Sponsors Link

13 Gangguan Pesan Dalam Interaksi Komunikasi Sehari-hari

Sponsors Link

Komunikasi adalah sebuah proses interaksi untuk berhubungan dari satu pihak ke pihak lainnya, yang pada awalnya berlangsung sangat sederhana dimulai dengan sejumlah ide-ide yang abstrak atau pikiran dalam otak seseorang untuk mencari data atau menyampaikan informasi yang kemudian dikemas menjadi sebentuk pesan untuk kemudian disampaikan secara langsung maupun tidak langsung menggunakan bahasa berbentuk kode visual, kode suara, atau kode tulisan sebagaimana macam macam komunikasi kelompok .

ads

Komunikasi adalah aktifitas sehari hari yang terjadi dalam kehidupan manusia. Gangguan pesan yang terjadi dalam proses komunikasi terkadang sulit dihindari dalam penyebab kecemasan dalam organisasi . Berbagai jenis interfensi dapat mengganggu sampainya pesan dengan benar dan tidak berubah artinya kepada penerima pesan. Ketepatan pesan dalam komunikasi menunjukkan kepada kemampuan orang untuk mereproduksi atau menciptakan suatu pesan dengan tepat.

Namun, berkomunikasi bukan soal gampang. Ada banyak distorsi yang bisa terjadi dalam proses komunikasi. Susahnya lagi, pesan dalam komunikasi bersifat irreversibel dalam media komunikasi moderen  . Sekali pesan itu anda kirim ke orang lain, efeknya tak bisa anda cabut begitu saja. Ada banyak kasus misinterpretasi pesan yang mengakibatkan efek yang tak bisa kita duga . Maka berikut akan dijelaskan lebih lanjut mengenai 13  Gangguan Pesan Dalam Interaksi Komunikasi sehari-hari.

1. Suara Gaduh

Salah satu bentuk gangguan pesan dalam interaksi komunikasi adalah ketika ada suara gaduh. Suara bising, berisik dan gaduh dapat menyebabkan pesan tidak terdengar sehingga tentunya dapat menyababkan isi pesan terganggu. Pada akhirnya maka komunikasi tidak akan dapat berjalan sesuai dengan sebagaimana mestinya dan pastinya tidak akam berlangsung dengan efektif sebagaimana komunikasi kepemimpinan .

2. Suhu Udara Panas

Tahukan anda faktor eksternal seperti adanya udara panas yang timbul dapat menyebabkan gangguan pada kemunikasi. Pada saat cuaca panas dapat mempengaruhi konsentrasi seseorang. Sehingga tentunya komunikasi dapat terhambat dan tentunya hal ini menganggu interaksi komunikasi yang terjadi. Faktor ini berasal dari luar namun bisa menyebabkan gangguan dalam interaksi komunikasi.

3. Ada Hal Lain yang Lebih Menarik Perhatian Audience

Hal ini sering terjadi pada komunikasi publik dengan banyaknya jumlah audience. Tentu saja semakin banyak jumlah audience maka tentunya komunikasi akan lebih sulit dilakukan. Terlebih lagi jika audience perhatiannya teralihkan dengan hal lain yang lebih menarik. Pastinya hal ini dapat menyebabkan gangguan pada komunikasi, sebab audience akan lebih memilih memperhatikan hal lain ketimbang topik pembicaraan.


4. Gangguan Pada Media Komunikasi

Dalam komunikasi keberadaan media menjadi hal yang penting tetutama untuk memudahkan proses komunikasi sebagai penyabab keberhasilan dalam komunikasi . Terlebih lagi jika media yang digunakan mengalami kendala teknis. Maka bukannya akan memperlancar komunikasi malah hal ini dapat menyebabkam hambatan yang lebih besar. Bahkan pada akhirnya dapat menyebabkan gangguan pada komunikasi jika tidak segera di tangani.

5. Kendala Bahasa

Bahasa merupakan alat utama dalam komunikasi, penggunaan bahasa juga menjadi faktor utama dalam efektifitas komunikasi. Namun, tentunya tidak semua orang menggunakan bahasa yang sama sehingga terkadang penggunaan bahasa yang berbeda malah dapat menimbulkan terjadinya gangguan pada komunikasi. Tentu saja hal ini dapat menjadi penghambat dalam komunikasi. Kendala bahasa juga menjadi salah satu penyebab terjadinya komunikasi yang tidak efektif.

