelajari. Tentunya kondisi tersebut juga berpengaruh positif bagi hasil belajar individu.

4. Memberikan efektifitas dan efisiensi

Media audio visual menghasilkan suatu sarana belajar yang efektif dan efisien, dimana juga menciptakan cara belajar yang lebih bervariasi. Dengan adanya media audio visual, setiap individu dapat menerima materi dalam waktu yang lebih cepat, namun akan bertahan lebih lama dalam ingatan. Selain itu, media audio visual juga dapat dirancang sebagai mana kebutuhan individu dalam proses belajarnya menyesuaikan bagi mereka yang cepat maupun lambat dalam membaca dan memahami materi belajar.

5. Meningkatkan sikap pasif dalam proses belajar

Tidak hanya memberikan pengaruh yang positif bagi hasil belajar, media audio visual juga dapat berpengaruh negatif bagi proses belajar yang berlangsung. Salah satunya adalah dapat meningkatkan sikap pasif individu dalam proses belajarnya. Artinya bahwa akan ada kemungkinan mereka untuk lebih memilih memahami materi dengan sendirinya, dan tidak bersikap pasif tanpa adanya diskusi maupun pertanyaan yang dapat disampaikan dalam proses belajar. Mengingat bahwa proses belajar juga tidak hanya dapat dilakukan sendiri namun juga perlu adanya tukar pikiran maupun diskusi.

6. Menurunkan minat membaca

Pengaruh media audio visual terhadap hasil belajar yang terakhir adalah menurunkan minat membaca. Secara umum, buku dianggap sebagai jendela dunia, namun ketika media audio visual lebih dipilih dalam setiap proses belajar maka hal tersebut dapat menurunkan minat membaca individu. Kondisi tersebut tentunya tidak baik bagi hasil belajar individu nantinya, minat membaca juga merupakan hal yang penting dalam peningkatan hasil belajar setiap individu.

Itulah 6 pengaruh media visual terhadap hasil belajar yang memberikan pengaruh positif dalam meningkatkan pemahaman dalam pembelajaran. Simak juga sejarah desain komukasi visual, fungsi telepon digital dalam komunikasi visual, dan macam-macam media komunikasi.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Media Komunikasi