Sponsors Link

12 Fungsi Telepon Digital Dalam Komunikasi Visual Bagi Masyarakat Moderen

Sponsors Link

Fungsi komunikasi digital dalam komunikasi visual kini semakin penting. Terlebih lagi saat ini komunikasi bisual semakin berkembang serta perkembangannyapun ikut mengikuti perkembangan zaman. Komunikasi visual sendiri atau komunikasi melalui penglihatan adalah sebuah rangkaian proses penyampaian informasi atau pesan kepada pihak lain dengan penggunaan media penggambaran yang hanya terbaca oleh indra penglihatan. Komunikasi visual menkombinasikan seni, lambang, tipografi, gambar, desain grafis, ilustrasi, dan warna dalam penyampaiannya.

ads

Rambu lalu lintas dan ikon ikon di dalam program komputer adalah bentuk komunikasi visual sederhana , seperti juga ikon di dalam keyboard portable sound. Di jalan pun seperti zebra cross dan ikon sepeda motor terjadi hubungan komunikasi secara visual seperti logo-logo perusahaan dan tanda di kebun raya dan kebun binatang .  Dengan perkembanagan teknologi dan alat komunikasi digital juga ikut berpengaruh kepada komunikasi visual. Sebab keberadaan komunikasi digital sendiri sangat berpengaruh dalam komunikasi visual sebagiamana faktor memilih media komunikasi  .

Dengan perkembangan zaman komunikasi yang dilakukan tidak hanya sekadar bincang-bincang, tetapi komunikasi mengalami perkembangan dengan ditemukannya alat-alat teknologi. Lalu muncul komunikasi digital, yang mana kita melakukan interaksi dan penyampaian pesan melalui beberapa perangkat tambahan seperti macam macam media komunikasi misalnya komputer, handphone sebagai media komunikasi moderen, internet dan masih banyak lagi. Nah sebagaimana 12 fungsi telepon digital  dalam komunikasi visual bagi msyarakat modern .

  1. Kemudahan dan Kenyamanan

Suatu individu atau kelompok akan terpacu untuk melakukan sesuatu jika ia merasakan kemudahan dan kenyamanan dalam melakukan sesuatu. Hal ini juga berlaku pada proses komunikasi. Jika terdapat komunikasi digital yang sangat mudah dan nyaman dilakukan, maka suatu individu atau kelompok pun dapat terpacu untuk melakukan sesuatu yang bernilai.

Hal ini bisa kita lihat contohnya seorang penulis yang terpacu untuk menyampaikan informasi dengan tulisan-tulisannya karena adanya perkembangan teknologi informasi dalam jaringan. Dorongan atau pacuan ini dapat kita manfaatkan dengan benar jika kita mendapatkan suatu inspirasi atau motivasi yang baik dan benar sesuai dengan kaidah dalam berkomunikasi.

  1. Sarana Penghubung

Tahukah anda, bahwa telepon digital amampu menghubungan banyak orang tanpa batasan ruang dan waktu sebagai syarat komunikasi yang efektif . Kini semua orang drai belahan dunia manapun dapat terhubung dengan sangat ,udah. Bahkan jika anda bepergian begitu jauh anda tak perlu lagi khawatir sebab kini anda bisa tetap menggunakan telepon genggam hamper disemua lokasi. Sehingga pastinya anda tidak perlu lagi takut tidak dapat berkomunikasi dengan keluarga, kerabat, teman atau bahkan juga kekasih.

  1. Sarana dan Sumber Informasi

Seperti yang dikatakan di atas bahwa dengan adanya komunikasi digital atau komunikasi dalam jaringan, maka suatu individu dapat menuangkan ide-iednya dalam bentuk tulisan yang menjadi informasi dalam jaringan internet. Ide dan inovasi yang kita salurkan ini juga dapat dijadikan suatu inspirasi beberapa individu yang membacanya.

Maka dari itu, sampai ada statement yang mengatakan bahwa menulislah, maka kau akan abadi di dunia ini. Hal ini berarti bahwa dengan kita menulis, maka tulisan kita akan dibaca oleh banyak orang. Kemudian, para pembaca akan menerapkan beberapa ilmu yang kita tulisa di website, sehingga nama dan amal kita akan selalu berjalan meskipun raga kita sudah tidak ada di dunia ini sebgaimana internet sebagai media komunikasi .