6. Pesan Yang Disampaikan Tidak Rinci

Gangguan berikutnya dalam interaksi komunikasi dapat terjadi akibat pesan yang disampaikan tidak rinci. Sehingga isi pesan dalam komunikasi tidak tersampaikan dengan baik. Maka dari itu, akan dapat menimbulkan masalah miss komunikasi atau kesalahan dalam komunikasi dan penyebab konflik dalam komunikasi . Oleh sebab itu, baik pesan yang terpotong, pesan yang tidak detail juga merupakan sebuah hal yang dapat menyebabkan pesan dapat terganggi penyampaiannya.

7. Sikap yang Tidak Fokus

Dalam komunikasi tidak hanya membutuhkan isi pesan dan media. Namun juga dibutuhkan sikap fokus dari kedua belah pihak yang sedang menjalankan komunikasi. Kurangnya sikap fokus pada saat komunikasi tentu dapat menyebabkan komunikasi tidak berjalan dengan baik. Sehingga kemudian dapat menyebabkan gangguan pada komunikasi yang di akibatkan oleh kurangnya fokus dalam proses komunikasi efektif .

8. Pendengaran yang Terganggu

Gangguan dalam interaksi komunikasi yang terjadi berikutnya dapat disebabkan oleh faktor yang berasal dari dalam. Salah satu penyebabnya tidak lain adalah karena pendengaran yang kurang tajam yang bisa dialami oleh dua belah pihak. Kesalahan pendengaran atau bagian kalimat dalam komunikasi yang tidak terdengar tentu dapat menyebabkan isi pesan tidak dapat diterima secara utuh dalam pola komunikasi organisasi . Ketidak utuhan pesan tentu akan dapat menyebabkan komunikasi menjadi terganggu sehingga tentunya komunikasi tidak akan dapat berjalan dengan efektif dan efisien.

9. Perbedaan Persepsi

Faktor lain penyebab ganggian dalam komunikasi dapat disebabkam karena timbulnya perbedaan persepsi. Terjadinya  perbedaan persepsi dapat menimbulkan gangguan pada komunikasi. Gangguan ini dapat disebabkan karena pesan yang disampaikan dengan apa yang diterima tidak sama isinya. Sehingga kemudian dapat terjadi perbedaan persepsi yang bisa menyebabkan kesalahpahaman dan gangguan dalam komunikasi.

10. Kesalahan Penggunaan Bahasa Non Verbal

Dalam komunikasi seringkali juga di gunakan bahasa non verbal. Fungsinya tidak lain adalah untuk mempermudah komunikasi dan  agar berjalan dengan baik dalam komunikasi organisasi . Namun dalam penggunaannya kerap kali terjadi kesalahan dalam penggunaan bahasa non verbal. Kesalahan ini tentu dapat menimbulkan pihak atau audience lain menjadi tidak paham akan isi komunikasi. Akibatnya tentu komunikasi tidak berjalan dengan efektif.


11. Suara yang Kurang Keras

Dalam komunikasi, terutama komunikasi yang terjadi menggunakan metode komunikasi verbal, volume suara sangat berpengaruh. Dimana volume suara yang terlampau kecil saat berkomunikasi dapat menyebabkan terjadinya hambatan dalam komunikasi dalam proses komunikasi dalam organisasi .   Selain itu, tentunya hal ini dapat menyebabkan gangguan pada komunikasi, sehingga komunikasi tidak berjalan dengan efektif. Terlebih lagi volime suata yang kecil menyebabkan suara tidak terdemgar atau bisa jadi salah dengar sehingga informasi yang disampaikan tidak sesuai dengan yang diterima.

12. Kesalahan Intonasi

Intonasi atau penggalan antar kalimat diperlukan sebagai bentuk penegasan dalam komunikasi. Kesalahan dalam intonasi dalam komunikasi dapat menyebabkan komunikasi tidak berjalan dengan efektif. Hal ini juga menjadi salah satu faktor internal dalam gangguan interaksi komunikasi. Kesalahan intonasi juga dapat menyebabkan akan timbulnya masalah miss komunikasi sebagai contoh komunikasi tidak efektif .

13. Ketidaksesuaian Isi Pesan

Dalam komunikasi isi pesan merupakan faktor utama yang benar-benar penting. Sebab tujuan komunikasi sendiri tidak lain adalah untuk menyampaikan isi pesan agar di terima dengan baik oleh pihak lainnya. Ketidaksesuian apa yang di terima dengan yang ingin di sampaikan dapat menyebabkan gangguan dalam komunikasi. Tentunya hal ini dapat menyebabkan kesalahan dalam penerimaan isi komunikasi.

13  Gangguan Pesan Dalam Interaksi Komunikasi sehari-hari. Tentu akan menjadi tambahan penetahuan dan referensi bagi anda. Semoga artikel ini dapat membantu.

Sponsors Link
, , , , , ,
Oleh :
Kategori : Dasar Komunikasi