Sponsors Link

6 Kelebihan Email sebagai Sarana Komunikasi

Sponsors Link

Terdapat banyak kelebihan email sebagai sarana komunikasi yang tentu kita sudah tidak asing lagi saat ini. Surat elektronik atau biasa disingkat surel merupakan salah satu bentuk pengembangan teknologi yang memungkinkan seseorang memiliki akun dan memudahkan dalam bertukar pesan. E-mail ini cara bekerjanya memanfaatkan jaringan internet. Setiap orang dengan mudah mengirimkan pesan dan juga lampiran berkas yang ada kepada orang lain asalkan masing-masing memiliki akun.

ads

Baca juga:

Penyedia layanan e-mail pun ada bermacam-macam. Masing-masing memiliki keunggulan tersendiri dengan banyak penawaran menarik. Rata-rata penyedia layanan e-mail pun menggunakan layanan yang gratis. Ini semata-mata untuk membuat orang-orang tertarik menggunakan jasa yang ditawarkannya. Kemudahan yang ditawarkan untuk menggunakan email pula menjadikan banyak orang sekarang tidak mengalami kendala yang berarti untuk tetap terhubung satu sama lain. Berikut adalah beberapa macam kelebihan e-mail lainnya:

  1. Banyak Penyedia yang Menawarkan Layanan Gratis

Kelebihan dari surat elektronik yang pertama yaitu tentang penyedia layanan ini sendiri. Kita mengetahui banyak sekali penyedia layanan email yang gratis untuk digunakan. Tidak jarang, para penyedia layanan email tersebut juga menyediakan fitur penyimpanan yang gratis. Tentu saja ini sangat bermanfaat terutama ketika kita akan melakukan pengiriman berkas.

  1. Memiliki Fungsi Sama Seperti Surat

Surat elektronik bisa dikatakan benar-benar menggantikan surat pada umumnya. Perbedaan yang paling mendasar adalah terkait dengan waktu pengirimannya. Jika surat pada umumnya memerlukan waktu yang agak lama dalam pengiriman, maka tidak dengan surat elektronik. Melalui surat elektronik, kita bisa mengirim pesan dengan sesegera mungkin. (Baca juga: Etika komunikasi di internet)

  1. Respon yang Cepat

Karena waktu pengirimannya yang cepat, maka tidak heran jika respon yang diberikan juga bisa cepat pula. Saat ini, surat elektronik bisa diakses bahkan melalui gawai kita. Ada notifikasi yang bisa diatur untuk memberitahu bahwa pesan atau email telah diterima. Dengan demikian, kita juga bisa memberikan respon yang cepat pada email yang masuk tersebut.

  1. Pengiriman Berkas yang Mudah

Mengirimkan berkas dokumen saat ini juga tidak terlalu sulit. Jaman dahulu, berkas mungkin dikirimkan melalui faximile. Penggunaan faximile saat ini mulai berkurang karena ada kemudahan pengiriman berkas melalui email. Berkas yang dikirim menggunakan email memiliki wujud dan bentuk yang bisa saja mirip seperti aslinya. (Baca juga: Tata krama komunikasi sinkron)

  1. Keamanan dalam Pengiriman Pesan

Salah satu kelebihan email sebagai sarana komunikasi lainnya adalah keamanan dalam melakukan pengiriman pesan tersebut. Email yang dikirimkan biasanya memiliki suatu enkripsi atau proteksi sehingga tidak mudah untuk dibaca pihak lain. Semakin ke sini, banyak penyedia layanan email yang menambahkan fitur proteksi keamanan tambahan untuk memastikan bahwa email yang kita kirim terbebas dari virus dan hal-hal lainnya. (Baca juga: Peranan internet dalam sarana komunikasi)

  1. Minim Kesalahan Pengiriman

Terakhir adalah soal minimnya kesalahan pengiriman. Ketika kita sudah mengirimkan pesan sesuai dengan alamat email yang ada, pesan akan disampaikan pada pihak yang dituju. Jarang terjadi kesalahan di sini. Lebih lagi, pesan tersebut bisa kita arsipkan dan bisa kita baca di lain waktu.

Bagaimana? Menarik bukan penggunaan email ini. Tentu saja, kita bisa memanfaatkan kelebihan email sebagai sarana komunikasi untuk semakin mempermudah kehidupan kita.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Komunikasi Daring