Sponsors Link

6 Fungsi Parpol sebagai Sarana Komunikasi Politik

Sponsors Link

Pernahkah kita berpikir bahwa ternyata ada fungsi parpol sebagai sarana komunikasi politik yang bisa sangat berkontribusi di dalam konteks dunia politik? Parpol atau partai politik merupakan wadah dari sekumpulan orang yang memiliki pandangan politik sama dan cenderung akan membangun visi maupun misi tertentu sesuai dengan kepentingannya. Partai politik juga termasuk bisa menjadi sebuah tempat dimana sekumpulan orang akan membangun tujuan dan rencana. Mereka juga akan menarik perhatian masyarakat untuk mendapatkan dukungan demi mewujudkan apa cita-cita dari organisasi mereka.

ads

Baca juga:

Dalam komunikasi politik, kita sudah sering mendengar bagaimana strategi dan langkah yang akan ditempuh oleh seseorang untuk menarik dukungan. Banyak strategi yang bisa digunakan. Salah satunya adalah dengan menggunakan parpol. Parpol bisa menjadi sarana komunikasi efektif di dalam komunikasi politik. Hal ini karena parpol juga merupakan bagian inti dari adanya politik itu sendiri. Jadi, seperti apa fungsi parpol tersebut ketika kita membicarakan masalah komunikasi politik? Berikut adalah beberapa poin penjelasannya:

  1. Wadah Aspirasi Masyarakat

Parpol bisa digunakan sebagai wadah aspirasi masyarakat. Masyarakat yang ingin menyuarakan pendapatnya bisa menggandeng parpol tertentu yang memang memiliki satu visi dengan pendapat tersebut. Cara ini akan menjadi lebih efektif apalagi jika parpol yang digunakan sudah memiliki kekuatan cukup. (Baca juga: Peran media komunikasi politik)

  1. Sosialisasi Politik

Partai politik juga bisa digunakan sebagai sarana untuk sosialisasi politik. Segala macam bentuk kebijakan pemerintah bisa disosialisasikan melalui parpol. Sebagai wadah organisasi, tentu saja keanggotaan parpol ini sangat luas. Cakupan dari sosialisasi menjadi lebih efektif dan efisien, dimana sosialisasi bisa diterima oleh banyak orang dalam waktu yang relatif singkat.

  1. Penghubung antara Masyarakat dan Pemerintah

Partai politik juga bisa menghubungkan masyarakat dengan pemerintah. Ketika masyarakat bingung dalam menyuarakan aspirasi yang dimilikinya, maka parpol bisa digunakan untuk membantu dalam menyuarakan aspirasi tersebut (sebagaimana dijelaskan dalam poin pertama). Demikian pula sebaliknya, pemerintah bisa memanfaatkan parpol untuk menjawab aspirasi tersebut. (Baca juga: Teori politik dalam komunikasi organisasi)

  1. Memberikan Pendapat dalam Pemutusan Kebijakan

Pemutusan kebijakan yang akan dikeluarkan pemerintah kadang-kadang menuai pro dan kontra. Pendapat bisa diberikan ketika akan ada pemutusan kebijakan melalui parpol. Apalagi jika ada parpol dengan dukungan yang cukup kuat, ini akan sangat mempengaruhi hasil dari pemutusan kebijakan yang akan ada.

  1. Menarik Dukungan Masyarakat

Salah satu fungsi parpol sebagai sarana komunikasi politik lainnya yaitu dalam hal menarik dukungan masyarakat. Visi dan misi suatu parpol bisa dikenalkan kepada masyarakat dalam rangka mencari dukungan massa. Ketika parpol memiliki banyak dukungan, maka kekuatannya akan bertambah dan ini akan memperkuat untuk tercapainya visi yang sudah ditetapkan oleh parpol tersebut. (Baca juga: Pengaruh iklan dalam komunikasi politik)

  1. Menawarkan Program atau Terobosan Baru dalam Bidang Politik

Terakhir, sebagai sarana komunikasi, parpol juga bisa memberikan program tertentu yang merupakan terobosan baru di dalam bidang politik. Terobosan ini akan sangat bermanfaat dan berguna untuk mengevaluasi kebijakan yang sudah ada sebelumnya.

Demikian beberapa macam penjelasan mengenai fungsi dari partai politi. Semua hal tersebut tentu saja memiliki kaitan yang erat dengan bagaimana dunia politik tidak bisa berjalan tanpa adanya parpol. Mudah-mudahan informasi mengenai fungsi parpol sebagai sarana komunikasi politik ini bermanfaat.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Komunikasi Politik