{AdSense-B]

  1. Membantu Proses Interaksi

Telepon genggam kini merupakan slaha satu alat yang digunakan manusia i-untuk berinteraksi satu sama lain, dari interaksi inilah kemudian akan terjalin komunikasi yang intens. Jika anda tilik maka masyarakat modern ere kini tak ada lagi yang tak memiliki telepon digital. Bahakn hal ini menjadi salah satu kebutuhan pokok di era modern seperti saat ini.

  1. Menjadikan Pertukaran Komunikasi Lebih Cepat

Keberadaan telepon digital membuat komunikasi dapat berjalan dengan cepat. Bahkan kini anda dapat saling bertukar pesan hanya dalam hitungan detik. Pastinya hal ini sangat memudahkan dalam komunikasi  sehingga hal ini akan mendukung pertukaran informasi dengan cepat meskipun secara komunikasi informal .

  1. Alat Penyaji Informasi

Fungsi komunikasi digital yang pertama adalah sebagai media informasi atau penyampai pesan dan informasi kepada komunikan alias penerima informasi. Komunikasi dapat membantu proses penyampaian informasi kepada individu maupun kelompok. Di mana informasi tersebut berupa data-data yang terintegrasi ke dalam suatu jaringan internet hingga diterima oleh komunikan dalam bentuk informasi yang jelas.

  1. Implementasi Penggunaan Teknologi

Dalam sejarah komunikasi daring dikatakan bahwa komunikasi digital  bermula dari ilmu pendidikan yang mana dijadikan bahan penelitian. Pun dengan sekarang yang mana komunikasi daring juga bisa digunakan sebagai bahan penelitian. Sehingga sangat berperan dalam ilmu pendidikan, khususnya ilmu teknolgi dan informasi.

  1. Menghemat Biaya

Selain dapat menghemat waktu, adanya komunikasi digital ini juga dapat menghemat biaya kita. Coba bayangkan bahwa di Indonesia tergolong penjual kuota internet yang bisa dikatakan murah. Maka dari itu, kita dapat terhubung internet dan berkomunikasi dengan banyak orang dengan mudah dan relatif murah. Tergantung dari provider yang kita gunakan.

Sponsors Link

  1. Memperluas Ruang Ekspresi

Komunikasi daring ini juga dapat mewakili suatu perasaan bagi individu maupun kelompok. Mungkin akhir-akhir ini kita melihat beberapa orang yang menulis status di media sosial seperti facebook contohnya. Status tersebut ditulis berdasarkan apa yang ia rasakan. Sehingga dapat dikatakan bahwa komunikasi daring ini memiliki fungsi sebagai pengekspresi emosional yang mana dapat .

Namun, dengan adanya fungsi komunikasi yang satu ini, sebenarnya bisa menjadi suatu kekurangan jika tidak digunakan dengan bijaksana. Coba kita perhatikan banyak kasus selebritis yang akhir-akhir ini terjadi karena adanya pertikaian antar status facebook, instagram, maupun twitter. Hal ini dikarenakan si pengunggah status biasanya tidak menggunakannya dengan bijak dan benar

  1. Sarana Penyajian yang Informatif

Jika komunikasi daring ini tidak terbatas, maka dapat dipastikan bahwa informasi yang disampaikan dengan proses komunikasi digital atau dalam jaringan ini dapat dilakukan seakurat dan selengkap mungkin. Maka dapat dikatakan bahwa komunikasi digital dapat menyampaikan pesan dan informasi secara lengkap karena tanpa adanya batasan dalam berkomunikasi. Komunikasi yang menghasilkan informasi yang informatif, maka dapat dikatakan bahwa proses komunikasi tersebut berjalan dengan baik.

  1. Mendekatkan Antar Pribadi

Seperti yang dikatakan di atas, bahwa fungsi komunikasi dapat membuat orang melakukan kegiatan komunikasi dengan efisien. Sehingga dengan kita menggunakan komunikasi daring, maka dapat dikatakan bahwa komunikasi daring memiliki fungsi sebagai penghemat waktu dalam berkomunikasi terutama dalam komunikasi visual.

Itulah tadi, 12 fungsi telepon digital  dalam komunikasi visual bagi masyarakat modern. Semoga dapat bermanfaat.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Media Komunikasi